Sukses


Manfaat Bermain Bola Voli bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Bola.com, Jakarta - Bola voli menjadi satu di antara olahraga favorit di Indonesia. Bisa dibilang, voli merupakan olahraga 'rakyat' lantaran olahraga permainan satu ini dimainkan masyarakat dari berbagai kalangan di seluruh penjuru Indonesia.

Di kampung, desa, hingga kota tidak sulit dijumpai lapangan voli, meski mungkin terkesan ala kadarnya. Hal ini menunjukkan voli menjadi olahraga kegemaran untuk dimainkan.

Bola voli kerap hadir untuk memeriahkan acara-acara, seperti HUT Kemerdekaan RI, maupun acara keolahragaan di sekolah dan kampus.

Tidak hanya memberikan manfaat dari segi interaksi, berupa kekompakan, mengingat olahraga ini dimainkan dalam satu tim, voli pastinya mendatangkan manfaat baik bagi kesehatan.

Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin dan teratur sambil dikombinasikan dengan penerapan gaya hidup sehat. Dengan demikian, manfaatnya bisa dirasakan lebih optimal.

Penasaran apa saja manfaat menyehatkan bermain bola voli? Berikut ulasannya, manfaat bermain bola voli bagi kesehatan tubuh dan mental, disadur dari Klikdokter, Kamis (23/3/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Bermain Bola Voli bagi Kesehatan Fisik dan Mental

1. Efektif membakar kalori

Mengutip Red River College, sebuah penelitian yang dilakukan Harvard Medical School, mencoba mengungkap jumlah kalori yang dibakar ketika seseorang bermain voli.

Faktanya, bermain voli harian—di luar kompetisi profesional—selama 30 menit di lapangan biasa (bukan pasir) dapat membakar 90–133 kalori.

Sementara itu, bermain voli pada kompetisi profesional menggunakan jenis lapangan dan durasi serupa dapat membakar 120–178 kalori.

Penelitian juga menemukan bahwa bermain voli di tanah pasir yang kurang stabil dapat membakar hingga 480 kalori.

Manfaat tersebut diperoleh dari gerakan melompat dan lari yang dilakukan secara berulang pada permainan voli.

Mengutip Livestrong, manfaat permainan bola voli yang satu ini disinyalir dapat menurunkan risiko hipertensi, penyakit jantung, dan diabetes.

2. Meningkatkan kekuatan otot dan tulang

Manfaat bola voli selanjutnya adalah dapat meningkatkan kekuatan otot dan tulang. Terutama otot bagian lengan atas dan bahu, juga untuk kekuatan tulang kaki karena gerakan berulang menyangga beban tubuh.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bermain Bola Voli bagi Kesehatan Fisik dan Mental

3. Mengoptimalkan metabolisme

Olahraga voli disebut bermanfaat dalam mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh. Pasalnya, saat bermain voli, detak jantung ikut meningkat dan hal ini dapat memperlancar peredaran darah serta peredaran nutrisi ke seluruh tubuh.

Berdasarkan Aerobic Mile Chart, jumlah energi yang dihabiskan ketika bermain voli selama 20 menit dalam tempo lambat sama dengan ketika Anda berlari sejauh 1,6 km.

Tak heran, voli juga disebut bermanfaat untuk paru-paru karena para pemain harus mengatur ritme pernapasan selama bermain bola karet ini.

4. Melatih koordinasi tubuh

Melakukan servis dan smash secara tepat dalam tempo pertandingan voli yang cepat membutuhkan koordinasi tangan maupun mata yang mumpuni. 

Terlebih, Anda akan selalu berbagi posisi dengan rekan satu tim. Boleh dibilang, koordinasi tangan dan mata merupakan satu di antara unsur penting dalam voli.

5. Keseimbangan

Butuh kelenturan, kecepatan, kekuatan serta keseimbangan yang baik untuk melakukan gerakan menyerang, memblokir, servis, maupun mengoper bola selama bermain voli.

Hal tersebut turut meningkatkan keseimbangan fisik Anda secara keseluruhan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bermain Bola Voli bagi Kesehatan Fisik dan Mental

6. Kemampuan interpersonal

Manfaat voli selanjutnya, yaitu meningkatkan kemampuan interpersonal. Hal ini merupakan kemampuan bekerja sama dengan dua orang atau lebih secara verbal maupun nonverbal.

Sebuah penelitian yang dikutip Red River College menunjukkan bahwa pria dewasa yang mengikuti olahraga beregu memiliki kemampuan interpersonal yang lebih baik.

7. Mencegah stres

Seperti olahraga pada umumnya, voli dapat meningkatkan suasana hati. Hal ini disebabkan tubuh melepaskan hormon endorfin selama bermain voli.

Mengutip Healthline, endorfin merupakan zat kimia alami yang diproduksi sistem saraf tubuh untuk mengatasi rasa sakit atau stres.

Lantaran manfaatnya dalam memproduksi endorfin, banyak ahli kesehatan yang menganjurkan olahraga teratur sebagai terapi mengobati depresi serta gejala kecemasan ringan hingga sedang. Satu di antara olahraga tersebut adalah voli.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (27/7/2021)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer