Sukses


Penyebab Telinga Tersumbat saat Olahraga dan Cara Mengatasinya

Bola.com, Jakarta - Saat melakukan olahraga, pernahkan telinga Anda terganggu karena kotoran yang menumpuk? Jika iya, kondisi tersebut pasti mengganggu kenyamanan.

Kuping tersumbat dapat dialami siapa saja dan di mana saja, bahkan saat Anda melakukan olahraga. Namun, kondisi tersebut pasti akan membuat Anda berhenti seketika dari aktivitas yang sedang dilakukan.

Telinga tersumbat saat olahraga berarti menandakan suatu masalah. Satu di antaranya adalah perubahan tekanan udara sebelum dan saat sedang berolahraga.

Hal tersebut juga biasa dirasakan ketika Anda sedang naik pesawat. Tekanan yang ada di pesawat bisa membuat kuping terasa tersumbat.

Saluran telinga yang tersumbat saat olahraga bisa menyebabkan berbagai gangguan, misalnya pendengaran redam, terdapat sensasi meletup, dan kesulitan menjaga keseimbangan.

Berikut penyebab telinga tersumbat saat olahraga dan cara mengatasinya, disadur dari Klikdokter, Jumat (15/4/2022).

2 dari 3 halaman

Penyebab Telinga Tersumbat saat Olahraga

Kotoran yang Menumpuk

Melakukan banyak gerakan atau mengeluarkan keringat berlebih dapat menyebabkan serumen bergeser, dan tanpa disengaja menutup liang telinga.

Tidak hanya saat olahraga, kotoran telinga yang menumpuk juga bisa menyebabkan sensasi tersumbat saat Anda melakukan aktivitas lain

Alergi atau Infeksi Saluran Napas

Saat Anda berbicara, menelan, atau menguap ketika olahraga, saluran eustachius akan terbuka. Jika Anda memiliki alergi, pilek, atau sinusitis kronis, fungsi tuba eustachius bisa terganggu sehingga turut menyebabkan masalah fungsi pendengaran.

Musik yang Terlalu Keras

Mendengarkan musik kencang saat olahraga banyak dilakukan karena dianggap dapat meningkatkan semangat dan motivasi.

Hanya, volume musik yang terlalu keras bisa menyebabkan telinga terasa tersumbat dan berdengung. Risiko tersebut dapat meningkat lebih tinggi apabila Anda berolahraga sambil mendengarkan musik keras di ruangan tertutup.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Telinga Tersumbat saat Olahraga

Bersihkan Telinga Secara Rutin

Anda disarankan untuk berkunjung ke dokter THT secara berkala untuk membersihkan kotoran telinga.

Mengapa tidak dianjurkan membersihkan telinga sendiri, misalnya dengan cotton bud? Faktanya, membersihkan telinga secara mandiri berisiko membuat serumen masuk lebih ke dalam. Apalagi, jika Anda melakukan tindakan tersebut dengan cotton bud.

Hindari Mendengar Musik Terlalu Kencang

Jika Anda pergi ke tempat pusat kebugaran (gym), cobalah menggunakan ear plug untuk meredam suara musik yang mungkin terlalu keras. Kalaupun ingin mendengarkan musik, lebih baik gunakan earphone dengan volume sewajarnya.

Saat di malam hari, coba putar suara relaksasi agar telinga terasa lebih relaks dan sistem pendengaran tidak terlalu berdengung.

Atasi Gangguan Kesehatan

Jika kuping tersumbat dikarenakan ada penyakit yang menyertai, segera berobat ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Kombinasikan tindakan tersebut dengan penerapan gaya hidup sehat, olahraga rutin, memenuhi kebutuhan cairan setiap hari, dan cukup tidur.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 10/3/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer