Sukses


Daftar Peristiwa Sejarah Penting di Bulan Syawal

Bola.com, Jakarta - Setelah satu bulan lamanya melakukan berbagai ibadah termasuk puasa di bulan Ramadan, umat Muslim memasuki bulan Syawal.

Syawal merupakan satu di antara bulan istimewa. Terlebih pada 1 Syawal, umat Muslim di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idulfitri.

Selain perayaan Hari Raya Idulfitri, ada banyak kejadian bersejarah yang terjadi di bulan Syawal dan bisa menjadi pembelajaran tersendiri bagi umat Muslim.

Pada bulan Syawal, umat Muslim dianjurkan untuk makin meningkatkan ibadah dan amalan kepada Allah Swt. sesuai yang telah Rasulullah ajarkan.

Lantas, apa saja kejadian bersejarah yang terjadi pada bulan Syawal dan bisa umat Muslim ambil pelajarannya?

Berikut daftar peristiwa sejarah penting di bulan Syawal, yang perlu umat muslim ketahui, seperti disadur dari Dream, Rabu (4/5/2022).

2 dari 4 halaman

Bulan Istimewa

Bulan Syawal memang istimewa. Syawal berasal dari kata "syala" yang berarti naik atau meninggi. Pada bulan Syawal, kedudukan dan derajat kaum Muslimin meninggi di sisi Allah Swt. karena telah melewati bulan ujian dan ibadah selama Ramadan.

Syawal merupakan bulan pembuktian nilai-nilai takwa, hal ini berarti ajang untuk membuktikan umat Islam mampu mempertahankan dan meningkatkan keimanannya, tidak hanya sewaktu Ramadan saja.

Rasulullah saw. juga menganjurkan untuk tetap memperbanyak ibadah sunah di bulan Syawal, seperti puasa enam hari di bulan Syawal. Keistimewaan bulan Syawal disebutkan Rasulullah sawa. dalam sebuah hadis yang berbunyi:

Seperti diceritakan dari Abu Ayyub, Rasulullah saw. berkata, "Siapa saja yang berpuasa selama Ramadan kemudian diikuti enam hari saat Syawal maka seperti berpuasa seumur hidup." (HR. Ibnu Majah)

3 dari 4 halaman

Peristiwa Sejarah Penting di Bulan Syawal

Selain itu, banyak peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan Syawal. Peristiwa tersebut berpengaruh penting dalam kehidupan Rasulullah serta peradaban Islam. Di antaranya:

Perang Uhud

Perang Uhud yang pecah pada 15 Syawal, yakni tiga tahun setelah hijrahnya Rasulullah saw. Sebanyak 700 pasukan Muslim berhadapan dengan 3.000 pasukan musyrik.

Awalnya, umat Islam mendominasi jalannya pertempuran. Orang-orang musyrik terdesak sehingga meninggalkan harta benda yang mereka bawa. Di sini sekelompok pasukan Muslim yang bertugas sebagai pemanah di puncak-puncak bukit lengah.

Khalid bin Walid yang saat itu masih kafir melihat celah itu lalu kemudian menyerang sisi pemanah sehingga pasukan Islam kocar-kacir. Kekalahan ini menyebabkan Rasulullah terluka parah.

Kejadian ini terekam dalam QS. Ali Imran: 121. Perang Uhud adalah satu di antara perang yang disebut-sebut dalam Al-Qur’an sebagai satu di antara ujian ketaatan kepada sunah dan ajaran Nabi Muhammad.

Perang Khandaq

Perang Khandaq terjadi pada bulan Syawal lima tahun setelah Rasulullah saw. hijrah. Pada perang Khandaq, Salman Al-Farisi mencetuskan sebuah strategi pembuatan parit yang dalam dan lebar untuk menghalau musuh.

Rasulullah menyetujui ide ini setelah berunding dengan para sahabat. Bahkan, Rasulullah dengan tangannya sendiri ikut bersama- sama membangun parit pertahanan itu.

Total pasukan Muslim mencapai  3.000 orang, sedangkan pasukan sekutu kaum musyrik sebanyak seribu orang. Dalam perang ini, kubu musyrik mengalami kekalahan karena diterjang angin puyuh setelah menunggu lama di luar parit.

Nabi Muhammad saw. berdakwah ke Thaif

Nabi Muhammad saw. berdakwah sekaligus-mencari suaka karena kerasnya permusuhan kafir Qurays setelah wafatnya Abu Tholib.

Namun, beliau mendapatkan pengusiran dari warga Thaif. Meski diusir, Nabi justru mendoakan warga Thaif. Inilah satu di antara akhlak mulia Rasulullah yang patut diteladani.

4 dari 4 halaman

Peristiwa Sejarah Penting di Bulan Syawal

Perang Hunain

Perang Hunain terjadi tahun ke delapan Hijriyah bulan Syawal. Saat itu, kaum Muslim menghadapi suku Hawazin dan suku Tsaqif, dua suku yang tinggal sebelah timur laut Makkah, yang khawatir akan diserang pihak Muslim juga setelah Fathul Makkah.

Dua pekan lamanya Perang Hunain berlangsung setelah Rasulullah berhasil memimpin kaum Muslim dalam menaklukkan Makkah tanpa pertumpahan darah. Dengan demikian, pasukan Muslim di medan Hunain cukup diuntungkan dengan kondisi mental yang penuh kegemilangan.

Dari total 12 ribu pasukan Muslim, sebanyak 2 ribu di antaranya berasal dari dukungan Quraisy Makkah. Hasilnya, Perang Hunain dimenangi kaum Muslim.

Pernikahan Rasulullah di Bulan Syawal

Pada bulan Syawal, Rasulullah saw. melangsungkan pernikahan dengan Ummu Salamah di tahun kedua bulan Hijriyah pasca perang badar. Sebelumnya, Rasulullah juga menikahi Aisyah ra. di tahun ke-10 kenabian pada bulan Syawal.

Kelahiran Imam Bukhari

Imam Bukhari lahir pada Syawal 194 Hijriyah. Imam Bukhari adalah seorang ahli hadis yang berjasa dalam merealisasikan kompilasi hadis-hadis Nabi Muhammad saw.

Karyanya, Shahih al-Bukhari, masih menjadi rujukan utama hingga saat ini. Imam Bukhari juga wafat pada bulan Syawal, tepatnya di malam Idul Fitri 256 H. Jasadnya dimakamkan di Samarkand.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Ulyaeni Maulida. Published: 13/6/2021)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer