Sukses


Manfaat Makan Malam sebelum Tidur yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Makan malam sebelum tidur sering menjadi topik pembahasan para dokter dan ahli kesehatan. Ada semacam "pro dan kontra" alias menjadi perdebatan.

Ada yang mengatakan, makan sebelum tidur bisa menambah berat badan karena kalori makanan belum sempat diserap tubuh dan akan disimpan dalam bentuk lemak. Hal tersebut terjadi karena metabolisme tubuh yang melambat saat kita tidur.

Namun, yang lain menganggap makan sebelum tidur tidak akan menimbulkan dampak kesehatan apa pun. Bahkan, makan malam sebelum waktu tidur disebut dapat membantu meningkatkan kualitas tidur serta mengurangi berat badan.

Ada beberapa manfaat bagi kesehatan dengan makan malam sebelum tidur. Hanya, manfaat makan malam sebelum tidur tersebut akan bergantung pada pola makan dan seberapa sering Anda beraktivitas atau berolahraga di siang hari.

Pastikan juga Anda hanya mengonsumsi makanan sehat. Hindari makanan mengandung lemak seperti es krim, pai, dan snack ringan seperti keripik kentang. Apabila ingin makan yang manis, lebih baik ngemil buah beri atau menyantap kacang almond jika ingin sesuatu yang asin.

Lalu, apa saja manfaat makan malam sebelum tidur? Berikut ulasannya, manfaat makan malam sebelum tidur, yang mungkin tidak Anda sangka, disadur dari Klikdokter, Sabtu (26/3/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Manfaat Makan Malam sebelum Tidur

1. Mengurangi keinginan ngemil

Makan besar 1,5 jam sebelum waktu tidur dapat mengurangi keinginan untuk ngemil pada malam hari.

Anda juga tidak akan terbangun tengah malam karena kelaparan. 

Makan sebelum waktu tidur juga bisa mengurangi porsi sarapan dan jumlah kalori yang masuk ke tubuh.

2. Menstabilkan gula darah

Kondisi kadar gula darah rendah dapat mengganggu kualitas tidur seseorang di malam hari.

Satu di antara cara mengatasi kadar gula darah rendah di malam hari adalah makan sebelum tidur.

Mengonsumsi makanan dapat membuat tidur lebih nyenyak dan kadar gula darah pun menjadi stabil saat bangun pagi nanti.

3. Membantu menurunkan berat badan

Suatu penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang mengonsumsi semangkuk sereal 1,5 jam setelah makan malam, mengonsumsi 397 kalori lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak.

Peneliti juga melaporkan, kebiasaan ini dapat menurunkan berat badan peserta sebanyak 0,84 kg.

3 dari 3 halaman

Manfaat Makan Malam sebelum Tidur

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Apabila ingin merasakan manfaat dari makan sebelum tidur, namun tidak ingin mengonsumsi sajian yang terlalu berat, cobalah minum teh kamomil.

Kandungan flavonoid dalam teh chamomile dapat menjaga imunitas tubuh, mengurangi rasa cemas dan depresi, serta memperbaiki kesehatan kulit.

Teh kamomil juga mampu memperbaiki kualitas tidur. Apigenin yang merupakan antioksidan di dalam teh kamomil, secara spesifik dapat membantu memunculkan rasa ngantuk dan mengurangi insomnia.

5. Membantu tidur lebih nyenyak

Ngemil sebelum tidur bisa mencegah Anda terbangun di malam hari karena kelaparan.

Lalu, ketika memiliki waktu tidur cukup, keesokan harinya Anda akan terhindar dari makan berlebihan dan ini menurunkan risiko peningkatan berat badan.

Maka itu, jangan ragu untuk mengonsumsi makanan sehat di malam hari, terutama makanan yang bisa membuat Anda tertidur lelap.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 3/1/2021)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer