Sukses


35 Kutipan Nasihat Islami agar Menjadi Muslim yang Lebih Baik

Bola.com, Jakarta - Beberapa hal bisa kamu jadikan sebagai arahan agar menjadi Muslim yang lebih baik, satu di antaranya dengan membaca dan menghayati kutipan nasihat Islami.

Selain Al-Qur'an dan hadis yang sudah diberikan oleh Allah Swt. dan Rasul-Nya, kutipan nasihat Islami juga dapat menuntunmu menuju kebaikan.

Sebagai umat Muslim, kita telah memahami bahwa tujuan akhir dari kehidupan ini adalah kembali kepada Sang Khalik dan hidup kekal di akhirat-Nya.

Itulah mengapa, kita harus hidup secara seimbang dengan mengejar apa yang ada di dunia dan mengejar apa yang bisa dijadikan sebagai bekal untuk hidup di akhirat nanti.

Menjauhi larangan-Nya dan mengikuti perintah-Nya, cukup bagimu untuk menjadi Muslim yang taat dan dirahmati Allah Swt.

Kita juga harus bisa menjadi contoh untuk sesama umat Muslim karena menyebarkan kebaikan merupakan satu di antara ladang pahala.

Kamu bisa membagikan kutipan nasihat Islami kepada sesama Muslim secara langsung atau mengunggahnya di media sosial.

Berikut 35 kutipan nasihat Islami agar menjadi Muslim yang lebih baik, seperti dikutip dari Ultraupdates dan Mvslim, Rabu (9/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kutipan Nasihat Islami agar Menjadi Muslim yang Lebih Baik

1. "Rasa bersalah adalah hadiah dari Allah yang memperingatkanmu bahwa apa yang kamu lakukan melanggar jiwamu." - Nauman Ali Khan

2. "Setiap ujian adalah berkat, setiap berkat adalah ujian."

3. "Daripada menekankan tentang hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, berdoalah kepada yang memegang kendali dan temukan kelegaan."

4. "Hal-hal buruk dalam hidup membuka matamu pada hal-hal yang sebelumnya tidak kamu perhatikan."

5. "Mempraktikkan Islam dapat memperindah karakter. Jika itu membuat Anda tidak dapat ditoleransi, tidak sabar, dan pemarah maka kamu melakukannya dengan salah."

6. "Allah menjadikanmu Muslim karena dia ingin melihatmu di Jannah. Yang harus kamu lakukan adalah membuktikan bahwa kamu layak untuk itu."

7. "Dzikir itu mudah 'LA ILAHA ILALLAH' tidak membutuhkan gerakan bibir sehingga dapat diulang seharian tanpa ada yang menyadarinya."

8. "Tawakkul adalah memiliki keyakinan penuh bahwa Allah akan menjagamu bahkan ketika segala sesuatunya tampak mustahil."

9. "Allah tahu apa yang terbaik untukmu dan kapan yang terbaik bagimu untuk memilikinya."

3 dari 5 halaman

Kutipan Nasihat Islami agar Menjadi Muslim yang Lebih Baik

10. "Waktu Allah sempurna dalam segala hal. Kita tidak selalu memahami kebijaksanaan di baliknya. Tapi, kita harus belajar memercayainya."

11. "Yang paling besar di bumi ini bukan gunung dan lautan, melainkan hawa nafsu yang jika gagal dikendalikan maka kita akan menjadi penghuni neraka." - Abu Hamid Al Ghazali.

12. "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (Al-Baqarah: 286)

13. "Ketika kamu tidak mengerti apa yang terjadi dalam hidupmu, tutup saja matamu, tarik napas dalam-dalam dan katakan, 'Ya Allah, aku tahu ini adalah rencana-Mu, bantu aku melewatinya'."

14. "Halal adalah suatu keharusan. Tidak hanya tentang apa yang kita makan, tetapi juga apa yang kita kenakan dan apa yang kita sukai."

15. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." - (QS Al Insyirah 5)

16. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaludin Rumi.

17. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi, kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.

18. "Jangan hanya berterima kasih kepada Allah ketika semuanya berjalan baik. Terima kasih kepada-Nya bahkan ketika segala sesuatunya terasa sulit."

 

4 dari 5 halaman

Kutipan Nasihat Islami agar Menjadi Muslim yang Lebih Baik

19. "Apabila sesuatu yang kau senangi tidak terjadi, maka senangilah apa yang terjadi." - Ali bin Abi Thalib.

20. "Allah Swt. masih mencintai dan menunjukkan belas kasihan kepada mereka yang tidak menaati-Nya. Jadi, bayangkan betapa dia mencintai orang-orang yang mematuhi-Nya."

21. "Orang yang paling berat cobaannya adalah nabi, kemudian orang-orang yang di bawah derajatnya dan seterusnya." - HR. Tirmidzi

22. "Tetapi, orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan." (QS. Asy-Syuura: 43)

23. "Sesungguhnya Allah Swt. menyayangi umat-Nya yang selalu sabar dalam setiap kondisi yang Tuhan berikan."

24. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (QS. Ar Rad: 11)

25. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." - Ali bin Abi Thalib

26. "Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." - Ali bin Abi Thalib

27. "Tak apa untuk berhenti sejenak dan istirahat, akan tetapi bangkitlah kembali karena sejatinya Allah tidak menyukai hamba yang mudah menyerah."

5 dari 5 halaman

Kutipan Nasihat Islami agar Menjadi Muslim yang Lebih Baik

28. "Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." - HR. Ahmad

29. "Jangan bersedih. Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran." - HR. Ahmad

30. "Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (QS. Ali Imran: 139)

31. "Maka jangan berkecil hati, jangan putus asa karena kamu akan lebih unggul jika beriman." (QS Al-Imran 3: 139)

32. "Percayalah kepada Allah ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginanmu. Allah memiliki rencana yang lebih baik untukmu."

33. "Takut pada Allah karena hukumannya. Cintai Allah karena dia penuh belas kasihan."

34. "Sungguh, Allah sama sekali tidak salah orang. Tetapi, orang-oranglah yang salah pada diri mereka sendiri."

35. "Iman adalah memercayai Tuhan bahkan ketika Anda tidak memahami rencana-Nya."

  

Sumber: Ultraupdates, Mvslim

Yuk, baca artikel kutipan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer