Sukses


Manfaat Bahagia bagi Kesehatan, Beri Efek Positif

Bola.com, Jakarta - Merasakan kebahagiaan menjadi tujuan hampir semua orang yang hidup di dunia. Ada berbagai manfaat positif bagi kesehatan Anda dengan menjadi bahagia.

Berdasarkan penelitian medis, seseorang yang terus berpikir positif dan selalu bahagia akan cenderung memiliki kondisi tubuh yang lebih sehat. Kebahagiaan akan memberikan efek bagi tubuh sehingga menjadi lebih sehat.

Ada yang mengatakan hal ini bersifat satu arah. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa tubuh yang sehat bisa memberikan kebahagiaan bagi seseorang.

Yang pasti, bahagia memang memiliki dampak yang signifikan terhadap kondisi tubuh dan pikiran. Maka itu, meski sedang berada di kondisi yang tidak baik, coba untuk mensyukuri setiap berkat yang Tuhan berikan agar kita bisa terus bahagia dan semangat menjalani hidup.

Berikut manfaat bahagia bagi kesehatan, yang perlu Anda tahu, disadur dari Klikdokter, Jumat (6/5/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Bahagia bagi Kesehatan

1. Kesehatan mental lebih baik

Banyak faktor dapat memengaruhi kebahagiaan seseorang, mulai suasana hati, pekerjaan, hingga lingkungan sekitarnya. Manfaat bahagia bagi kesehatan dapat terpancar dari kondisi mental yang baik.

Sebuah penelitian menyatakan, kondisi emosional seseorang juga dipengaruhi oleh faktor genetik.

Ada orang yang cenderung memiliki kondisi emosi yang stabil, di sisi lain ada juga yang memiliki kondisi emosional fluktuatif atau mengalami pasang surut.

Pada orang dengan emosi stabil, mungkin tidak mengalami kesulitan untuk mengendalikannya dalam kondisi apa pun.

Bagi orang yang kesulitan dalam hal ini, butuh upaya lebih besar untuk mengontrolnya. Meski sulit, hal ini harus terus dilatih.

Berdasarkan pemaparan dari Harvard School of Public Health, dengan mengontrol emosi dengan baik, dapat menjaga kesehatan mental yang juga berperan penting bagi kesehatan tubuh.

Perlu diingat, orang yang dikatakan sehat harus dinilai secara fisik dan mental.

2. Jantung sehat

Orang yang bahagia akan memiliki kondisi psikologis yang lebih stabil. Beberapa penelitian menyatakan, dengan menjaga kondisi psikis yang baik, dapat melindungi seseorang dari berbagai penyakit jantung.

3. Terhindar dari stroke

Selain dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, pengendalian emosi yang baik dan tetap bahagia dapat melindungi dari penyakit yang melibatkan pembuluh darah otak, seperti stroke.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bahagia bagi Kesehatan

4. Tekanan darah stabil

Bila Anda selalu bahagia dan semangat menjalani pola hidup sehat, metabolisme tubuh pasti jadi lebih baik. Dengan membiasakannya setiap hari, dapat membantu menjaga tekanan darah agar terus stabil.

5. Daya tahan tubuh lebih baik

Orang yang lebih sering menggerutu atau mengeluh cenderung lebih sering mengalami sakit.

Beberapa penelitian mendukung hal ini. Terlihat bahwa seseorang yang bahagia akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Manfaat bahagia bagi kesehatan penting agar tidak gampang sakit.

6. Lebih jarang mengalami nyeri atau sakit

Dengan kondisi emosional yang positif saat sedang bahagia, risiko nyeri akan lebih rendah. Saat mengalami sakit sekali pun, seseorang yang terus bahagia akan pulih lebih cepat.

7. Menurunkan risiko perburukan pada penyakit kronis

Beberapa penelitian menunjukkan, dengan terus bahagia dapat membantu mencegah terjadinya perburukan, meski seseorang mengalami penyakit kronis, seperti diabetes dan AIDS.

Hal ini bisa dipicu oleh adanya semangat untuk menjalani terapi yang diberikan oleh dokter, optimistis untuk pulih, dan tetap beraktivitas seperti biasa.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bahagia bagi Kesehatan

8. Memicu pola hidup sehat

Orang yang terus bahagia akan lebih semangat untuk menjalani hari, termasuk untuk menjaga pola hidup sehat. Dengan menerapkan kebiasaan yang baik setiap harinya, kesehatan tubuh terjaga.

Bila seseorang bahagia, ia akan semangat untuk menjaga pola makan dengan gizi seimbang, rutin olahraga, dan cukup istirahat. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan baik fisik maupun mental.

9. Menjaga berat badan ideal

Efek bahagia pada tubuh juga bisa terlihat dari berat badan. Dengan bahagia, metabolisme tubuh lebih baik dan dapat membantu menjaga berat badan ideal karena pola hidup akan lebih teratur dan sehat.

10. Memperpanjang usia

Dengan terus bahagia, kondisi fisik dan mental Anda akan cenderung lebih baik dan stabil. Hal ini dapat membantu Anda untuk berumur lebih panjang dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 5/5/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer