Sukses


Manfaat Sehat Makan Malam Romantis bersama Pasangan

Bola.com, Jakarta - Makan malam romantis bersama pasangan tidak hanya menyenangkan dan bikin bahagia, lebih dari itu, dinner bersama suami atau istri maupun kekasih hati memiliki manfaat positif bagi kesehatan fisik dan mental.

Selama ini Anda mungkin berpikir makan malam romantis hanya sebagai wujud cinta Anda kepada pasangan, atau menjadi cara untuk makin menguatkan hubungan Anda dengan si dia.

Biasanya Anda mengajak si dia makan malam romantis di restoran maupun kafe favorot dalam rangka hari spesial, semisal ulang tahunnya, atau perayaan hari jadi.

Namun, Anda pasti akan lebih sering mengajak pasangan Anda untuk dinner romantis, setelah mengetahui makan malam romantis ternyata bikin tubuh sehat dan ada berbagai manfaat lainnya yang bisa Anda dan pasangan dapatkan.

Penasaran apa saja manfaat tersebut? Berikut penjelasannya, manfaat sehat makan malam romantis bersama pasangan, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (10/5/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Sehat Makan Malam Romantis bersama Pasangan

1. Meningkatkan imunitas

Saat seseorang sedang jatuh cinta, tubuhnya akan memproduksi hormon oksitosin.

Tidak hanya lewat makan malam romantis, produksi hormon oksitosin ini juga dapat meningkat ketika Anda bersama anggota keluarga, hewan peliharaan, atau apa pun yang Anda percaya dapat memberikan rasa nyaman.

Pada akhirnya, peningkatan hormon ini akan membantu meningkatkan imunitas tubuh.

2. Terhindar dari berbagai penyakit

Beberapa penelitian medis menyatakan bahwa oksitosin dapat meredakan kadar hormon kortisol dalam tubuh. Kondisi ini pada akhirnya dapat menurunkan tekanan darah. Risiko penyakit menjangkiti tubuh pun akan menurun.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Sehat Makan Malam Romantis bersama Pasangan

3. Mengatasi rasa cemas

Percaya atau tidak, hormon oksitosin yang diproduksi karena momen makan malam bersama pasangan dapat memperkuat hubungan antarmanusia dan meredakan rasa cemas.

Jadi, segera jadwalkan makan malam bersama pasangan Anda. Dengan begitu, rasa cemas yang kerap menghantui bisa diatasi.

4. Meredakan stres

Dengan makan malam romantis bersama pasangan, stres yang sedang Anda rasakan juga bisa ditangani. 

Selain terjadi peningkatan hormon tertentu, saat romantic dinner, seseorang juga menjadi seakan lupa sesaat dengan masalah yang sedang dialami.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Sehat Makan Malam Romantis bersama Pasangan

5. Memperbaiki saluran cerna

Satu di antara manfaat makan malam romantis adalah dapat membantu mengatasi permasalahan saluran cerna. Perlu diketahui, keluhan saluran cerna ini kerap kali dipicu oleh stres.

Setelah momen berdua bersama pasangan, diharapkan stres Anda berkurang. Dengan begitu, masalah pada pencernaan tidak akan mengganggu.

6. Menghilangkan rasa nyeri

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kokain dan perasaan romantis dapat memicu aktivitas otak di daerah yang sama.

Hal tersebut menstimulasi produksi dopamin. Dopamin sering disebut sebagai hormon bahagia karena menghasilkan rasa senang dan merupakan faktor yang penting dalam penanganan rasa nyeri.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 24/12/2021)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer