Sukses


Bacaan Doa setelah Membaca Al-Qur'an, Lengkap Beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam. Dalam Al-Qur'an berisi kalam Allah Swt. yang menjadi petunjuk dan pedoman hidup manusia di dunia.

Al-Qur'an merupakan satu di antara mukjizat terbesar yang diturunkan Allah Swt. kepada Nabi Muhammad saw. Al-Qur'an mencakup setiap aspek kehidupan yang perlu diketahui, dipahami dan diamalkan setiap umat Islam.

BACA JUGA: Pengertian Tahsin Beserta Penjelasan Lengkapnya

Membaca Al-Qur'an termasuk ibadah paling utama yang memiliki berbagai keutamaan. Apalagi jika ibadah membaca Al-Qur'an dilakukan di bulan Ramadan, akan diganjar dengan pahala yang berkali-kali lipat.

Agar mendapatkan berkah dari Allah Swt., disunahkan melafalkan doa setelah membaca Al-Qur'an. Bagi umat Muslim, perlu mengetahui bacaan doa setelah membaca Al-Qur'an.

Berikut ini bacaan doa yang dibaca setelah membaca kitab suci Al-Qur'an, lengkap beserta artinya, seperti disadur dari Liputan6.com, Rabu (6/4/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa setelah Membaca Al-Qur'an

Bacaan Doa Setelah Membaca Al-Qur'an:

                              اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Cara membacanya:

Allhummarhamni bilquran. Waj'alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allhumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa 'allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa'atrofannahaar waj'alhu li hujatan ya rabbal 'alamin.

Artinya:

"Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur'an. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai tuhan semesta alam."

3 dari 4 halaman

Adab dan Tata Cara Membaca Al-Qur'an Sesuai Anjuran Islam

Dalam membaca Al-Qur'an, terdapat aturan yang harus ditaati oleh kaum Muslim. Tujuannya, agar mendapat berkah dan manfaat, tidak sekadar membaca semata.

Aturan membaca Al-Qur'an ini biasa disebut adab membaca Al-Qur'an. Adab pertama dalam membaca Al-Qur'an adalah kita harus dalam keadaan suci.

Berikut ini beberapa adab membaca Al-Qur'an lainnya:

Tidak Tergesa-gesa

Dianjurkan kepada umat Islam untuk membaca Al-Qur'an dengan santai. Tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat. Tujuannya, agar mendapat manfaat dan pengetahuan yang benar mengenai Al-Qur'an.

Sebuah hadis menyebutkan bahwa mengkhatamkan Al-Qur'an kurang dari tiga hari maka pemahaman isi Al-Qur'annya tidak maksimal.

4 dari 4 halaman

Adab dan Tata Cara Membaca Al-Qur'an Sesuai Anjuran Islam

Khusyu’

Al-Qur'an mengandung banyak makna yang membutuhkan perenungan dan penghayatan. Untuk itu, dianjurkan kepada umat Islam untuk fokus saat membaca Al-Qur'an.

Hal itu disebut dalam surah Al Isra ayat 109, Allah berfirman, "Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyu".

Membaca dengan Merdu

Al-Qur'an terdiri dari kata-kata indah penuh makna. Untuk membacanya pun dianjurkan dengan cara yang indah. Cara pertama, yaitu membacanya dengan benar sesuai tajwid.

Setelah itu, barulah menghiasi bacaan Al-Qur'an dengan merdu, menggunakan alunan nada yang indah. Namun, bila tidak mampu melagukan maka cukup dengan membacanya dengan benar.

Meminta Perlindungan dari Allah

Dianjurkan bagi umat Islam meminta perlindungan kepada Allah Swt. sebelum membaca kitab suci Al-Qur'an. Sebagaimana firman-Nya dalam surah An Nahl ayat ke-98.

Allah berfirman, "Apabila kamu membaca Al-Qur'an hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari seitan yang terkutuk".

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Erik Erfianto. Published: 6/4/2021)

Dapatkan artikel Islami dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer