Sukses


4 Manfaat ke Pantai bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Bola.com, Jakarta - Pantai merupakan satu di antara destinasi favorit untuk dikunjungi saat libur tiba. Tak heran, pantai-pantai yang sudah tersohor, ramai didatangi mereka yang ingin rehat sejenak dari aktivitas padat sehari-hari.

Banyak pantai indah di Indonesia, yang bisa Anda kunjungi, mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan. Jadi, Anda tak perlu khawatir kehabisan ide berlibur ke pantai.

Namun, jika Anda terkendala untuk bepergian jauh, piknik ke pantai terdekat dari kediaman Anda pun tak jadi masalah.

Mungkin Anda telah mengetahui, pergi ke pantai memberikan dampak baik bagi mental Anda, semisal, menjadikan Anda lebih rileks. Namun, ternyata masih ada berbagai manfaat lain, khususnya manfaat bagi kesehatan fisik, yang bisa Anda dapatkan dengan pergi ke pantai.

Anda mungkin penasaran, apa saja manfaat itu? Setelah mengetahuinya, bisa jadi Anda makin bersemangat piknik ke pantai bersama keluarga maupun teman dekat.

Oya, sebelum ke pantai dan selama di pantai, jangan lupa menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 15 atau 30. Oleskan tabir surya 15-30 menit sebelum keluar rumah agar dapat meresap ke dalam kulit dengan baik.

Ulangi penggunaan tabir surya setiap dua jam sekali agar kulit tetap terproteksi saat Anda bermain di pantai.

Nah, berikut ini manfaat ke pantai bagi kesehatan fisik dan mental, disadur dari Klikdokter, Jumat (4/3/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat ke Pantai bagi Kesehatan Fisik dan Mental

1. Mendapat vitamin D yang cukup

Satu di antara sumber vitamin D terbesar adalah sinar matahari. Sinar matahari yang paling banyak bisa Anda dapatkan adalah ketika Anda berjemur di pantai. 

Hampir 90 persen dosis harian vitamin D dalam tubuh didapatkan dari sinar matahari.

Sumber vitamin yang paling alami dan baik tergantung pada seberapa banyak sinar UVB yang masuk ke tubuh Anda. Sumber ini bisa didapatkan hanya dari cahaya matahari. 

Cahaya ini nantinya akan bekerja dengan senyawa terkait kolesterol dan mengubahnya menjadi vitamin D yang baik untuk tulang dan kulit.

Selain dari sinar matahari, Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D tambahan dari susu atau produk olahan susu seperti yoghurt dan keju.

2. Pasir bisa mengangkat sel kulit mati

Tidak hanya sinarnya saja yang baik untuk kesehatan kulit, pasir pantai pun bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit dengan cara mengangkat sel kulit mati.

Pernahkah Anda merasa bahwa bermain di pasir atau tiduran di atas pasir itu menyenangkan? Jika ya, hal ini karena pasir basah memiliki tekstur lembut yang bisa mengelupas sel-sel kulit mati di tubuh Anda. Lalu, pasir tersebut juga bisa menjadikan kulit lebih lembut dan cerah.

3 dari 3 halaman

Manfaat ke Pantai bagi Kesehatan Fisik dan Mental

3. Mengurangi depresi

Banyak penelitian yang mengatakan seseorang akan lebih bahagia ketika berada di cuaca yang lebih hangat ketimbang mendung atau hujan. 

Secara alami, sinar matahari memang bisa membuat manusia lebih bahagia dibanding air hujan.

Bahkan, tidak hanya sinar mataharinya yang membuat Anda lebih bahagia. Deburan air ombak dan suara burung di pantai juga dipercaya mampu menenangkan pikiran dan membuat pegidap depresi merasa lebih baik.

Tidak sedikit orang yang sedang cemas dan stres akan pergi ke pantai untuk mendapatkan ‘pengobatan’ alami.

4. Menurunkan berat badan

Siapa bilang berjemur di pantai hanya mendapatkan kulit yang ‘gosong’ dan terbakar? Fakta membuktikan berjemur di pantai juga bisa menurunkan berat badan lewat air keringat yang keluar. 

Hal ini sama saja dengan berdiam diri di dalam sauna, namun dengan cara yang lebih alami dan menyenangkan.

Pergi ke pantai juga membuat Anda bergerak lebih banyak ketimbang hanya berdiam diri di dalam rumah. Pergi ke pantai biasanya akan melibatkan aktivitas fisik, seperti berenang, joging, berselancar, atau bermain air di tepi pantai.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 31/1/2019)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer