Sukses


Macam-Macam Masalah yang Biasa Terjadi di Rumah saat Musim Hujan, Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Musim hujan tiba bagi sebagian orang dianggap sebagai berkah karena mendatangkan air yang berlimpah dan udara menjadi sejuk.

Di sisi lain, musim hujan bisa mendatangkan beragam masalah yang merepotkan. Tidak jarang kita menemukan berbagai permasalahan di dalam rumah.

Hal ini tentu saja bisa mengurangi kenyamanan Anda dan penghuni rumah lainnya untuk beraktivitas.

Akibatnya, Anda dan penghuni rumah lainnya harus siap memutar otak untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Lantas, apa saja permasalahan yang biasa terjadi di rumah saat musim hujan tiba? Anda perlu mengetahuinya sehingga bisa menerapkan tindakan pencegahan.

Berikut macam-macam masalah yang biasa terjadi di rumah saat musim hujan tiba, yang perlu Anda waspadai, dikutip dari laman 99 dan Beres, Kamis (17/3/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Masalahnya

1. Septic Tank Bau

Tidak jarang ketika hujan turun sangat deras, bau septic tank bisa tercium ke mana-mana. Hal ini bisa terjadi karena adanya kebocoran pada septic tank. Kejadian seperti ini biasanya terjadi pada septic tank yang sudah lama, tetapi tak menutup kemungkinan bisa terjadi juga pada septic tank yang baru.

2. Pintu Kayu Tidak Bisa Ditutup Rapat

Ketika hujan turun pintu rumah yang berbahan kayu tiba-tiba bisa menjadi tidak pas dengan kusen. Hal ini dipengaruhi oleh perubahan cuaca sehingga ukuran dan bentuk kayu pun menjadi berubah.

Pada musim hujan seperti ini, udara akan menjadi lembap dan akhirnya pintu akan mengembang. Terlebih lagi jika pintu sering kena percikan air hujan.

3. Arus Kabel Listrik

Air hujan yang menetes ke bagian kabel bisa saja menyebabkan terjadinya hubungan arus pendek. Kalau hubungan arus pendek sudah terjadi, fatalnya akan terjadi kebakaran di rumah. Tentu ini akan menjadi permasalahan musim hujan yang harus bisa Anda antisipasi sejak dini.

Bukan hanya terkena tetesan atau rembesan air hujan, hubungan arus pendek juga dapat terjadi akibat antena yang tersambar petir. Maka itu, sangat disarankan untuk mencabut kabel antena tv ketika hujan disertai petir.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Masalahnya

4. Atap Bocor

Atap bocor menjadi satu di antara permasalahan yang kerap terjadi pada rumah saat musim hujan. Penyebabnya bisa bermacam-macam, dan yang paling umum adalah atap mengalami keretakan.

Hal ini tentu akan membuat Anda tidak nyaman. Namun, jangan khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan cara melapisi atap yang retak dengan cat pelapis anti bocor.

5. Ruangan Menjadi Dingin

Hujan secara otomatis membuat suhu udara menjadi tambah dingin. Suhu udara di dalam rumah yang menjadi sangat dingin bisa membuat Anda tidak nyaman, terutama saat tidur. Jika demikian, Anda butuh sejumlah barang yang berfungsi menangkal dingin tersebut.

6. Tanaman Rusak

Hujan yang deras dapat merusak lingkungan sekitar rumah, termasuk tanaman yang diletakkan di luar rumah. Hujan dapat membuat tanaman kelebihan air, merusak bentuk tanaman, dan lain-lain.

Untuk mengatasinya, pindahkan tanaman-tanaman yang terlihat rapuh ke tempat yang lebih aman, misalnya di dalam rumah.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Masalahnya

7. Dinding Rembes

Selain atap bocor, dinding rembes juga bisa menjadi satu di antara masalah saat musim hujan. Bisa dibilang atap bocor dan dinding rembes itu sudah satu paket. Jika dibiarkan begitu saja maka akan membuat dinding bernoda, keropos, bahkan berlumut.

8. Furnitur Lembap

Hujan turun sudah pasti membuat cuaca lebih sejuk. Hanya, hal itu bisa membuat furnitur menjadi lembap, khususnya yang berbahan kain. Karpet, sofa, tirai, dan perabotan berbahan kain lainnya pun jadi mudah bau apek.

Untuk itu, Anda dapat menutup furnitur dengan plastik pelindung saat tidak dibutuhkan saat musim hujan datang.

9. Lantai Rumah Menjadi Cepat Kotor

Lantai rumah biasanya menjadi cepat kotor saat musim hujan datang. Entah lumpur, dedaunan yang terbawa atau becekan akibat genangan air, membuat lantai rumah menjadi lebih cepat kotor.

Kalau biasanya Anda melakukan pembersihan rumah setiap akhir pekan, tingkatkan intensitasnya menjadi dua kali seminggu saat musim hujan datang.

 

Sumber: 99, Beres

Dapatkan kumpulan artikel macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer