Sukses


9 Manfaat Singkong Rebus untuk Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Singkong atau ketela adalah satu di antara tanaman umbi-umbian sebagai pengganti makanan pokok. Singkong biasa diolah menjadi tepung, cemilan, dan lain sebagainya.

Singkong mudah ditemui di pasaran dengan harga terjangkau. Meski begitu, singkong memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bahkan singkong rebus dapat menjadi makanan yang bisa Anda konsumsi sebagai pengganti nasi putih. Itu karena singkong mengandung 76 gram karbohidrat dan 320 kalori dalam 200 gramnya.

Kandungan tersebut merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh, yang dapat meningkatkan stamina. Karbohidrat pada singkong akan dipecah menjadi glukosa sebagai sumber energi untuk sel tubuh manusia.

Selain itu, singkong memiliki vitamin B tinggi yang bertugas meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Singkong juga memiliki senyawa asam amino esensial dan serat yang baik bagi kesehatan.

Berikut sembilan manfaat singkong rebus untuk kesehatan tubuh, yang perlu Anda ketahui, seperti disadur dari Merdeka, Senin (9/5/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Singkong Rebus untuk Kesehatan Tubuh

1. Baik untuk Pencernaan

Manfaat singkong rebus untuk kesehatan yang pertama, yaitu baik untuk pencernaan. Pati resisten dalam singkong diketahui mampu membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit.

Selain itu, pati resisten dalam singkong memberi makan bakteri bermanfaat dalam usus yang dapat membantu mengurangi peradangan serta meningkatan kesehatan pencernaan.

Perlu diketahui, pati resisten tersebut paling banyak ditemukan di singkong yang dimasak dalam bentuk utuh, seperti direbus.

2. Sumber Serat Sehat

Singkong merupakan satu di antara sumber makanan yang mengandung serat sehat. Mengonsumsi serat dapat membantu meningkatkan rasa kenyang sehingga akan terhindar dari makan berlebihan.

3. Membentuk Tubuh Langsing dan Sehat

Manfaat singkong rebus untuk kesehatan selanjutnya, yaitu membentuk tubuh langsing dan sehat. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengolahnya dengan cara direbus atau dikukus.

Sebaiknya hindari pengolahan singkong dengan cara digoreng. Hal ini karena kandungan minyak dalam makanan yang digoreng dapat mengandung lemak jenuh.

3 dari 4 halaman

Manfaat Singkong Rebus untuk Kesehatan Tubuh

4. Menguatkan Otot dan Menyehatkan Jaringan 

Singkong rebus mengandung karbohidrat yang dapat membantu membangun serta menguatkan otot-otot. Singkong juga mengandung protein yang menjaga kesehatan otot dan menyehatkan jaringan.

Singkong juga mengandung kalium yang dapat membantu menjaga massa otot pada orang tua.

5. Meningkatkan Energi

Manfaat singkong rebus untuk kesehatan selanjutnya, yaitu meningkatkan energi. Hal ini karena singkong mengandung karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk membangun energi.

Saat tubuh memiliki cukup energi maka otak akan bekerja lebih efisien. Selain itu, singkong mengandung vitamin B1 atau tiamin, yang memungkinkan tubuh untuk menggunakan karbohidrat sebagai energi sehingga karbohidrat tidak akan menumpuk dalam tubuh.

6. Mencegah Diabetes

Satu di antara penyebab dari diabetes tipe 2 yaitu kelebihan berat badan (obesitas). Mengonsumsi singkong rebus dipercaya dapat mencegah kelebihan berat badan secara signifikan.

Hal ini karena pati resisten juga berkontribusi pada kesehatan metabolisme yang baik, serta mengurangi risiko obesitas dan diabetes tipe 2.

4 dari 4 halaman

Manfaat Singkong Rebus untuk Kesehatan Tubuh

7. Meningkatkan Kekebalan

Manfaat lain dari singkong rebus yaitu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena adanya kandungan folat dan vitamin C.

Vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh dengan menyingkirkan virus dan bakteri. Sedangkan folat membantu produksi sel-sel dalam tubuh agar berjalan normal serta mencegah mutasi DNA.

8. Mengontrol Tekanan Darah

Selain itu, singkong bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Singkong merupakan sumber kalium yang berperan penting dalam penurunan tekan darah. Serat dalam singkong juga berperan dalam penurunan tekanan darah.

Perlu diketahui, peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan natrium penting guna mengurangi risiko tekanan darah dan penyakit kardiovaskular.

9. Baik untuk Pengidap Rematik

Rematik menjadi satu di antara penyakit yang memberikan kondisi kesehatan di mana munculnya rasa sakit akibat otot, atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Hal ini tentu mengganggu aktivitas Anda bila tidak segera diobati.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mengonsumsi singkong rebus. Hal ini lantaran singkong rebus mengandung magnesium yang tinggi sehingga baik dikonsumsi oleh pengidap rematik.

Magnesium inilah yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada tubuh sehingga mampu meredakan rematik pada tubuh Anda.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Addina Zulfa Fa'izah. Published: 2/3/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer