Sukses


10 Cara Meningkatkan Konsentrasi, Bikin Kerjaan Cepat Selesai

Bola.com, Jakarta - Konsentrasi menjadi satu di antara kunci penting dalam melakukan tugas maupun pekerjaan. Tanpa konsentrasi yang memadai, kegiatan yang dilakukan akan terasa lebih sulit dan seakan tidak selesai-selesai.

Konsentrasi secara umum dapat diartikan sebagai kondisi di mana seseorang memberikan perhatian khusus kepada satu hal dan mengabaikan sesuatu yang lain.

Meski definisi ini cenderung mengartikan sebagai sikap tidak peduli, perlu disadari konsentrasi menjadi hal yang sebaiknya Anda miliki.

Khususnya ketika Anda telah memasang target atau cita-cita. Dengan berkonsentrasi, akan membantu Anda untuk cepat meraih ambisi Anda tersebut.

Berikut cara meningkatkan konsentrasi, disadur dari Klikdokter, Kamis (17/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cara Meningkatkan Konsentrasi

1. Jangan Lewatkan Sarapan

Studi menunjukkan, sarapan bisa mengoptimalkan ingatan jangka pendek. Selain itu, makan di pagi hari juga dapat meningkatkan perhatian dan fokus Anda.

Guna meraih manfaat optimal sarapan terhadap konsentrasi, hindari menyantap makanan yang tinggi kalori. Jenis makanan ini malah dapat mengganggu konsentrasi.

Maka itu, akan lebih baik jika menu sarapan Anda terdiri dari makanan berserat, seperti gandum, produk susu, dan sayuran atau buah-buahan.

2. Rajin Makan Ikan

Ikan adalah jenis makanan berprotein yang terbukti dapat meningkatkan konsentrasi. Jenis sajian ini juga tinggi akan kandungan asam lemak omega-3 yang dapat menyehatkan otak Anda.

Konsumsi ikan secara rutin dan teratur dapat pula menurunkan risiko demensia dan stroke di kemudian hari.

Anda disarankan mengonsumsi ikan paling sedikitnya dua kali seminggu. Variasikan berbagai jenis ikan secara bergantian untuk mendapatkan gizi dan manfaatnya.

3. Makan Kacang dan Cokelat

Kacang-kacangan adalah mengandung antioksidan dan vitamin E dalam jumlah yang tinggi. Kombinasi senyawa tersebut dihubungkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik sehingga Anda lebih mudah mempertahankan konsentrasi.

Selain kacang-kacangan, antioksidan dapat ditemukan pada cokelat hitam. Jenis dark chocolate bahkan mengandung kafein alami yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi.

3 dari 5 halaman

Cara Meningkatkan Konsentrasi

4. Konsumsi Makanan Mengandung Gula

Glukosa adalah satu di antara senyawa yang dibutuhkan otak dalam jumlah tepat untuk menjaga fungsinya tetap optimal. Senyawa tersebut bisa Anda dapatkan dari makanan berkarbohidrat dan gula.

Kendati demikian, Anda tidak diperkenankan mengonsumsi gula berlebihan. Selain bisa meningkatkan risiko obesitas dan diabetes, konsumsi gula atau asupan manis berlebihan dapat pula menurunkan fungsi memori di otak.

5. Minum Air Putih

Mencukupi kebutuhan cairan setiap hari adalah modal awal untuk mencegah dehidrasi alias kekurangan cairan tubuh. Faktanya, dehidrasi tak sekadar menyebabkan penurunan produksi urine dan frekuensi berkemih. Kondisi tersebut juga dapat mengganggu konsentrasi Anda.

6. Olahraga Rutin

Seseorang yang rutin berolahraga terbukti melakukan tugas yang membutuhkan kemampuan kognitif dengan lebih baik. Fakta lain menemukan, subjek penelitian yang berolahraga selama 75 hingga 225 menit setiap minggu mengalami peningkatan kemampuan konsentrasi dan rentang perhatian.

4 dari 5 halaman

Cara Meningkatkan Konsentrasi

7. Melatih Otak

Otak Anda juga butuh latihan agar fungsinya tetap terjaga. Anda dapat melatih otak dengan berbagai permainan dan kuis yang didesain secara khusus untuk melatih kemampuan kognitif.

Berbagai permainan dan kuis tersebut, di antaranya teka-teki silang, sudoku, catur, dan permainan memori.

Studi menemukan, meluangkan waktu selama 15 menit sebanyak lima hari dalam seminggu untuk melakukan permainan melatih otak memiliki manfaat signifikan pada kemampuan konsentrasi.

8. Tidur Berkualitas

Tidur merupakan waktu bagi otak untuk membenahi stimulus maupun informasi yang diterima dan diproses selama Anda terjaga. Tidur juga membuat Anda siap menerima informasi baru setelah bangun nanti.

Terganggunya kualitas tidur dapat berpengaruh pada proses tersebut, yang turut menyebabkan cara otak memproses stimulus dan informasi. Dengan kata lain, orang yang kurang tidur akan kesulitan untuk mencerna segala informasi yang didapat.

5 dari 5 halaman

Cara Meningkatkan Konsentrasi

9. Kafein

Kafein dalam dosis yang tepat dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan rentang perhatian. Jadi, saat konsentrasi mulai turun, Anda dapat mengonsumsi secangkir kopi atau teh hijau.

Kandungan kafein dalam satu cangkir minuman tersebut seharusnya sudah cukup untuk memacu konsentrasi Anda.

Satu hal yang perlu diingat, tidak semua orang dapat menikmati manfaat kafein untuk tingkatkan konsentrasi. Mereka yang demikian justru dapat mengalami efek samping merugikan saat mengonsumsinya.

10. Hidup Teratur

Memiliki sebuah kebiasaan atau rutinitas akan memberikan Anda gambaran skala prioritas dalam menjalani keseharian. Dengan memiliki rutinitas dan skala prioritas ini, Anda dapat memusatkan perhatian dan berkonsentrasi penuh pada satu pekerjaan dalam satu waktu.

Hidup disiplin dan teratur setiap hari juga akan mempermudah kinerja otak dalam memproses informasi baru.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 6/1/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer