Sukses


Situasi Rusia-Ukraina Memanas, Tim Bulutangkis Indonesia Mundur dari Polandia Terbuka 2022

Bola.com, Jakarta - Tim bulutangkis Indonesia batal tampil di Polandia Terbuka 2022. Keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan situasi yang tak kondusif terjadi di kawasan Eropa Timur akibat invasi Rusia ke Ukraina.

Pembatalan tampil di Polandia Terbuka 2022 diambil setelah mendapatkan rekomendasi dari Duta Besar Republik Indonesia untuk Polandia, Anita Luhulima.

Atas dasar keamanan para atlet, akhirnya PBSI memilih untuk mundur dari turnamen yang akan digelar di Arlamov, Polandia, pada 24-27 Maret 2022.

"Untuk keamanan dan keselamatan atlet-atlet kita, kami menerima rekomendasi Dubes RI untuk Polandia dengan menarik keikutsertaan dari Polandia Terbuka," kata Kabid Humas dan Media PP PBSI, Broto Happy.

"Ibu Duta Besar RI untuk Polandia menyampaikan kondisi Ukraina saat ini sedang memanas akibat serangan militer Rusia dan berimbas kepada negara-negara yang berbatasan langsung seperti Polandia ini. Situasi tidak menentu dan bisa berubah setiap saat," ucap Broto Happy.

PBSI tadinya ingin menjadikan Polandia Terbuka 2022 sebagai ajang unjuk kemampuan para pebulutangkis muda. Namun, PBSI akan mencarikan alternatif turnamen lain demi keselamatan semua atlet.

"Tadinya ajang ini akan dijadikan sebagai unjuk gigi para pebulutangkis pelapis dan junior. Akan tetapi, kami paham keselamatan dan keamanan adalah hal terpenting. Kami juga akan mencari alternatif turnamen lainnya setelah ini," tegas Broto Happy.

2 dari 2 halaman

2 Turnamen Penting

PBSI akan mengirimkan atlet ke dua turnamen pada Maret 2022. Para pemain akan tampil di Jerman Terbuka dan All England 2022. 

Namun, ada sejumlah pemain yang dipastikan mundur. Contohnya adalah pemain yang baru memperkuat Indonesia di Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2022.

Penyebabnya karena waktu penyelenggaraan yang mepet sehinga lebih memilih fokus ke turnamen selanjutnya.

"Jadi untuk pemain yang terdaftar di Jerman Terbuka tapi menjadi bagian dari tim Indonesia di Kejuaraan Asia Beregu 2022 ditarik, karena tidak terkejar waktunya untuk membuat visa, mengingat mereka baru kembali ke Tanah Air, pada Senin (21/2) dan wajib menjalani karantina lebih dulu," jelas Broto Happy.

Jerman Terbuka 2022 akan digelar pada 6-11 Maret mendatang. Setelah itu, para pebulutangkis Indonesia akan tampil di All England 2022 yang digelar 16-20 Maret.

Video Populer

Foto Populer