Sukses


Presiden Jokowi Lepas Kontingen Indonesia ke SEA Games 2021: Kali Ini Kita Harus Peringkat 3, 2, atau 1!

Bola.com, Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melepas kontingen Indonesia yang akan berjuang di SEA Games 2021. Pelepasan digelar di Istana Bogor, Senin (9/5/2022). 

Dalam acara pelepasan tersebut, Jokowi memberikan pesan-pesan penyemangat kepada atlet Indonesia yang akan berlaga di  SEA Games 2021. Dia juga berharap Indonesia bis meraih hasil lebih baik dibanding pada SEA Games dua tahun lalu di Filipina. 

"Hari ini akan kita kepas kontiongen Indonesia ke SEA Games 2021 ke Vietnam. Kita semua masyarakat Indonesia berharap kontingen sekarang, yang disebut lebih rampung,  bisa meraih prestasi setinggi-tingginya, medali sebanyak-banyaknya, supaya harumkan nama Indonesia," kata Presiden, saat dipantau dari channel Youtube, Sekretariat Presiden. 

Presiden Jokowi mengharapkan kontingen Indonesia mencatatkan kenaikan peringkat, meskipun jumlah atlet yang dikirim jauh berkurang dibanding dua tahun lalu. 

"Di SEA Games 2015 di Singapura, kita periongkat 5. Kemudian pada  SEA Games 2017 di Malaysia peringkat 5, pada SEA Games 2019 di Filipina kita peringkat 4. Kali ini semoga kita kita bisa masuk ranking ke 3, 2 atau 1." 

"Memang ini bukan hal mudah. Tetapi dengan selesksi yang sudah baik, semoga prestasi Indonesia juga baik," imbuh Jokowi tentang target Indonesia di SEA Games 2021. 

 

2 dari 3 halaman

Berangkat dalam 2 Rombongan Besar

Setelah dilepas Presiden Jokowi, kontingen Indonesia akan berangkat ke Vietnam dalam dua rombongan besar pada 11 dan 12 Mei 2022.

Sementara itu, 10 cabang olahraga (cabor) sudah berangkat terlebih dulu, di antaranya tim sepak bola, pencak silat, futsal, catur, kickboxing, dan golf sejak 3 Mei lalu.

"Kami sudah mengukuhkan Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021, dan besok Insyaallah akan dilepas resmi oleh Presiden Joko Widodo di Istana Bogor," ujar Menpora Amali di Hall A Basket, Senayan Jakarta Pusat.

Pada SEA Games edisi ke-31 ini, Tim Indonesia mengirimkan 499 atlet serta 214 official yang terlibat pada 32 cabang olahraga (cabor). Kontingen dipimpin langsung oleh Ferry yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal NOC Indonesia.

Menpora Zainudin mengatakan pengiriman kontingen ke ajang SEA Games menggunakan skema baru, yakni mengacu pada prestasi olahraga nasional sebagaimana amanat Presiden RI Joko Widodo.   

 

3 dari 3 halaman

Ajang Persiapan

Zainudin Amali mengatakan ajang SEA Games Vietnam ini harus dijadikan sebagai persiapan menghadapi event yang lebih besar, seperti Asian Games dan Olimpiade 2024 Paris.

"Mulai sekarang mimpi atlet itu harus Olimpiade. Namun, kami tetap mengirimkan ke SEA Games untuk mempersiapkan diri ke Kualifikasi Olimpiade Paris 2024," ujar Menpora Zainudin Amali.

Sementara itu, CdM Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Ferry J Kono, menyampaikan keberangkatan atlet akan dilakukan secara bertahap.

"Keberangkatan bertahap mulai 3-12 Mei. Beberapa cabor sudah berangkat, seperti pencak silat, golf, futsal, dan sepak bola, rowing, dan catur. Masih ada 24 cabor lainnya. Indonesia dijadwalkan mengikuti upacara pembukaan SEA Games 2021 yang diwakili 30 atlet,” kata Ferry.

Khusus konten non sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

 

 

Khusus konten-konten sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer