Sukses


Manfaat Berolahraga Bersama Keluarga yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan kebutuhan penting yang harus dipenuhi setiap orang, mulai anak-anak hingga orang tua. Dengan rutin berolahraga, badan menjadi sehat dan bugar.

Namun, masih banyak orang sering beralasan bosan, tidak memiliki waktu, dan tidak ada motivasi untuk berolahraga. Padahal, olahraga merupakan aktivitas yang wajib dilakukan agar kesehatan tetap terjaga.

Agar lebih semangat, olahraga bisa dilakukan bersama seluruh anggota keluarga. Tidak hanya membuat tubuh sehat, olahraga bersama keluarga bisa sebagai penguat hubungan.

Olahraga bersama keluarga bisa dilakukan setiap akhir pekan. Walaupun hanya sesaat, dengan rutin melakukannya, pastinya akan baik bagi kesehatan raga dan jiwa keluarga.

Mungkin tak banyak yang tahu, berolahraga bersama keluarga mempunyai banyak manfaat. Apa saja manfaat berolahraga bersama seluruh anggota keluarga?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat olahraga bersama keluarga, yang tak banyak diketahui, seperti dilansir dari disdikpora.bulelengkab.go.id, Jumat (11/3/2022).

2 dari 6 halaman

Menciptakan Kehidupan Sehat

Hidup sehat adalah dambaan setiap manusia. Kesehatan lebih mahal dari apa pun. Segudang harta tak akan ada artinya tanpa hidup sehat.

Maka itu, membangun keluarga sehat adalah amat penting bagi keluarga. Dengan bersama-sama berolahraga, sudah menanamkan pada anak-anak pentingnya berolahraga.

3 dari 6 halaman

Menghilangkan Kejenuhan

Rutinitas yang dilakukan keluarga akan menjadikan kejenuhan yang majemuk. Setiap hari orang tua sudah sibuk dengan pekerjaannya.

Anak-anak juga sibuk dengan kegiatan sekolah yang menguras tenaga karena berbagai tugas sekolah makin berat. Hampir tiap hari berkutat dengan PR ataupun tugas lain.

Hal ini akan menjadikan stres yang berkepanjangan jika tidak dicairkan. Satu di antara hal agar kejenuhan bisa hilang adalah dengan olahraga.

Dengan olahraga otot-otot dilenturkan, pikiran juga dibuat fresh. Alangkah baiknya olahraga bersama keluarga bisa dilakukan sambil berjalan-jalan di luar rumah.

4 dari 6 halaman

Rekreasi Murah

Untuk menghilangkan kejenuhan, Anda bisa berolahraga bersama keluarga sekaligus dijadikan sebagai rekreasi. Anda bisa berjalan pagi menyusuri jalan kampung, menyusuri persawahan, atau hadir di arena car free day. Bisa juga sekadar joging di alun-alun.

Itulah berolahraga yang bisa menjadi rekreasi murah. Usai rekreasi bisa singgah untuk makan bersama di tempat umum yang sehat tentunya, misal bubur ayam atau ketupat sayur.

Murah meriah bersama keluarga akan menjadikan sehat jasmani dan rohani.

5 dari 6 halaman

Menjalin Komunikasi

Olahraga bersama menjadi jembatan untuk mengakrabkan keluarga. Saat berolahraga bisa bercanda, bertukar pikiran, atau saling bercerita tentang kegiatan sehari-hari.

Hal ini akan berpengaruh pada keharmonisan keluarga. Hidup sehat dan komunikasi lancar akan menjadikan pada perkembangan jiwa anak. Anak-anak akan menjadi sehat sehingga akan berpengaruh pada prestasi mereka.

6 dari 6 halaman

Menjalin Kebersaaman

Kebersamaan adalah kunci keluarga sehat. Seperti kita ketahui bahwa keluarga adalah istana paling indah. Seperti lirik dalam lagu Keluarga Cemara, "mutiara tiada tara adalah keluarga".

Dengan berolahraga akan menjalin kebersamaan makin erat. Cara ini murah dan mudah dilakukan. Kebersamaan akan menjadikan keluarga sejahtera.

Dengan berolahraga, jiwa dan raga jadi sehat. Mari berolahraga agar hidup lebih bersemangat menatap masa depan bersama keluarga sehat.

 

Sumber: Web Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab. Buleleng

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer