Sukses


Manfaat Agar-Agar untuk Kesehatan, Bisa Melancarkan Pencernaan

Bola.com, Jakarta - Agar-agar adalah makanan yang terbuat dari rumput laut, yang sering dijumpai dalam bentuk bubuk. Agar-agar merupakan makanan penutup yang lezat dan kaya serat.

Jika dilihat secara sekilas, agar-agar mirip dengan jelly dan puding. Bedanya, agar-agar terbuat dari ekstrak rumput laut, jeli terbuat dari tanaman umbi-umbian, sedangkan puding terbuat dari campuran susu.

Meski hanya berupa makanan penutup, agar-agar memiliki manfaat. Agar-agar mengandung banyak manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun, jika ingin manfaat agar-agar ini bisa dirasakan secara optimal, bisa mengolahnya dengan gula yang rendah kalori.

Mengonsumsi agar-agar diketahui bisa membantu memenuhi kebutuhan serat harian. Agar-agar juga kaya nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Meski memiliki banyak manfaat, dalam mengonsumsi agar-agar perlu dibarengi dengan gaya hidup sehat lain, seperti rutin olahraga, mengurangi stres, dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, agar manfaatnya bisa lebih maksimal.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat agar-agar untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui, seperti dilansir dari smkfarmasitangerang1.sch.id, Kamis (3/3/2022). 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Agar-Agar untuk Kesehatan

1. Melancarkan Pencernaan

Dalam seporsi agar-agar (sekitar 100 gram), terkandung kurang lebih 8 gram serat. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi ini, agar-agar dapat merangsang usus agar bergerak lebih aktif.

Manfaat agar-agar ini baik untuk melancarkan pencernaan dan mencegah serta mengatasi sulit buang air besar. Bagi yang memiliki masalah sulit BAB atau sembelit, coba mulai konsumsi makanan tinggi serat, seperti agar-agar.

2. Meningkatkan Kekuatan Tulang dan Gigi

Agar-agar merupakan satu di antara makanan yang banyak mengandung kalsium. Kandungan kalsium yang cukup tinggi, membuat agar-agar bermanfaat untuk menjaga menjaga kekuatan serta kesehatan tulang dan gigi.

3 dari 5 halaman

Manfaat Agar-Agar untuk Kesehatan

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Agar-agar yang tinggi serat, antioksidan, serta mineral kalium dan kalsium dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Aneka nutrisi yang terdapat pada agar-agar menjadikannya bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap normal, mengurangi kolesterol, serta mencegah penyumbatan dan kerusakan pembuluh darah di dalam tubuh.

Oleh karena itu, konsumsi agar-agar bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Agar-agar mengandung banyak zinc, protein, serta antioksidan yang berperan penting untuk meningkatkan sistem imunitas.

Mengonsumsi agar-agar secara rutin dalam jumlah yang cukup dapat memperkuat daya tahan tubuh untuk melawan kuman dan virus penyebab infeksi.

4 dari 5 halaman

Manfaat Agar-Agar untuk Kesehatan

5. Menurunkan Berat Badan

Bagi yang memiliki berat badan berlebih, mengonsumsi agar-agar bisa menjadi satu di antara solusi untuk menurunkan berat badan.

Menurut sejumlah penelitian, agar-agar dapat membuat tubuh merasa cepat kenyang sehingga nafsu makan akan lebih mudah dikontrol. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perlu menyertainya dengan diet yang tepat dan rutin berolahraga.

6. Menambah Energi

Selain kalium, agar-agar juga tinggi akan magnesium yang penting untuk pembentukan energi tubuh. Sekitar 60 persen kandungan magnesium pada tubuh terdapat pada tulang. Sementara sisanya ada di otot, jaringan lunak, dan darah.

Magnesium ini sangat bermanfaat untuk menambah energi, membentuk protein, memperbaiki gen, membantu pergerakan otot, dan menyehatkan sistem saraf.

5 dari 5 halaman

Manfaat Agar-Agar untuk Kesehatan

7. Menjaga Fungsi Tiroid

Agar-agar yang terbuat dari rumput laut secara alami mengandung banyak yodium. Mineral ini berperan penting untuk menghasilkan hormon tiroid agar metabolisme dan kinerja organ tubuh dapat berjalan dengan baik.

Namun, perlu hati-hati bagi yang memiliki gangguan tiroid atau sedang menjalani pengobatan penyakit tiroid. Dalam mengonsumsi agar-agar sebaiknya dibatasi agar tidak memperparah kondisi tersebut.

Penting untuk diingat, beberapa produk agar-agar, terutama agar-agar instan, telah ditambah gula, pewarna, dan bahkan pengawet.

Sebisa mungkin hindari membeli agar-agar yang mengandung ketiga bahan tersebut dan pilihlah agar-agar murni yang terjamin mutunya.

 

Sumber: Web SMK Farmasi Tangerang 1

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer