Sukses


8 Cara Efektif Mengatasi Rasa Kantuk saat Puasa agar Tetap Produktif

Bola.com, Jakarta - Di bulan puasa, siklus tidur Anda berubah karena Anda akan bangun lebih pagi untuk menyiapkan sahur. Maka, di siang harinya Anda mudah mengalami kantuk.

Kantuk (drowsiness) adalah keadaan ketika seseorang ingin tidur. Alhasil, kondisi ini dapat mengganggu konsentrasi dan produktivitas saat melakukan aktivitas harian.

Selain itu, hal tersebut membuat seseorang menjadi lebih banyak menghabiskan waktu berpuasa untuk bermalas-malasan atau bahkan tidur.

Sebenarnya mengalami rasa kantuk saat puasa wajar terjadi karena tubuh tidak mendapat asupan cairan dalam jangka waktu yang lama.

Supaya tetap menjadi Muslim yang produktif, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa kantuk saat puasa.

Berikut ini beberapa cara efektif mengatasi rasa kantuk saat puasa agar tetap produktif, disadur dari Liputan6, Kamis (31/3/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rasa Kantuk saat Puasa

1. Jangan Terlalu Banyak Diam

Usahakan untuk tidak terlalu sering berdiam diri. Coba sesekali berbincang, berdiskusi atau bercerita dengan orang lain. Dengan Anda tidak melakukan apa-apa akan membuat Anda lebih mudah merasa mengantuk.

2. Jangan Terlalu Terpaku dengan Gadget

Salah jika Anda beranggapan bahwa dengan bermain gadget akan membuat rasa kantuk menjadi hilang. Terlalu terpaku dengan gadget akan membuat Anda hanya terfokus pada satu titik saja dan membuat pandangan Anda menjadi monoton.

Hal ini bisa memicu rasa lelah dan kantuk. Jadi, usahakan untuk tidak terpaku dengan gadget.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rasa Kantuk saat Puasa

3. Jangan Mencuci Muka

Mungkin banyak orang yang menganggap dengan mencuci muka, rasa kantuk akan menghilang. Namun, hal ini adalah salah. Mencuci muka memang bisa membuat Anda menjadi lebih segar, tetapi hanya pada beberapa saat saja. Setelah itu, rasa ngantuk akan kembali dan lebih parah lagi.

4. Jangan Duduk Terlalu Lama

Jangan keseringan duduk terlalu lama di kursi. Sesekali berjalan-jalan lah dan melakukan perenggangan beberapa menit. Hal ini bisa membuat rasa kantuk menjadi hilang. Jika Anda merasakannya lagi, ulangi kegiatan tersebut.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rasa Kantuk saat Puasa

5. Atur Pernapasan

Atur pernapasan dengan latihan oksigenasi. Anda bisa mengatur pernapasan ANda seperti menarik oksigen dan menghembuskannya beberapa kali untuk menghilangkan rasa kantuk yang menyerang Anda.

6. Mengedipkan Mata Beberapa Kali

Jika Anda merasa mengantuk, kedipkan mata beberapa kali dengan cepat. Cara ini biasanya mampu mengurangi rasa kantuk. Lakukan beberapa kali dalam beberapa menit.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rasa Kantuk saat Puasa

7. Cari Sinar Matahari

Anda juga bisa memanfaatkan sinar matahari untuk menghilangkan rasa kantuk yang sedang Anda rasakan. Sinar matahari akan membuat mata Anda menjadi lebih segar serta menghilangkan rasa kantuk yang sedang Anda rasakan.

8. Tidur Siang Sebentar

Tidur siang selama 30 sampai dengan 40 menit cukup efektif menghilangkan rasa kantuk. Tidur siang ini juga bagus untuk kesehatan. Namun, jangan sampai kebablasan.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Rizzaq Aynur Nugroho, Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 15/5/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer