Sukses


Kumpulan Contoh Pidato Sambutan pada Acara Halalbihalal Idulfitri

Bola.com, Jakarta - Istilah halalbihalal dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), memiliki makna hal maaf memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa bulan Ramadan, yang biasa diadakan dalam sebuah tempat oleh sekelompok orang.

Sedangkan makna berhalal bihalal artinya bermaaf-maafan pada waktu Lebaran.

Tradisi halalbihalal selalu melekat selama perayaan Idulfitri. Momen ini merupakan ajang silaturahmi kepada keluarga, sanak saudara, teman, atau rekan kerja.

Biasanya, acara halalbihalal digelar secara semi-formal. Kata sambutan menjadi hal yang tak pernah ketinggalan dalam setiap acara, termasuk pula acara halalbihalal.

Jika kamu ditunjuk sebagai ketua panitia acara halalbihalal dan diminta untuk menyampaikan kata sambutan, kamu tidak perlu khawatir.

Di bawah ini ada beberapa contoh pidato sambutan pada acara halalbihalal Idulfitri, yang bisa dijadikan referensi.

Berikut ini kumpulan contoh pidato sambutan pada acara halalbihalal Lebaran Idulfitri, dikutip dari laman Katasambutan dan Kumpulinspirasi, Senin (2/5/2022).

2 dari 4 halaman

Contoh Pidato Sambutan pada Acara Halalbihalal Idulfitri 1

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Bismillahirrahmaanirrahiim,

Alhamdulillahi rabbil'alamin,

Wabihi nasta'inu'ala 'umuridunya waddin,

Washolatu wassalamu’ala asrofil anbiya i walmursalin wa'ala aalihi wasohbihi ajma'in,

Amma ba'du.

 

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMA…

Yang terhormat Bapak dan Ibu staf dewan guru

Yang kami muliakan Ustadz…

Serta teman-teman yang saya cintai

 

Pertama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, karunia, serta nikmat-Nya yang tak pernah bisa kita hitung sehingga pada hari ini kita diberi kesehatan dan kesempatan untuk menghadiri acara Halalbihalal.

Selawat dan salam kita semoga selalu tercurah kepada junjungan kita Muhammad Rasulullah saw. beserta keluarganya, sahabatnya, dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

 

Bapak, ibu dan teman-temanku sekalian,

Pada hari yang berbahagia ini, izinkan saya selaku ketua panitia untuk menyampaikan beberapa kata. Yang pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua hadirin yang telah bersedia hadir ke acara yang sederhana ini. Acara ini dimaksudkan untuk menjalin tali silahturahim di lingkungan SMA… ini. Pada kesempatan ini pula hendaknya kita saling bermaaf-maafan karena saling maaf dan memaafkan adalah hal yang mulia.

 

Selain itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia atas kerja keras dan waktunya demi terselenggaranya acara ini. Semoga Allah Swt. membalas setiap tenaga, waktu, dan pikiran yang tercurah dengan pahala yang berlimpah dan tak lupa pula ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh donatur yang telah menyisihkan sebagaian rezekinya untuk kepentingan acara ini. Semoga Allah Swt. senantiasa menjadikan hal tersebut menjadi pahala yang berlipat ganda.

Acara hari ini juga akan diisi dengan tausiah dari Ustadz… Semoga apa yang beliau sampaikan pada hari dapat bermanfaat bagi kehidupan kita semua. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

Baiklah, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada hari ini. Mohon maaf jika ada salah dalam perbuatan dan ucapan saya kali ini, kepada Allah Swt. saya mohon ampun.

 

Wabillahi taufiq wal hidayah,

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3 dari 4 halaman

Contoh Pidato Sambutan pada Acara Halalbihalal Idulfitri 2

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bismillahirrahmaanirrahiim,

Alhamdulillahi rabbil'alamin,

Wabihi nasta'inu'ala 'umuridunya waddin,

Washolatu wassalamu’ala asrofil anbiya i walmursalin wa’ala aalihi wasohbihi ajma’in,

Amma ba’du.

 

Yang kami hormati Bapak… selaku RT…

Yang kami hormati Bapak… selaku RW…

Yang kami muliakan Ustadz…

Dan yang kami banggakan, para warga RT…

 

Yang pertama, marilah kita panjatkan puji sukur kehadirat Allah Swt. atas rahmat serta hidayah-Nya yang sudah diberikan pada kita sehinggga saat malam yang berbahagia ini kita masih tetap dapat di beri kesempatan untuk berkumpul dan bersilaturahmi dalam acara halalbihalal ini. Selawat dan salam kita semoga selalu tercurah kepada junjungan kita Muhammad Rasulullah saw. beserta keluarganya, sahabatnya, dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

 

Hadirin serta hadirat yang berbahagia.

 

Saya atas nama ketua panitia, izin untuk menyampaikan sedikit kata sambutan. Pada hari yang cerah ini, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Bapak/Ibu dan saudara saudari sekalian karena telah meluangkan waktu untuk hadir di acara ini. Tujuan acara ini selain untuk bermaaf-maafan, juga sebagai ajang untuk mempererat tali silahturahmi antarwarga RT…

 

Selain itu, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh donatur karena atas sumbangan Bapak/Ibu sekalian, acara ini dapat digelar seperti saat ini, dan kami pun berdoa agar kebaikan Bapak/Ibu dapat menjadi amal yang tak terputus. Semoga Allah Swt. selalu melindungi Bapak/Ibu. Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

 

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia atas kerja keras dan waktunya demi terselenggaranya acara ini. Semoga Allah Swt. membalas setiap tenaga, waktu, dan pikiran yang tercurah dengan pahala yang berlimpah. Tak lupa pula ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh donatur yang telah menyisihkan sebagaian rezekinya untuk kepentingan acara ini. Semoga Allah Swt. senantiasa menjadikan hal tersebut menjadi pahala yang berlipat ganda.

 

Acara halalbihalal ini akan diisi dengan tausiah yang akan disampaikan oleh Ustadz… Hendaknya dalam mendengarkan tausiah tersebut, kita dapat khidmat dan menyimak dengan sungguh-sungguh agar ilmu yang disampaikan beliau dapat berguna bagi kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat.

 

Demikianlah kata sambutan yang dapat saya sampaikan pada hari ini. Mohon maaf jika ada ucapan saya yang kurang berkenan dan juga mohon maaf jika dalam acara ini terdapat banyak kekurangan karena inilah batas kemampuan kami.

 

Akhirulkalam, Wabilahitaufiqwalhidayah,

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4 dari 4 halaman

Contoh Pidato Sambutan pada Acara Halalbihalal Lebaran Idulfitri 3

Assalaamu 'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Bismillahirrahmaanirrahiim,

Alhamdulillahi rabbil'alamin,

Wabihi nasta'inu 'ala 'umuridunya waddin,

Washolatu wassalamu ’ala asrofil anbiya i walmursalin wa 'ala aalihi wasohbihi ajma'in,

Amma ba'du.

 

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala (sekolah...)

Yang saya hormati bapak dan ibu guru...

Para sahabat siswa dan siswi yang saya cintai

Pertama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, karunia, dan nikmat-Nya yang tak pernah bisa kita hitung sehingga pada hari ini kita diberi kesehatan dan kesempatan untuk menghadiri acara Halalbihalal.

Selawat dan salam kita haturkan kepada junjungan kita Muhammad Rasulullah saw. keluarganya, sahabatnya, dan para pengikutnya.

 

Bapak, ibu dan sahabat sekalian,

Selaku ketua panitia penyelenggara perkenankan saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kehadiran bapak, ibu, dan sahabat semua pada acara silaturahim dan halalbihalal ini. Acara yang kita gelar setiap tahun ini sungguh merupakan kegiatan penting untuk bersilaturahim dan bermanfaat bagi kita untuk saling maaf memaafkan atas segala kesalahan dan kealpaan.

 

Sebagai manusia biasa kita tidak pernah sepi dari kesalahan dan kelupaan. Jika kita berbuat dosa maka kepada Allah Swt. kita kepada memohon ampun. Jika kita melakukan kesalahan atau kelalaian kepada sesama manusia maka sudah selayaknya kita meminta maaf langsung kepadanya. Tentu saja maaf memaafkan tersebut tidak ditentukan waktunya. Lebih cepat minta maaf dan memaafkan tentu lebih baik karena kita tidak pernah mengetahui kapan dan di mana ajal akan datang.

Kepada para anggota panitia yang telah bekerja keras menyiapkan acara ini, saya ucapkan banyak terima kasih. Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah... dan para bapak dan ibu guru atas petunjuk dan arahannya sehingga acara ini dapat berlangsung dengan sebaik-baiknya.

 

Pada acara halalbihalal ini kita juga akan mendapat tausiyah dari Uztad H. ... dan juga akan mendapatkan pengarahan dari Bapak/Ibu Kepala sekolah... yang kita cintai.

Sekian sambutan saya. Terima kasih atas segala perhatian dan mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dalam penyelenggaran acara ini.

 

Wabillahi taufiq wal hidayah,

Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Sumber: Katasambutan, Kumpulinspirasi

Dapatkan kumpulan artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer