Sukses


7 Cara Mengatasi Sembelit saat Puasa Ramadan

Bola.com, Jakarta - Menjalankan puasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban seluruh umat Muslim yang ada di dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Dalam menjalankan ibadah yang merupakan satu di antara Rukun Islam ini, setiap orang pasti menghadapi tantangan masing-masing. Di antaranya, menghadapi gangguan kesehatan seperti sembelit yang kerap terjadi karena pola makan yang tidak teratur.

Persoalan sembelit dapat mengganggu kelancaran Anda dalam menjalankan ibadah puasa. Alih-alih mengonsumsi obat-obatan, Anda bisa mencegahnya dengan berbagai cara alami.

Anda bisa membiasakan diri untuk selalu mengonsumsi makanan yang kaya gizi dan serat, serta mencukupi kebutuhan cairan dengan meminum air putih.

Berikut tujuh cara mengatasi sembelit saat puasa Ramadan, seperti disadur dari Merdeka, Jumat (8/4/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sembelit saat Puasa Ramadan

1. Minum Banyak Air Putih

Cara mengatasi sembelit saat puasa yang pertama adalah dengan lebih banyak minum air putih di malam hari. Sebab, makin terhidrasi tubuh di malam hari, makin lancar kinerja saluran pencernaan tubuh Anda.

Minumlah air putih paling tidak dua liter sehari karena konsumsi air yang banyak sangat penting untuk mencegah sembelit. Hindari minuman soda saat berbuka puasa karena dapat mencetuskan sembelit jika diminum terlalu banyak.

2. Perbanyak Asupan Serat 

Cara mengatasi sembelit saat puasa berikutnya adalah memperbanyak asupan serat. Jangan hanya berfokus pada makanan atau minuman yang manis saja saat berbuka. Anda juga butuh sayur, buah, dan biji-bijian yang kaya serat untuk menyehatkan saluran pencernaan.

Selain itu, jika memungkinkan, pilihlah sumber karbohidrat dengan kadar serat yang lebih tinggi seperti beras merah. Juga perbanyak konsumsi bahan makanan yang mengandung serat lainnya, seperti oat, untuk memperlancar pencernaan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sembelit saat Puasa Ramadan

3. Cegah Perubahan Pola Makan

Cara mengatasi sembelit saat puasa bisa dilakukan dengan menghindari perubahan pola makan secara mendadak. Konstipasi atau diare dapat terjadi karena tubuh belum beradaptasi.

Saat berbuka, makanlah dengan bertahap dalam porsi yang kecil, tetapi sering serta kunyah makanan dengan benar hingga halus sebelum ditelan. Cara ini akan sangat membantu proses pencernaan dan mengurangi beban saluran pencernaan.

4. Jangan Lewatkan Sahur

Jangan lewatkan sahur. Makin lama perut tidak diisi dengan makanan atau minuman sehat, makin besar kemungkinan Anda untuk mengalami sembelit.

Selain itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan sahur yang sehat. Makanlah terlebih dahulu makanan ringan seperti kurma. Setelah beberapa saat lanjutkan dengan makanan utama yang mengandung kuah seperti sup.

Makanan berkuah akan menambah asupan cairan dalam tubuh dan mencegah konstipasi. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak, seperti gorengan dan gula, karena akan meningkatkan risiko terjadinya sembelit hingga dua kali lipat.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sembelit saat Puasa Ramadan

5. Perbanyak Makan Yoghurt

Yoghurt berguna untuk membantu melancarkan buang air besar. Bakteri baik yang terkandung di dalamnya dapat membantu menstabilkan kuman-kuman di saluran cerna sehingga buang air besar menjadi lebih lancar.

6. Atur Jadwal Buang Air Besar

Mengatur jadwal buang air besar penting sebagai cara mengatasi sembelit saat puasa. Hal ini perlu dilakukan untuk membentuk kebiasaan tubuh dalam membuang sisa makanan. Hindari menahan BAB terlalu lama karena dapat membuat feses mengeras serta "mampet".

7. Tetap Berolahraga

Meski sedang berpuasa, Anda tetap perlu melakukan olahraga sebagai satu di antara cara untuk mengatasi sembelit. Selain menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, berolahraga secara rutin selama 30 menit setiap hari dapat membantu pergerakan usus sehingga Anda terhindar dari sembelit.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Novi Fuji Astuti. Published: 6/5/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer