Sukses


36 Kutipan Nasihat Islami Sebagai Bahan Perenungan di Bulan Ramadhan

Bola.com, Jakarta - Pada bulan Ramadhan, umat Muslim berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan dengan harapan mendapatkan pahala dan rahmat dari Allah Swt.

Selain mendirikan puasa yang wajib dilakukan di bulan Ramadhan, umat Muslim juga bisa melakukan amalan baik lainnya, seperti salat tarawih, berzikir, bersedekah, dan lain sebagainya.

Melakukan hal baik tidak hanya akan memberikan manfaat bagi dirimu di dunia, namun juga akan menuntunmu ke surga Allah Swt.

Tidak hanya melakukan kebaikan saja, sebagai umat Muslim yang dirahmati Allah, kamu juga perlu menjauhi berbagai larangan yang diberikan oleh Allah dan Rasul-Nya.

Jika butuh penuntun, Allah telah memberikan pedoman hidup bagi umat Islam berupa Al-Qur'an dan hadis. Kamu juga dapat membaca dan merenungkan berbagai kutipan nasihat Islami.

Berikut 36 kutipan nasihat Islami sebagai bahan perenungan di bulan Ramadhan, seperti dikutip dari Medium dan Mvslim, Selasa (5/4/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kutipan Nasihat Islami Sebagai Bahan Perenungan di Bulan Ramadhan

1. "Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramallah di hari ini." - Hasan al Bashri

2. "Bahkan jika dosamu tidak terhitung, rahmat Allah tidak terbatas. Sungguh, Allah mengampuni segala dosa."

3. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." - Ali bin Abi Thalib

4. "Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan." - 'Amr ibn Abdullah

5. "Ya Allah, beri aku kekuatan untuk menjauhkan diriku dari apa yang menjauhkanku dari-Mu."

6. "Apa pun yang terjadi di dunia ini, selalu dikehendaki oleh Allah Swt."

7. "Tidak diragukan lagi, Tuhanlah yang menopang umat manusia, yang paling berkuasa dan paling penyayang."

8. "Kita bisa menyelamatkan diri kita dari api neraka hanya jika kita meminta pengampunan setiap hari dari-Nya sehingga dosa dan kesalahan kita dapat diampuni."

9. "Kegembiraan dan kemewahan dunia ini hanya sementara. Sukacita abadi hanya ada di kehidupan akhirat."

3 dari 5 halaman

Kutipan Nasihat Islami Sebagai Bahan Perenungan di Bulan Ramadhan

10. "Baik itu penyakit paling serius yang didiagnosis oleh dokter, selalu berdoa kepada Allah kesembuhan atas penyakit tersebut."

11. "Salat adalah pembersih hati dari kotoran dosa dan pembuka pintu kegaiban." - Ibnu Athaillah

12. "Khusyu' adalah menghadapkan hati di hadapan Rabb azza wa jalla dengan sikap tunduk dan rendah diri." - Ibnu Qayyim

13. "Bagaimana Anda bisa merasa tidak berharga ketika Allah memberkati Anda dengan Islam."

14. "Urusan kalian yang terpenting menurutku adalah salat. Barang siapa menjaganya, berarti dia telah menjaga agamanya. Barang siapa mengabaikannya, maka dia lebih acuh lagi terhadap urusan lain." - Umar bin Khattab

15. "Ujian terbesar dari iman adalah ketika kamu tidak mendapatkan apa yang kamu inginkan, tetapi kamu masih bisa mengatakan 'Alhamdulillah'."

16. "Sebaik-baik waktumu adalah kapan engkau menyadari kekuranganmu dan engkau pun kembali mengakui kerendahanmu." - Ibnu Athaillah

17. "Malu untuk berbuat dosa di depan umum. Jangan malu untuk menunjukkan imanmu."

18. "Makna menyia-nyiakan salat bukanlah meninggalkannya sama sekali, tetapi mengakhirkannya dari waktu yang seharusnya." - Ibnu Abbas

 

4 dari 5 halaman

Kutipan Nasihat Islami Sebagai Bahan Perenungan di Bulan Ramadhan

19. "Sungguh, Allah sama sekali tidak salah orang, tetapi orang-oranglah yang salah pada diri mereka sendiri."

20. "Takut pada Allah karena hukumannya. Cintai Allah karena dia penuh belas kasihan."

21. "Janganlah patah hati jika doamu tidak dikabulkan oleh Allah, Allah tahu apa yang akan Dia perbuat."

22. "Allah tidak membebani jiwa lebih dari yang dapat ditanggungnya."

23. "Ilmu tanpa adanya agama adalah sesuatu kecacatan dan agama tanpa ilmu merupakan kebutaan."

24. "Percayalah kepada Allah ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginanmu. Allah memiliki rencana yang lebih baik untukmu."

25. "Meminta maaf tak perlu menunggu momen Lebaran, meminta maaflah ketika berbuat salah."

26. "Waspadalah bila ditemukan di tempat yang dilarang Allah dan waspadalah terhadap ketakhadiran dari tempat yang Allah perintahkan kepada Anda."

27. "Tak peduli seberapa banyak orang yang senang membicarakanmu, cukup diam dan dengarkan saja, sesungguhnya dia sedang memberimu pahala."

 

5 dari 5 halaman

Kutipan Nasihat Islami Sebagai Bahan Perenungan di Bulan Ramadhan

28. "Lebih baik menunggu orang yang benar-benar kita harapkan daripada menghabiskan waktu dengan orang yang tidak tepat."

29. "Sedekah tidak sama dengan matematika bisa ditambah, dikurang, dibagi, dan dikali karena sedekah itu akan berlimpah dan berkali lipat kembali kepada kita."

30. "Kebahagiaan tidak akan pernah datang kepada mereka yang gagal menghargai berkat yang sudah mereka miliki. Ucapkan Alhamdulillah setiap saat dalam hidup."

31. "Hai orang-orang yang beriman, Ingatlah kepada Allah sebanyak-banyaknya." - (Q.S Al-Azhab: 41)

32. "Doa tulus ikhlas yang kamu panjatkan kepada Allah mampu mengubah sesuatu yang awalnya kamu pikir tidak mungkin, berubah menjadi mungkin.

33. "Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya." - (Q.S Ali Imran: 159)

34. "Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk." - (Q.S Huud: 114)

35. "Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan." - (Q.S An-Nahl: 128)

36. "Setelah memohon kepada Allah untuk membimbingmu ke jalan yang lurus, jangan hanya berdiri di sana. Tapi, mulailah berjalan menuju petunjuk-Nya."

 

Sumber: Medium, Mvslim

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer