Sukses


7 Manfaat Memakai Penutup Mata saat Tidur

Bola.com, Jakarta - Ada beraneka cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, satu di antaranya dengan memakai penutup mata.

Tidak hanya sekadar menjadi aksesoris tidur, memakai penutup mata bisa memberikan manfaat tersendiri, satu di antaranya meningkatkan kualitas tidur yang Anda miliki.

Tidur merupakan satu di antara kebutuhan yang perlu dipenuhi setiap hari. Mendapatkan tidur yang cukup, dapat membantu tubuh rileks dan beristirahat setelah beraktivitas seharian.

Selain itu, memiliki tidur yang cukup dapat menghindarkan Anda dari depresi serta mengembalikan energi untuk beraktivitas di keesokan harinya.

Berikut tujuh manfaat memakai penutup mata saat tidur, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (6/5/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Ampuh Memakai Penutup Mata saat Tidur

1. Memblokir Cahaya yang Masuk ke Mata 

Penutup mata mampu meningkatkan kualitas tidur karena masker ini dapat memblokir atau menghalangi cahaya yang hendak masuk ke dalam mata.

Menurut American Journal of Epidemiology, paparan cahaya di malam hari, bahkan pada tingkat yang sangat rendah, dihubungkan dengan peningkatan risiko depresi.

Maka itu penggunaan masker mata dapat membantu mempercepat munculnya rasa kantuk dengan mengurangi paparan cahaya yang berisiko menyebabkan depresi.

2. Membuat Tidur Lebih Cepat

Memakai penutup mata otomatis bisa meningkatkan hormon melatonin di dalam tubuh yang membantu kita tidur lebih cepat.

Ketika Anda tidur lebih cepat maka Anda dapat memenuhi kebutuhan waktu tidurnya. Keesokan harinya, Anda bisa bangun dengan badan yang segar dan siap untuk beraktivitas sehari-hari.

3 dari 4 halaman

Manfaat Ampuh Memakai Penutup Mata saat Tidur

3. Mengurangi Masalah di Mata

Jika penutup mata yang Anda gunakan terbuat dari gel, bisa membantu mengurangi lingkaran hitam dan bengkak di mata.

Dilansir dari The Sleep Judge, masker penutup mata diyakini bisa mengurangi risiko mata kering. Pasalnya, pada malam hari saat tidur, mata bisa terkena udara kering, debu, dan bahan iritan lainnya. Akibatnya, bangun-bangun mata bisa jadi merah dan kering.

Dengan menggunakan penutup tersebut, hal ini berarti Anda memberikan perlindungan bagi mata untuk terhindar dari masalah kesehatan yang mengganggu.

4. Meminimalisasi Gangguan Tidur 

Saat sudah berada di kasur, ada saja godaan yang membuat seseorang tidur larut malam. Misalnya, waktu tidur jadi terlambat karena Anda bermain ponsel atau menonton televisi terlebih dahulu.

Namun, bila Anda sudah mengenakan penutup mata, gangguan itu bisa diredam karena saat memakai penutup mata, Anda sadar bahwa sudah dalam kondisi siap tidur sehingga tidak tergoda untuk melakukan hal lainnya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Ampuh Memakai Penutup Mata saat Tidur

5. Membantu Tidur saat Bepergian

Bagi beberapa orang, tidur atau memejamkan mata saat bepergian bukan hal mudah. Ada orang yang susah atau bahkan jadi tidak bisa tidur saat berada di tempat yang baru.

Bahkan, dalam perjalanan menggunakan transportasi, seperti pesawat, kereta api, dan mobil, banyak orang yang sulit untuk tidur sampai lelap. Solusinya, coba menggunakan penutup mata.

Memakai penutup mata dapat memberikan suasana tidur yang ideal karena dapat memblokir cahaya yang mengganggu siklus tidur Anda.

6. Membantu Tubuh Rileks 

Tidak hanya membuat Anda cepat ngantuk, masker penutup mata bisa memberikan tekanan lembut di wajah Anda.

Tekanan tersebut dapat merangsang produksi hormon melatonin dan serotonin yang memicu rasa rileks menyenangkan. Efek ini membantu bagi mereka yang kerap mengalami gangguan tidur.

7. Mencapai Fase Tidur REM

Menurut penelitian tahun 2010 yang dipublikasi oleh Jurnal Critical Care, masker mata sangat membantu kita mencapai fase tidur Rapid Eye Movement (REM)

REM adalah fase ketika tidur Anda sudah dalam tahap menjadi rileks. Pada fase REM, tidur seseorang juga sudah sangat nyenyak dan dalam. Ketika berhasil mencapai fase ini secara rutin dan teratur, tubuh jadi lebih sehat karena tidurnya selalu nyenyak.

 

Sumber: Klikdokter.com (Publsihed: 3/4/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer