Sukses


Penyebab Kantuk setelah Makan Siang dan Cara Mengatasinya

Bola.com, Jakarta - Banyak di antara kita yang merasakan kantuk tak tertahan setelah makan siang. Berbagai cara mungkin telah Anda lakukan untuk menghilangkan "kebiasaan" satu ini.

Satu-satunya solusi paling ampuh, bisa jadi memejamkan mata barang sebentar sebagai tanda "menyerah dari serangan" tersebut. Namun, hal itu bisa membuat kita kurang produktif, apalagi jika terjadi pada jam kerja. 

Lantaran banyak yang mengalaminya, fenomena mengantuk setelah makan siang ini memunculkan penasaran; apa yang menyebabkannya?

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda tentu bisa melakukan pencegahan sehingga Anda tetap bisa bekerja secara optimal tanpa khawatir "terganggu" oleh rasa kantuk.

Berikut ini penjelasan penyebab kantuk setelah makan siang dan cara mencegah atau mengatasi kantuk tersebut, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (15/3/2022).

 

2 dari 5 halaman

Penyebab Kantuk setelah Makan Siang

Robbie Clark, ahli gizi dan ahli gizi olahraga profesional asal Australia kepada Huffington Post Australia via Klikdokter, menjelaskan bahwa merasa sedikit lelah setelah makan (siang) adalah hal yang normal. 

Ada beberapa alasan mengapa Anda justru mengalami kemerosotan pasca makan siang. Namun, alasan utamanya adalah akibat proses pencernaan

Robbie memaparkan bahwa tubuh manusia membutuhkan energi untuk berfungsi dan bertahan hidup.

Kita mendapatkan energi ini dari makanan yang kita konsumsi, yang kemudian dipecah melalui proses pencernaan dan diubah menjadi bahan bakar (glukosa), dan kemudian makronutrien memberikan energi untuk tubuh. Sistem pencernaan kita memicu semua jenis respons dalam tubuh.

Alasan lain Anda mengantuk selepas makan siang (atau setelah makan secara umum) adalah karena jumlah insulin yang diproduksi setelah konsumsi makanan tertentu, yang bisa memicu hormon "bahagia" dan hormon "tidur".

 

3 dari 5 halaman

Penyebab Kantuk setelah Makan Siang

Hal lain, mengantuk setelah makan siang biasanya juga bisa merupakan peran dari pengaturan pola tidur dan irama sirkadian.

Pada mekanisme pengaturan pola tidur, zat kimia di otak yang disebut adenosina memainkan peranan. Makin lama seseorang dalam keadaan terjaga (tidak tidur), makin banyak pula zat adenosina yang terakumulasi.

Adenosina yang terakumulasi tersebut menimbulkan hasrat seseorang untuk tidur,  kadar hormon ini meningkat pada siang hari sehingga timbul rasa mengantuk yang lebih nyata.

Sementara itu, irama sirkadian merupakan jam biologis yang dimiliki oleh tubuh manusia. Secara alami, irama sirkadian akan mengatur tubuh untuk tetap terjaga dan mempertahankan agar kadar adenosina tidak terus meningkat.

Namun, pada beberapa waktu dalam sehari, kemampuan tersebut dapat menurun sehingga dapat timbul rasa kantuk. Penelitian menyebut, pukul 13-15 adalah waktu ketika kemampuan irama sirkadian dalam menekan zat adenoisma sedang dalam tahap terendah.

 

4 dari 5 halaman

Cara Mengusir Kantuk setelah Makan Siang

Nah, setelah mengetahui penyebabnya, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena ada cara mencegah atau mengatasinya. Berikut beberapa cara mengusir kantuk setelah makan siang:

Jangan lupa sarapan

Sarapan sangat penting untuk kesehatan fisik dan pikiran. Sarapan juga bisa membantu mengurangi kelelahan pada siang hari.

Robbie Clark menuturkan, jika kita melewatkan sarapan, itulah standar energi kita pada hari itu. Ditambah lagi, saatnya jam makan siang biasanya kita dalam kondisi kelaparan sehingga ini memengaruhi pilihan makanan serta porsi yang cenderung banyak.

Makan dalam porsi kecil

Makan besar butuh energi lebih besar untuk mencerna. Lebih baik makan makanan dalam porsi yang lebih kecil sepanjang hari. 

Misalnya, menyeimbangkan porsi kecil makan siang camilan menjelang siang dan sore sehingga Anda tetap memenuhi asupan kalori harian yang direkomendasikan.

Makan dalam porsi yang lebih kecil dengan frekuensi lebih sering dapat membantu gula darah tetap stabil serta memberikan pasokan energi yang teratur. 

Kunci penting lainnya adalah menyeimbangkan  karbohidrat, protein, dan lemak baik dalam menu makan Anda sehingga posokan energi bisa tahan lama.

 

5 dari 5 halaman

Cara Mengusir Kantuk setelah Makan Siang

Pilih makanan dengan makronutrien seimbang

Daripada memilih makanan olahan dan bertepung, pastikan makan siang Anda seimbang dan sehat dengan memilih sayuran berwarna sebagai daya tarik utama, dan sajian gandum utuh dan protein tanpa lemak.

Anda juga disarankan banyak minum air agar tetap terhidrasi dengan baik. Hindari makanan atau minuman yang mengandung terlalu banyak gula dan karbohidrat olahan. 

Juga, untuk membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan insulin, pilih makanan alami yang tinggi serat dan protein seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan gandum.

Makan siang di luar kantor

Manfaatkan jam makan siang untuk keluar dari penatnya pekerjaan. Satu di antaranya caranya dengan makan di luar kantor. 

Ada beberapa manfaat dari makan di luar kantor yang mungkin belum Anda ketahui, yaitu:

  • Mengurangi nyeri punggung karena membuat Anda lebih aktif bergerak.
  • Meningkatkan konsentrasi. Sebuah penelitian di Universitas Bristol, Inggris, menemukan bahwa pekerja yang melakukan aktivitas fisik saat istirahat makan siang mengalami peningkatan konsentrasi sebesar 21 persen.
  • Mengurangi stres yang diakibatkan oleh pekerjaan.
  • Makan luar di kantor bisa melancarkan pencernaan dan peredaran darah.
  • Makan siang di luar kantor juga bisa memberi kesempatan tubuh untuk lebih banyak bergerak setelah duduk dalam waktu lama. Tentu ini bisa melancarkan sirkulasi darah dan metabolisme tubuh. 

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 26/2/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer