Sukses


Macam-Macam Teknik Dasar Permainan Golf yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Permainan golf identik dengan olahraga kelas atas dan mahal. Pasalnya, peralatan yang dibutuhkan untuk memainkan olahraga ini tidak murah. Begitu pula dengan harga sewa lapangan.

Terlepas dari itu, golf merupakan permainan bola kecil yang dimainkan di luar ruangan secara perorangan atau tim. Pemainnya akan berlomba memasukkan bola ke dalam lubang-lubang yang telah ditentukan di lapangan dengan jumlah pukulan tersedikit mungkin.

Bola golf dipukul dengan menggunakan satu set tongkat pemukul yang disebut klab (stik golf).

Di sisi lain, golf adalah olahraga yang memerlukan keseimbangan, kekuatan, serta keakuratan dalam memukul.

Maka itu, kamu wajib untuk mengetahui teknik dasarnya sebelum terjun atau bermain golf langsung di lapangan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini macam-macam teknik dasar permainan golf yang wajib diketahui agar bisa bermain dengan sempurna, dikutip dari laman Dosenpenjas dan Nugydragon, Kamis (24/3/2022).

2 dari 4 halaman

Teknik Memegang

Sebelum memahami cara mengayun dan memukul, sebaiknya terlebih dahulu kamu memahami teknik memegang stik golf. Teknik tersebut di antaranya:

  • Baseball grip, teknik ini dilakukan dengan cara memegang stik seperti dalam bisbol, yaitu tangan kiri berada di bawah tangan kanan.
  • Overlapping golf grip, teknik ini dilakukan dengan cara yang hampir sama seperti teknik Baseball grip, hanya tangan kanan agak sedikit ke atas sehingga jari kelingking tangan kanan berada di antara jari telunjuk dan jari tengah tangan kiri.
  • Interlocking golf grip, teknik ini bukan untuk pemula melainkan dilakukan oleh para pemain golf profesional. Cara untuk melakukan teknik ini seperti memegang stik bisbol, tetapi mengaitkan jari kelingking tangan kanan dengan jari telunjuk dari tangan kiri.
3 dari 4 halaman

Teknik Mengayun

Ada beberapa cara mengayunkan stik yang baik dan benar, agar pukulan makin bertenaga dan seimbang, di antaranya:

  • Melakukan backswing, dilakukan dengan cara mengayunkan stik ke belakang tubuh sampai melewati kepala.
  • Melakukan downsing, dilakukan dengan cara melancarkan pukulan yang pas agar mengenai bola (teknik ini dilakukan setelah melakukan backswing).
4 dari 4 halaman

Teknik Memukul

Pukulan yang akurat sangat dibutuhkan dalam olahraga golf. Untuk bisa melakukan pukulan tersebut, kamu harus memahami teknik-teknik dasar memukul dalam permainan golf, di antaranya:

  • Tee shot, teknik ini merupakan pukulan pertama untuk memulai pertandingan yang dilakukan dari teeing ground (letak awal bola golf) menuju lubang.
  • Fairway shot, teknik ini dilakukan setelah melakukan tee shot.
  • Bunker shot, teknik ini dilakukan apabila bola yang dipukul keluar area.
  • Putting, teknik ini dilakukan apabila bola golf sudah dekat dengan lubang agar bola dapat dengan mudah dimasukkan.
  • Punch, teknik ini biasanya dilakukan apabila angin yang berembus di lapangan golf sangat kencang.

 

Sumber: Dosenpenjas, Nugydragon

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer