Sukses


Macam-macam Bencana Alam yang Sering Terjadi di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Banyak macam bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Bukan tanpa alasan, secara geografis, Indonesia dilalui zona Cincin Api Pasifik dan sabuk Alpide.

Bukan hanya itu, wilayah Indonesia juga berada pada pertemuan lempeng-lempeng tektonik sehingga bencana alam, seperti gempa bumi dan gunung meletus, menjadi bencana alam yang pasti terjadi di Indonesia.

Sebenarnya, bencana alam bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, tidak hanya di Indonesia. Namun, ada beberapa perbedaan bencana alam yang terjadi pada setiap wilayah di dunia.

Tak jarang juga bencana alam menelan korban jiwa sehingga kita perlu mewaspadai berbagai bencana alam yang rawan terjadi di negara kita.

Bencana alam bisa terjadi murni karena alam atau karena ulah tangan manusia. Tidak hanya memakan korban jiwa, ada banyak kerugian lainnya yang bisa menimpa umat manusia ketika bencana alam terjadi.

Berikut macam-macam bencana alam yang sering terjadi di Indonesia, dan bisa Anda jadikan sebagai wawasan dan menambah kewaspadaan, seperti disadur dari Liputan6, Selasa (10/5/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-macam Bencana Alam yang Sering Terjadi di Indonesia

Tsunami

Dengan wilayah yang sangat dipengaruhi pergerakan lempeng tektonik ini, Indonesia sering mengalami tsunami. Tsunami berasal dari bahasa Jepang yang berarti gelombang ombak lautan. "tsu" berarti lautan, "nami" berarti gelombang ombak.

Tsunami adalah serangkaian gelombang ombak laut raksasa yang timbul karena adanya pergeseran di dasar laut akibat gempa bumi. Tsunami yang terjadi di Indonesia sebagian besar disebabkan oleh gempa-gempa tektonik di sepanjang daerah subduksi dan daerah seismik aktif lainnya.

Wilayah pantai di Indonesia merupakan wilayah yang rawan terjadi bencana tsunami terutama pantai barat Sumatra, pantai selatan Pulau Jawa, pantai utara dan selatan pulau-pulau Nusa Tenggara, pulau-pulau di Maluku, pantai utara Irian Jaya dan hampir seluruh pantai di Sulawesi.

Laut Maluku menjadi daerah yang paling rawan tsunami.

Banjir

Banjir adalah peristiwa atau keadaan di mana terendamnya suatu daerah atau daratan karena volume air yang meningkat. Banjir bandang adalah banjir yang datang secara tiba-tiba dengan debit air yang besar yang disebabkan terbendungnya aliran sungai pada alur sungai.

Macam-macam bencana alam ini biasanya disebabkan oleh curah hujan yang tinggi saat musim hujan tiba. Banjir juga termasuk macam-macam bencana alam di Indonesia yang bisa terjadi karena campur tangan manusia.

Kombinasi aktivitas manusia yang merugikan seperti penggundulan hutan atau saluran air yang tersumbat oleh sampah, dapat menyebabkan sungai meluap dan mengakibatkan banjir.

3 dari 4 halaman

Macam-macam Bencana Alam yang Sering Terjadi di Indonesia

Tanah longsor

Tanah longsor merupakan satu di antara jenis gerakan massa tanah atau batuan, ataupun percampuran keduanya, menuruni atau keluar lereng akibat terganggunya kestabilan tanah atau batuan penyusun lereng. Tanah longsor termasuk bencana alam hidrometeorologi, sama seperti banjir.

Kekeringan

Kekeringan adalah ketersediaan air yang jauh di bawah kebutuhan air untuk kebutuhan hidup, pertanian, kegiatan ekonomi dan lingkungan.

Adapun yang dimaksud kekeringan di bidang pertanian adalah kekeringan yang terjadi di lahan pertanian yang ada tanaman (padi, jagung, kedelai dan lain-lain) yang sedang dibudidayakan.

Puting beliung

Angin puting beliung adalah angin kencang yang datang secara tiba-tiba, mempunyai pusat, bergerak melingkar menyerupai spiral dengan kecepatan 40-50 km/jam hingga menyentuh permukaan bumi dan akan hilang dalam waktu singkat (3-5 menit).

4 dari 4 halaman

Macam-macam Bencana Alam yang Sering Terjadi di Indonesia

Badai

Gelombang pasang atau badai adalah gelombang tinggi yang ditimbulkan karena efek terjadinya siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia dan berpotensi kuat menimbulkan bencana alam.

Indonesia bukan daerah lintasan siklon tropis, tetapi keberadaan siklon tropis akan memberikan pengaruh kuat terjadinya angin kencang, gelombang tinggi disertai hujan deras.

Abrasi

Abrasi adalah proses pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Abrasi biasanya disebut juga erosi pantai.

Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipicu oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai tersebut. Walau abrasi bisa disebabkan oleh gejala alami, manusia sering disebut sebagai penyebab utama abrasi.

Kebakaran hutan

Kebakaran adalah situasi di mana bangunan pada suatu tempat seperti rumah/pemukiman, pabrik, pasar, gedung dan lain-lain dilanda api yang menimbulkan korban maupun kerugian.

Kebakaran hutan paling sering terjadi karena ulah manusia. Hal ini disebabkan masyarakat Indonesia memiliki kesadaran yang rendah tentang praktik lingkungan yang berkelanjutan.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Anugerah Ayu Sendari. Editor: Nanang Fahrudin. Published: 18/3/2021)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer