Sukses


6 Cara Menghilangkan Lemak Perut, Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Lemak perut membuat sebagian orang merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Bahkan, jika terlalu banyak, lemak perut bisa memengaruhi kesehatan.

Dilansir dari Healthline, lemak perut berhubungan dengan penyakit diabetes tipe 2, penyakit jantung, demensia, dan kanker tertentu.

Di samping itu, lemak merupakan zat negatif pada tubuh yang biasanya tertimbun dalam perut sehingga dapat mengakibatkan badan seseorang mengalami kegemukan. Hal ini juga dapat menyebabkan obesitas.

Lemak perut dapat disebut lemak visceral, adalah jenis lemak yang berpotensi berbahaya yang mengelilingi organ di perut.

Untuk menurunkan risiko terkena berbagai penyakit serta membuat tubuh lebih sehat dan terlihat lebih proporsional, ada beragam cara menghilangkan lemak perut yang dapat Anda lakukan.

Berikut ini cara menghilang lemak perut demi terhindar dari berbagai macam penyakit, dilansir dari laman Healthline, Jumat (25/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Menghilang Lemak Perut

1. Menjalankan Program Diet

Diet menjadi satu di antara cara menghilangkan lemak perut yang paling ampuh. Diet sering kali diartikan mengurangi frekuensi makan sehari-hari, padahal diet yang sebenarnya ialah mengatur pola makan dan mengurangi jumlah porsi saat makan.

Saat Anda menjalankan program diet, sebaiknya diiringi dengan olahraga secara rutin sehingga dapat berfungsi efektif menghilangkan lemak perut. Selain mendapatkan tubuh yang indah, Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

2. Olahraga Teratur

Olahraga bisa membantu mengurangi lemak perut. Latihan beban dan kardiovaskular akan mengurangi lemak di seluruh tubuh. Aerobik, lari, jalan kaki, dan berenang bisa mengurangi lemak perut secara signifikan.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilang Lemak Perut

3. Manajemen Stres

Setiap orang bisa saja mengalami stres, termasuk Anda. Jika Anda mengalaminya, penting untuk dapat ditangani.

Hal-hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi stres, termasuk bersantai dengan teman dan keluarga, bermeditasi, berolahraga untuk mengeluarkan tenaga, dan mendapatkan konseling.

Berbagai hal itu diyakini bisa membuat Anda lebih sehat dan lebih siap untuk membuat pilihan yang baik untuk diri sendiri.

4. Konsumsi Lebih Banyak Protein

Protein merupakan satu di antara sumber gizi yang berperan penting dalam memperbaiki sel-sel tubuh. Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung protein dapat membuat seseorang kenyang lebih lama sehingga membantu program diet yang sedang Anda jalankan.

Berbagai macam makanan, seperti buah-buahan, daging serta susu adalah sumber protein yang baik.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilang Lemak Perut

5. Batasi Konsumsi Karbohidrat

Makan lebih sedikit karbohidrat merupakan cara efekitif untuk menghilangkan lemak. Hal ini telah dibuktikan oleh banyak penelitian.

Ketika seseorang mengurangi konsumsi karbohidrat maka nafsu makan dan berat badan akan turun.

Lebih dari 20 penelitian terkontrol secara acak telah menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat terkadang menyebabkan penurunan berat badan 2-3 kali lebih banyak daripada diet rendah lemak.

6. Cukupi Kebutuhan Tidur

Tidur penting untuk banyak aspek kesehatan, termasuk berat badan. Dalam sebuah penelitian, orang yang tidur 6-7 jam per malam mendapatkan lebih sedikit lemak visceral selama lima tahun dibandingkan dengan mereka yang tidur lima jam atau lebih sedikit per malam atau delapan jam atau lebih per malam.

Dengan menjaga pola tidur yang cukup dan tidak berlebihan, efektif membantu Anda mengurangi kadar lemak pada perut.

 

Sumber: Healthline

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer