Sukses


Ketahui Manfaat Anak Main Hujan-hujanan dan Tips Aman Melakukannya

Bola.com, Jakarta - Tak jarang saat hujan turun, Anda meminta anak Anda untuk buru-buru masuk rumah agar dia tidak kehujanan. Hal ini wajar saja mengingat anak berpotensi menjadi saat ketika terkena air hujan.

Apalagi jika kondisi anak sedang kurang fit. Terkena hujan bisa makin menurunkan kondisinya.

Namun, saat kondisi anak sedang fit dan kondisi di luar sedang hujan, Anda sesekali boleh mengizinkan anak keluar dan bermain hujan-hujanan. Ya, tak bisa dimungkiri, banyak anak sebenarnya ingin dan suka bermain hujan.

Perlu diketahui, ada manfaat baik dari anak main hujan-hujanan, seperti belajar tentang alam dan hujan itu sendiri. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memperbolehkan buah hati Anda sesekali bermain hujan.

Hanya, sesuaikan dengan kondisi tubuh anak Anda dan kondisi hujannya. Jangan sampai niatan Anda untuk membiarkan anak bermain dan belajar tentang hujan dan alam berubah menjadi bumerang yang justru membuatnya jatuh sakit.

Nah, berikut manfaat anak main hujan-hujanan, yang perlu diketahui orang tua, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (23/3/2022).

2 dari 5 halaman

Manfaat Anak Main Hujan-hujanan

1. Menyukai alam

Dilansir Free Forest School, anak-anak yang terbiasa beraktivitas di alam terbuka dan melihat genangan air saat hujan tiba, akan membentuk hubungan yang lebih kuat dengan alam sekitarnya. 

Mereka pun memiliki tingkat kebahagiaan yang tinggi dan berani mengeksplorasi hal-hal baru.

2. Melatih keseimbangan

Anak-anak yang terbiasa bermain hujan memiliki tingkat keseimbangan yang lebih tinggi dari anak yang lain karena mereka terbiasa untuk melangkah di jalur-jalur yang licin.

Saat hujan tiba dan membasahi lingkungan sekitar, anak akan belajar menguji jalur yang licin sebelum menginjaknya dan mengambil keputusan untuk melewati genangan yang lebih dangkal.

3 dari 5 halaman

Manfaat Anak Main Hujan-hujanan

3. Menajamkan indra

Saat masih berada di fase anak-anak, indra mereka harus sering dilatih supaya mereka bisa mengenali dan beradaptasi dengan beragam situasi yang akan dihadapi.

Nah, dengan membiarkannya bermain di tengah hujan, anak akan mengenali aroma hujan, aroma tanah, bunyi hujan, serta reaksi alam dan hewan sekitar saat hujan turun. Dengan begitu, mereka jadi punya tingkat kepekaan dan empati yang tinggi untuk bekal kehidupannya nanti.

4. Melatih tanggung jawab

Saat tanda-tanda hujan mulai turun dan ada beberapa barang yang mudah rusak jika terkena air masih berada di luar atau sekadar jemuran pakaian yang belum diangkat, libatkan anak untuk membantu Anda membereskan itu semua. 

Dengan begitu, ia akan terbiasa untuk membantu orang lain dan bertanggung jawab atas miliknya sendiri alias mandiri (biarkan dia memindahkan pakaiannya sendiri dari jemuran ke tempat yang tak terkena hujan).

4 dari 5 halaman

Manfaat Anak Main Hujan-hujanan

5. Belajar tentang sains

Saat amak belum memiliki banyak teman untuk menemaninya bermain hujan-hujanan, Anda harus menemaninya sambil memberikan pengetahuan baru tentang sains, tentunya sains yang berkaitan dengan air hujan. Sambil bermain hujan, Anda bisa mengajarkannya tentang:

  • Dari mana air hujan berasal.
  • Perbedaan intensitas hujan (ada yang deras, ada yang cuma gerimis, dan sebagainya).
  • Pelangi bisa muncul sehabis hujan.
  • Reaksi tumbuhan dan batu jika terkena air hujan.
  • Bagaimana tanah yang tandus jika terkena air hujan, dan lain-lain.

Dengan begitu, tak cuma senang karena bisa bermain air, anak pun jadi memiliki pengetahuan baru yang bisa ia terapkan di sekolah. Akan lebih seru lagi jika Anda meletakkan beberapa peralatan eksperimen "ala-ala" supaya anak makin antusias.

Misalnya, Anda punya cawan pengukur di dapur Anda. Bawalah cawan tersebut dan biarkan terisi air hujan. Jika sudah, biarkan anak yang baru belajar menghitung untuk mengukur kedalaman air sesuka hatinya.

Atau, isi setengah cawan pengukur itu dengan minyak lalu perlihatkan kepada anak bahwa air dan minyak tidak bisa bersatu. Sains "ala-ala" yang cukup mudah, bukan?

5 dari 5 halaman

Tips Aman Anak Bermain Hujan-Hujanan

Sebagai orang tua, Anda perlu memperhatikan beberapa kondisi berikut sebelum membiarkan anak Anda bermain hujan, yaitu:

  • Pastikan dulu kondisi tubuhnya benar-benar dalam keadaan fit.
  • Pakaikanlah ia jas hujan serta sepatu antiair dan tahan licin untuk meminimalkan efek basah, dingin, dan cedera.
  • Bila hujan terlalu deras dan disertai petir yang menggelegar atau angin kencang, lebih baik jangan biarkan anak bermain di luar.
  • Setelah selesai bermain hujan, usahakanlah anak untuk segera mandi dengan air hangat dan berikan ia minuman hangat. Jika belum bisa mandi secepatnya, setidaknya keringkan rambut, tubuh dan gantilah pakaiannya dengan pakaian kering.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 27/10/2018)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer