Sukses


7 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Gambar dan Video

Bola.com, Jakarta - WhatsApp merupakan satu di antara aplikasi chat dan messaging yang paling banyak digunakan saat ini.

Fitur-fitur Whatsapp tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan bertukar pesan saja. Anda juga bisa memanfaat WhatsApp untuk berkirim multimedia seperti gambar dan video.

Namun, Anda mungkin pernah mengalami kejadian WhatsApp tidak bisa mengirim gambar dan video. Tentunya mengalami masalah ini bisa memicu kejengkelan.

Masalah WhatsApp tidak bisa mengirim gambar dan video sering dialami banyak orang karena beberapa sebab, seperti koneksi jaringan internet tidak stabil.

Untuk dapat mengatasi masalah WhatsApp tidak bisa mengirim gambar dan video, Anda bisa melakukan beberapa langkah, seperti dijelaskan di bawah ini.

Berikut cara tepat mengatasi Whatsapp tidak bisa mengirim gambar dan video, dikutip dari laman Transferkuota, Kamis (14/4/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Gambar dan Video

1. Pastikan Koneksi Internet Menyala

Pertama-tama, pastikan terlebih dahulu tidak ada masalah pada koneksi internet Anda, entah itu kuota ataupun menggunakan hotspot yang ada di lokasi.

Coba periksa dengan mengetik sembarang pada Google Search atau membuka suatu alamat website guna memastikan koneksi internet menyala atau tidak.

Apabila ternyata bermasalah, periksa kuota Anda atau bagi yang menggunakan hotspot bisa mencoba me-restart router atau menelpon provider internet.

2. Cari Lokasi dengan Sinyal yang Kuat

Apabila internet menyala, tetapi koneksi terasa lambat, ada kemungkinan sinyal yang diterima masih terlalu lemah sehingga koneksi tidak berjalan lancar.

Coba dengan berpindah ke lokasi lain sembari memeriksa kekuatan sinyal pada layar status yang ada di smartphone sambil mencoba membuka sembarang alamat website pada browser atau melakukan pencarian pada Google Search.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Gambar dan Video

3. Kosongkan Memori internal Smartphone

WhatsApp menggunakan memori internal smartphone untuk menyimpan file gambar dan video yang diterima ataupun dikirim sehingga akan sangat mungkin untuk memenuhi kapasitas apabila Anda terlalu sering melakukan aktivitas pada aplikasi tersebut.

Itulah mengapa terkadang file video dan gambar tidak bisa terkirim karena memori internal smartphone sudah tidak mampu menampungnya sehingga Anda perlu mengosongkan dan menghapus file-file yang tidak dibutuhkan atau memindahkannya ke memory card.

4. Bersihkan Cache WhatsApp dan Cache Smartphone

Selain menggunakan memori internal untuk menyimpan file, WhatsApp juga menggunakannya untuk menyimpan cache alias data sementara yang apabila jarang dibersihkan akan menumpuk seiring waktu.

Cache ini tidak hanya dihasilkan oleh aplikasi WhatsApp saja, tetapi juga oleh aplikasi lainnya sehingga bisa dipastikan memori akan cepat penuh serta kinerja smartphone akan menjadi terlalu berat.

Untuk menghapus cache WhatsApp, Anda bisa menghapus chat-chat yang tidak diperlukan, baik itu chat dengan kontak ataupun grup, terutama pada grup yang aktif.

Sementara untuk menghapus cache smartphone, Anda bisa pergi ke menu pengaturan> pemeliharaan perangkat > optimalkan sekarang atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Gambar dan Video

5. Periksa Izin Aplikasi

Anda juga perlu memastikan aplikasi WhatsApp diizinkan untuk mengakses file gambar dan video, yang bisa Anda lakukan dengan cara pergi ke menu pengaturan> aplikasi > whatsapp > izin > aktifkan kamera, kontak, lokasi, mikrofon, penyimpanan, sms dan telepon.

6. Atur APN dan Zona Waktu

Penggunaan APN custom dan atau zona waktu yang tidak sesuai dapat memengaruhi kemampuan WhatsApp dalam mengirimkan file gambar dan video.

Untuk me-reset APN ke pengaturan bawaan, pergi ke menu pengaturan > koneksi > jaringan seluler > nama poin akses (APN) kemudian tekan menu tiga titik di kanan atas lalu pilih Reset ke default.

Sementara untuk mengubah zona waktu caranya adalah dengan cara pergi ke menu pengaturan > manajemen umum > tanggal dan waktu kemudian aktifkan tanggal dan waktu otomatis.

7. Install Ulang

Solusi terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan meng-install ulang WhatsApp terlebih dahulu kemudian unduh dan install kembali melalui Playstore.

 

Sumber: Transferkuota

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer