Sukses


5 Manfaat Pisang Tanduk bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Pisang merupakan buah-buahan yang sudah tidak asing di telinga masyarakat. Pisang terdiri dari berbagai macam jenis, satu di antaranya adalah pisang tanduk.

Pisang tanduk memiliki rasa yang manis, dan tekstur yang cukup keras. Pisang yang ukuran ini besar kerap diolah dengan cara digoreng. Pisang goreng pun menjadi teman sejati ketika dinikmati dengan kopi.

Di balik ukurannya yang besar, pisang tanduk ternyata juga menyimpan ragam gizi penting untuk tubuh. Jika dikonsumsi dalam jumlah tepat dan secara rutin, Anda pun bisa merasakan manfaat pisang tanduk bagi kesehatan!

Berikut manfaat pisang tanduk bagi kesehatan, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (22/4/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat Pisang Tanduk untuk Kesehatan

Melancarkan Sistem Pencernaan

Apapun jenisnya, pisang memang kaya akan serat yang baik untuk sistem pencernaan manusia. Jika Anda suka makan pisang, kesulitan buang air besar alias sembelit tidak akan menyerang.

Selain itu, kandungan pektin di dalam pisang tanduk juga bisa mengontrol gula darah dan pada akhirnya bisa mengurangi nafsu makan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Pisang tanduk disebut kaya akan potasium (kalium) yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Senyawa tersebut juga dapat menjaga tekanan darah dan irama jantung.

Kandungan serat dalam pisang tanduk juga bantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sehingga mengoptimalkan kerja jantung.

3 dari 3 halaman

Manfaat Pisang Tanduk untuk Kesehatan

Mencegah Penyakit

Kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi dalam pisang tanduk membuatnya dapat mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Dengan mengonsumsi pisang tanduk secara rutin dan teratur, risiko Anda terkena penyakit infeksi juga bisa diminimalkan.

Menjaga Berat Badan

Serat dan karbohidrat kompleks dalam pisang tanduk bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu program diet yang sedang Anda lakukan, sehingga penurunan berat badan dapat dirasakan optimal.

Agar manfaat pisang tanduk untuk menjaga berat badan dapat dirasakan dengan maksimal, pastikan untuk mengombinasikannya dengan penerapan gaya hidup dan pola makan sehat, serta olahraga teratur.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Kandungan serat dalam pisang tanduk bisa bantu menjaga kestabilan gula darah di dalam tubuh. Dengan demikian, risiko Anda terkena diabetes juga lebih minimal.

 

Disadur dari Klikdokter.com (Published: 16/11/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer