Sukses


Jenis-Jenis Olahraga untuk Mengatasi Serangan Panik

Bola.com, Jakarta - Bagi Anda yang sering atau mudah mengalami panik dalam berbagai kesempatan, ada satu di antara solusinya, yakni olahraga.

Cemas merupakan satu di antara sifat alami manusia yang muncul pada saat-saat tertentu. Jadi, wajar apabila Anda terkadang merasa cemas. Namun, sebaliknya, tentu tidak wajar jika Anda terbilang sering mengalaminya. 

Terlalu sering merasakan kecemasan bisa mengganggu, dan bahkan bisa jadi merupakan sebuah gangguan mental.

Untuk mengatasinya, selain berkonsultasi dengan dokter, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti olahraga.

Peneliti dari Southern Methodist University di Dallas mengungkapkan beberapa gejala yang bisa dirasakan akibat kepanikan tinggi, seperti mual, jantung berdebar kencang, sakit perut, dan sesak napas. Hal ini dikenal sebagai 'sensitivitas kecemasan tinggi'.

Studi yang dilakukan tersebut menunjukkan bahwa faktor risiko kepanikan atau kecemasan mungkin tidak akan berpengaruh pada orang-orang yang secara rutin melakukan aktivitas fisik yang berat.

Alasan mengapa olahraga bisa membantu mengatasi gangguan cemas dan mencegah serangan panik adalah karena olahraga akan menurunkan kortisol (hormon stres), mengalihkan Anda dari pikiran dan emosi negatif, serta meningkatkan rasa percaya diri.

Ada berbagai jenis olahraga untuk menghilangkan gangguan kecemasan dan panik, yang bisa rutin Anda lakukan.

Berikut ulasannya, beberapa jenis olahraga yang dapat membantu mengatasi kepanikan atau kecemasan, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (17/3/2022).

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Olahraga untuk Mengatasi Panik dan Cemas

Jalan kaki

Ada begitu banyak penelitian yang menyebutkan bahwa rutin melakukan aerobik akan meningkatkan kesehatan psikis. Maka itu, Anda bisa mengatasi panik Anda dengan aerobik secara teratur.

Jalan kaki termasuk bentuk latihan aerobik yang bisa menghilangkan panik dan gangguan kecemasan. Selain mudah dilakukan, olahraga ini dapat menambah energi dan kerja otak.

Tak hanya itu, jalan kaki akan membuat Anda lebih relaks sehingga rasa cemas pun berkurang.

Apabila kurang menantang, Anda juga bisa melakukan olahraga lari. Manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari aktivitas fisik ini bagi kesehatan mental, yakni meningkatkan mood dan membantu tidur lebih lelap di malam hari.

Berenang

Olahraga berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi serangan panik adalah berenang.

Berenang yang dilakukan sekitar 30 menit disebut dapat membuat Anda lebih relaks sehingga mampu mengatasi depresi dan mengurangi rasa cemas.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Olahraga untuk Mengatasi Panik dan Cemas

Yoga

Yoga merupakan satu di antara jenis olahraga untuk membantu mengurangi panic attack. Hal ini telah dikemukakan oleh penelitian yang diterbitkan di Complementary Therapies in Clinical Practice pada 2018.

Penelitian tersebut menemukan, yoga dapat membantu menurunkan kecepatan detak jantung dan tekanan darah, memperbaiki proses pernapasan, meminimalkan respons stres, serta mengurangi depresi dan kecemasan.

Latihan pernapasan

Walaupun bukan jenis olahraga yang secara aktif bergerak, latihan pernapasan penting untuk membantu mengatasi serangan panik dan rasa cemas.

Untuk melakukannya, duduklah di tempat yang tenang, lalu letakkan tangan di dada dan perut Anda. Kemudian, tarik napas secara perlahan melalui hidung dan lepaskan melalui mulut. Lakukan hingga 10 kali, atau hingga Anda merasa lebih tenang.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 29/10/2021)

Dapatkan artikel jenis dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer