Sukses


Macam-Macam Asupan Sehat setelah Banyak Makan Gorengan, Melunturkan Lemak

Bola.com, Jakarta - Makanan gorengan atau yang proses pembuatannya secara digoreng, menjadi favorit masyarakat Indonesia. Cita rasanya yang gurih dan renyah, membuat siapa saja sulit menahan godaan untuk tidak melahapnya.

Kendati gorengan sudah mendapat 'label' sebagai makanan tidak sehat pun, masih banyak orang yang menggemari jenis makanan satu ini.

Bagi beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu, mungkin gorengan merupakan makanan terlarang atau sama sekali tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi. Namun, bagi yang lain, sebenarnya tidak ada larangan untuk tidak mengonsumsinya.

Hanya, Anda harus mengontrol diri sehingga tidak berlebihan menikmati gorengan. Pasalnya, apabila Anda lupa diri, kesehatan menjadi taruhannya. Apalagi jika Anda orang yang rutin mengonsumsi gorengan.

Ada baiknya, setelah makan gorengan, Anda mengonsumsi asupan sehat agar lemak dari makanan gorengan tidak menumpuk dan menjadi gangguan kesehatan di kemudian hari.

Asupan sehat tersebut termasuk teh hijau, air lemon hangat, dan air putih hangat. Masih ada beberapa asupan sehat lainnya, yang bisa Anda konsumsi setelah makan gorengan.

Pastikan pula Anda mengiringi asupan tersebut dengan aktivitas sehat, seperti jalan santai.

Berikut macam-macam asupan sehat yang sebaiknya Anda konsumsi setelah banyak makan gorengan, disadur dari Klikdokter, Kamis (24/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Asupan Sehat setelah Banyak Mengonsumsi Makanan Gorengan

1. Teh hijau

Jika makanan yang Anda konsumsi adalah gorengan, pasangannya jangan lagi minuman bersoda atau minuman tinggi gula lainnya. Lebih baik Anda minum teh hijau hangat. Alasannya, selain kaya antioksidan, teh hijau bisa membantu meningkatkan proses pembakaran lemaK

Perlu diketahui, orang Jepang juga sering mengonsumsi gorengan (tempura). Namun, karena minum teh hijau sudah jadi kebiasaan sehari-hari mereka, Jepang tetap menjadi satu di antara negara dengan tingkat obesitas terendah di dunia.

2. Air lemon hangat

Minuman untuk menetralkan lemak yang kedua adalah air lemon hangat. Anda bisa memeras sari buah lemon dan mencampurnya dengan air putih hangat.

Air lemon selama ini dianggap sebagai minuman detoks karena bisa membantu menurunkan berat badan dan membersihkan tubuh dari racun.

Bonusnya lagi, Anda juga mendapatkan asupan vitamin C sehingga tubuh tak mudah sakit.

3. Air putih hangat

Minuman untuk menetralkan lemak selanjutnya adalah air putih hangat tanpa campuran apa pun. Anda bisa mengonsumsi air hangat setelah mengonsumsi makanan yang berlemak, seperti gorengan. 

Air hangat dipercaya bisa membantu mengaktifkan sistem pencernaan dan memecah lemak sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Selain itu, minum banyak air hangat mampu mencegah dehidrasi. Hal ini membuat usus tidak akan menyerap air dari makanan tersebut (gorengan) sehingga risiko sembelit atau susah BAB dapat dihindari.

3 dari 4 halaman

Asupan Sehat setelah Banyak Mengonsumsi Makanan Gorengan

4. Sayur dan buah

Bicara perihal makanan untuk menetralkan lemak, sayur dan buah tidak boleh ketinggalan.

Kaya akan vitamin dan mineral plus kandungan seratnya yang tinggi menjadikan sayur dan buah sebagai makanan tersehat yang bisa Anda konsumsi.

Makanan tinggi serat seperti sayur dan buah baik untuk kesehatan jantung dan saluran cerna.

Tak mesti salad, Anda bisa membuat tumis sayur atau sup sayur bening. Untuk buahnya, Anda bisa jadikan sebagai rujak biar bisa disantap bersama-sama.

5. Asupan mengandung probiotik

Sehabis makan banyak gorengan, Anda bisa mengonsumsi sesuatu yang mengandung probiotik, seperti yoghurt atau kimchi.

Bakteri baik dalam makanan tersebut bisa menjaga kesehatan saluran cerna, memperkuat struktur dinding mukosa usus, sekaligus menurunkan  kolesterol tinggi dan berat badan.

Untuk manfaat yang lebih optimal, makanan mengandung probiotik dapat Anda konsumsi secara rutin dan teratur.

4 dari 4 halaman

Asupan Sehat setelah Banyak Mengonsumsi Makanan Gorengan

6. Teh jahe

Dalam Annals of New York Academy of Science, jahe bisa mencegah obesitas dan menurunkan kolesterol setelah Anda mengonsumsi makanan berlemak.

Bonusnya, jahe juga mampu mengurangi risiko aterosklerosis alias penumpukkan lemak di pembuluh darah arteri yang menjadi satu di antara faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

7. Air kelapa

Air kelapa bagus untuk menjaga metabolisme tubuh karena dapat memengaruhi kadar leptin yang merupakan hormon pengatur berat badan, metabolisme, dan reproduksi.

Ketika Anda minum air kelapa setelah makan gorengan dalam jumlah banyak, bisa membantu metabolisme tubuh tetap berjalan baik.

Dengan demikian, lemak tidak akan menumpuk di perut dan risiko peradangan kronis juga menjadi lebih rendah.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 20/8/2020)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini. 

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer