Sukses


Macam-Macam Pelanggaran dalam Permainan Bola Basket

Bola.com, Jakarta Basket merupakan cabang olahraga beregu yang dimainkan oleh dua tim, setiap regu atau tim terdiri lima pemain. Regu yang paling banyak memasukkan bola adalah regu yang memenangkan pertandingan.

Jenis permainan bola besar ini sangat populer di Amerika Serikat dan di belahan bumi lainnya, seperti Eropa Selatan, Lithuania, hingga Indonesia.

Banyak kompetisi bola basket digelar setiap tahun, seperti British Basketball League (BBL) di Inggris, National Basketball Association (NBA) di Amerika, hingga Indonesia Basketball League (IBL).

Basket bisa dimainkan di lapangan terbuka (outdoor) atau ruang tertutup (indoor). Adapun standar internasional permainan bola basket adalah empat babak, waktu setiap babaknya adalah 10 menit (4×10 menit).

Namun, khusus untuk ajang NBA, formatnya berbeda. Kompetisi bola basket tersebut menggunakan format 12 menit per babaknya (4×12 menit).

Dalam permainan atau olahraga apapun yang menjadikan tontonan menjadi menarik adalah adanya peraturan, terutama saat terjadi pelanggaran. Dalam permainan bola basket terdapat berbagai macam pelanggaran.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam pelanggaran dalam permainan bola basket, seperti dilansir dari Repositori.kemdikbud.go.id, Jumat (22/4/2022).

 

 

2 dari 5 halaman

Pelanggaran dalam Permainan Bola Basket

1. Foul

Foul adalah melanggar pemain lawan dengan reaching atau posisi defence yang salah.

2. Travelling

Travelling adalah pidak mendribble bola dalam 3 langkah saat lari maupun berjalan.

3. Offensive Foul

Offensive Foul adalah saat kita menabrak lawan yang dalam posisi hands up atau charge yang benar, saat kita melakukan ilegal pick.

4. Foul out

Foul out adalah keadaan di mana seorang pemain telah melakukan 5 kali foul biasa (FIBA), 6 kali foul (NBA), atau telah melakukan technical foul 2 kali dalam 1 kali pertandingan, maka pemain yang terkena foul out harus keluar dari lapangan pertandingan.

3 dari 5 halaman

Pelanggaran dalam Permainan Bola Basket

5. Double Dribble

Double dribble adalah posisi di mana saat bola dalam keadaan mati kamu kembali mendrible bola.

6. Technical Foul

Technical Foul adalah pelanggaran yang berhubungan dengan peraturan permainan secara teknis seperti seseorang memprotes wasit terus - menerus dengan kasar, tidak menghargai wasit, mengeluarkan kata - kata kotor, melakukan kekerasan pada lawan, bench melakukan hal-hal yang tidak seharusnya, memaki, dan lain - lain.

7. Three Seconds Violation

Three Seconds Violation adalah Pelanggaran yang diberikan apabila seorang pemain berada di area tembakan bebas (key area) selama 3 detik.

 

 

4 dari 5 halaman

Pelanggaran dalam Permainan Bola Basket

8. Offensive 3 second

Offensive 3 second adalah pelanggaran karena diam di post atau area tim lawan selama 3 detik pada saat lawan defense. Bola berpindah ke pihak lawan.

9. Deffensive 3 second

Deffensive 3 second adalah pelanggaran karena diam di area tim sendiri selama 3 detik pada saat lawan melakukan offense. Lawan diijinkan melakukan 1 throw-in.

10. 30-second violation

30-second violation (sekarang 24-second violation) adalah pelanggaran pemain tim A tidak melakukan shoot atau lay-up atau dunk ke ring lawan melewati batas waktu 30 detik (sekarang jadi 24 detik). Bola berpindah ke pihak Tim B.

11. 10-second violation

Peraturan 10-second violation (sekarang jadi 8-second violation) adalah pemain tim A tidak keluar dari posisi defense (setengah lapangan tim A) selama 10 detik (sekarang jadi 8 detik).

Yakni setelah bola dipegang oleh pemain tim A yang lain yang melakukan offense dan sedang berada di area tim B (setengah lapangan tim B). Bola kemudian beralih ke tim B.

5 dari 5 halaman

Pelanggaran dalam Permainan Bola Basket

12. Back Ball atau Back Court

Back Ball atau back court adalah pelanggaran karena pemain yang membawa bola kembali ke daerah pertahanan setelah melewati garis tengah. 

13. Team Foul

Team Foul adalah pelanggaran dalam satu tim per babaknya. Apabila sudah mencapai 5 point maka akan diberikan free throw pada lawan.

14. Personal Foul

Personal Foul adalah pelanggaran perorangan maksimal 4 kali foul kalau sudah 5 kali, maka akan dikenai foul out.

15. Pushing

Pushing adalah pelanggaran karena mendorong lawan main.

16. Blocking Foul.

Blocking Foul adalah pelanggaran karena melakukan pelanggaran keras ketika menghalangi pemain lawan.

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer