Sukses


Cara agar Bisa Khatam Membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadan

Bola.com, Jakarta - Ramadan merupakan bulan yang paling mulia dan istimewa bagi umat Islam. Saat Ramadan tiba, semua umat Muslim yang sudah balig diwajibkan melaksanakan puasa selama satu bulan.

Kemudian di bulan Ramadan, umat muslim berlomba-lomba menunaikan berbagai kebaikan, amalan, dan ibadah yang mendatangkan pahala. Amalan yang dilakukan di bulan Ramadan memiliki keistimewaan tersendiri.

Perlu diketahui, setiap amalan yang dikerjakan di bulan Ramadan akan mendapat pahala yang berlipat ganda dibandingkan dengan pahala di hari-hari lainnya.

Satu di antara amalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala di bulan Ramadan ialah membaca Al-Qur'an. Mungkin akan sangat sulit bisa mengkhatamkan Al-Qur'an yang terdiri dari 30 juz dalam waktu satu bulan.

Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa khatam membaca Al-Qur'an saat bulan Ramadan.

Berikut ini rangkuman tentang cara agar bisa khatam membaca Al-Qur'an di bulan Ramadan, seperti disadur dari Liputan6, Rabu (30/3/2022).

2 dari 7 halaman

Membangun Niat

Membangun niat merupakan cara efektif untuk memacu dalam mengkhatamkan membaca Al-Qur'an. Setelah ada niat, ingat untuk sesering mungkin memperbaruinya. Sebab, niat bisa saja berubah sehingga seseorang menjadi malas untuk memulainya.

Niatkan khatam Al-Qur'an hanya untuk mencapai rida Allah semata. Niatkan amalan ini dengan tulus dan ikhlas sepenuh hati agar kemuliaan Ramadan selalu meliputi Anda.

Yakinlah bahwa selama Ramadan bisa khatam membaca Al-Qur'an. Percayalah kepada Allah dengan diimbangi berjuang melalui tindakan nyata.

3 dari 7 halaman

Rencanakan Rutinitas dan Waktu Membaca

Sebelum memulai bacaan, penting untuk merencanakan rutinitas dan waktu agar bisa khatam Al-Qur'an, meski sibuk dengan aktivitas harian.

Buat rencana yang realistis bagaimana menyelesaikan bacaan Al-Qur'an dalam waktu sebulan dengan membagi setiap juz per hari.

Susun rencana secara bijaksana dan tinjau terus-menerus. Setelah itu wujudkan ke dalam tindakan. Satu di antara waktu terbaik untuk membaca Al-Qur'an adalah setelah sahur atau satu jam sebelum pergi kerja atau sekolah.

4 dari 7 halaman

Baca 1 Juz Setiap Harinya

Untuk khatam Al-Qur'an selama Ramadan, pastikan untuk membaca satu juz setiap harinya. Namun, jika memiliki banyak waktu luang, bisa membaca Al-Qur'an lebih dari satu juz.

Baca Al-Qur'an bisa dilakukan setelah berbuka puasa sambil menunggu salat tarawih atau selepas sahur sambil menunggu pagi. Selain itu bisa juga dilakukan dengan membaca Al-Qur'an sedikitnya dua lembar setiap selesai salat lima waktu.

Dengan membaca ayat Al-Qur'an sebanyak dua lembar atau empat halaman, akan bisa mencapai target satu juz dalam satu harinya.

5 dari 7 halaman

Pakai Al-Qur'an Saku atau Aplikasi Al-Qur'an di Ponsel

Untuk khatam membaca Al-Qur'an selama Ramadan, tidak ada salahnya untuk membeli Al-Qur'an kecil yang bisa dimasukkan ke saku.

Al-Qur'an ini bisa dibawa dan dibaca di mana saja. Saat ada waktu luang, bisa membaca Al-Qur'an agar bisa khatam selama Ramadan.

Mengingat teknologi makin modern dan semua orang memiliki gadget, bisa juga dengan menginstal aplikasi Al-Qur'an di ponsel Anda.

Gunakan waktu luang Anda untuk membaca ayat Al-Qur'an. Dengan rutin membaca Al-Qur'an lewat ponsel, target bisa khatam Al-Qur'an selama bulan Ramadan akan tercapai.

6 dari 7 halaman

Tadarus Bersama

Cari teman-teman atau saudara yang punya keinginan yang sama untuk khatam Al-Qur'an di bulan Ramadan. Melibatkan teman akan mempercepat langkah untuk khatam Al-Qur'an.

Minta mereka untuk mengingatkan janji dan tujuan khatam Al-Qur'an.

7 dari 7 halaman

Semangat Membaca di Awal hingga Akhir Ramadan

Banyak orang begitu semangat membaca Al Qur'an dan menunaikan ibadah lain di awal puasa. Saat tiba akhir puasa, tidak sedikit orang yang semangatnya berkurang.

Jika Anda ingin khatam Al-Quran di bulan Ramadan, semangat ini tidak boleh luntur baik di awal maupun di akhir Ramadan. Usahakan agar semangat Anda justru makin bertambah setiap harinya dan bacaan Al-Qur'an yang dibaca makin bertambah atau kian banyak.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter; Anugerah Ayu Sendari. Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 20/5/20219)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lainnya dengan mengklik tautan ini.

Euforia fans Timnas Prancis usai lolos babak 16 besar Piala Dunia 2022

Video Populer

Foto Populer