Sukses


5 Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat di Musim Hujan

Bola.com, Jakarta - Di beberapa wilayah di Indonesia masih berada pada puncak musim hujan. Untuk itu, Anda harus waspada dan tetap berhati-hati dalam beraktivitas sehari-hari.

Pasalnya, kondisi musim hujan bisa membuat tubuh rentan terkena berbagai penyakit, seperti infeksi flu, kulit, eptospirosis, kolera, malaria, dan demam berdarah dengue.

Mengingat bahaya-bahaya tersebut, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan agar tidak menjadi korban musim hujan.

Supaya Anda tetap bisa melakukan berbagai kegiatan secara normal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai langkah antisipasi. Cara-cara untuk menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan tidak sulit untuk dipraktikan.

Berikut cara menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan, yang mudah dipraktikan, dikutip dari Biofarma, Jumat (18/3/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat di Musim Hujan

1. Perhatikan Asupan Makanan

Makanan yang bergizi seperti sayur dan buah-buahan baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Menurut pedoman gizi Kementerian Kesehatan RI, sarapan adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan antara bangun pagi sampai jam 9 untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian, yakni 15-30 persen kebutuhan gizi.

Hal ini dilakukan dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif, dan produktif. Mengonsumsi probiotik juga perlu agar terhindar dari infeksi, seperti flu dan diare.

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik, seperti yoghurt, tahu, tempe, atau sayurn fermentasi, dapat membantu menjaga usus agar sistem pencernaan tetap lancar.

2. Memperbanyak Minum Air Putih

Minum air putih memiliki manfaat baik. Air bermanfaat besar untuk menjaga agar fungsi tubuh Anda tetap berjalan dengan baik, menjaga suhu tubuh, menyalurkan nutrisi pada seluruh tubuh, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika fungsi tubuh sudah berjalan dengan baik, tubuh pun tidak mudah untuk terserang penyakit.

Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak depalan gelas atau setara dengan dua liter setiap harinya.

3 dari 4 halaman

Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat di Musim Hujan

3. Rajin Olahraga

Meski udara dingin dikarenakan musim hujan, kita perlu bergerak agar tubuh tetap bugar. Olahraga bisa dilakukan di dalam rumah jika sedang hujan.

Latihan fisik selama 30 menit saja mampu mengaktifkan sel darah putih (leukosit). Menurut Guyton dan Hall Buku Ajar Fisiologi Kedokteran, leukosit berfungsi menyediakan pertahanan yang cepat dan kuat terhadap daerah-daerah tubuh yang mengalami peradangan.

Dalam berbagai studi membuktikan bahwa berolahraga dapat memperbaiki mood dan yang paling penting, olahraga berperan untuk menjaga daya tahan tubuh. Melakukan olahraga juga akan membuat tubuh menjadi lebih hangat.

4. Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Tidak sedikit orang yang saat bangun pagi, namun tidak merasa bugar, sebaliknya malah merasa lelah. Hal itu merupakan satu di antara tanda jika kualitas tidurnya tidak baik. Terlebih udara terasa lebih dingin seperti saat musim hujan.

Saat tidur, tubuh dan pikiran kita beristirahat sehingga tidur cukup dan berkualitas penting untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Orang dewasa dianjurkan untuk memiliki waktu tidur per harinya adalah 7-9 jam, sementara anak-anak 9-11 jam.

4 dari 4 halaman

Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat di Musim Hujan

5. Mencegah Terkena Flu dengan Vaksinasi

Selain menjaga asupan makanan, berolahraga dan tidur yang cukup, satu di antara upaya terhindar dari penyakit flu adalah dengan vaksinasi influenza.

Studi menunjukkan bahwa vaksin flu mengurangi risiko penyakit flu secara keseluruhan dan memperkecil kemungkinan Anda sakit parah jika memang terinfeksi.

CDC merekomendasikan bahwa setiap orang di atas usia enam bulan mendapatkan vaksinasi influenza. Terkena flu memang tidak nyaman karena membuat kepala terasa berat, badan mengigil dan lendir yang keluar dari hidung terus-menerus, terlebih saat memiliki segudang aktivitas.

 

Sumber: Biofarma

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer