Sukses


Manfaat Membawa Bekal Makanan ke Sekolah bagi Anak, Orang Tua Perlu Tahu

Bola.com, Jakarta - Saat anak sudah mulai sekolah, orang tua akan disibukkan dengan menyiapakan keperluannya. Mulai membangunkan anak, menyiapkan seragam, sarapan, hingga membuat bekal.

Kebiasaan membawakan bekal anak sekolah bukan hal yang baru. Hal tersebut sudah sering dilakukan oleh orang tua sejak dahulu.

Menyiapkan bekal makan untuk anak menjadi pilihan bijak daripada memberikan uang jajan dan membeli makanan sembarangan.

Membawakan anak bekal ke sekolah juga banyak manfaatnya, mulai segi nutrisi, kebersihan, hingga menghemat uang jajan. Apalagi menyediakan bekal anak sekolah tidak sesulit yang dibayangkan.

Bagi para orang tua, terutama ibu, perlu mengetahui manfaat membawakan bekal anak saat sekolah. Hal itu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak sehari-hari.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat membawa bekal makanan ke sekolah untuk anak, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (11/5/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Nutrisinya Terjamin

Dengan membawakan bekal, bisa memastikan pemenuhan gizi anak setiap hari, khususnya saat di sekolah. Apalagi tubuh anak usia sekolah (6-12 tahun) juga terus bertumbuh, meski tak sepesat balita. 

Maka itu, mereka memerlukan makanan yang nutrisinya lengkap dengan kandungan zat gizi makro dan mikro. Zat gizi makro adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Sementara zat gizi mikro adalah vitamin dan mineral.

Dengan membawakan anak bekal dari rumah, orang tua dapat menjamin pemenuhan nutrisi anak setiap harinya.

3 dari 6 halaman

Kebersihan Terjamin

Selain dari segi nutrisi yang terjamin, membawa bekal dari rumah dapat memastikan anak mendapat makanan yang bersih.

Tak bisa dimungkiri, anak sering kali memilih makanan yang kurang higienis saat jajan di lingkungan sekolah. Hal itu karena anak masih belum memiliki kemampuan memilih makanan yang benar-benar sehat dan bersih.

Maka itu, orang tua dapat menyiasatinya dengan mempersiapkan bekal dari rumah. Makanan yang disiapkan dari rumah tentu sudah terjamin cara pengolahan dan penyediaannya sehingga bisa dipastikan bersih.

4 dari 6 halaman

Mencegah Penyakit di Masa Depan

Dengan membawa bekal, anak dapat terhindar dari kebiasaan makan yang tidak sehat. Apalagi saat ini jumlah anak yang mengalami obesitas terus bertambah.

Perlu diketahui, obesitas merupakan satu di antara faktor risiko terjadinya penyakit metabolik di masa mendatang, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit gula.

Obesitas dapat ditimbulkan dari mengonsumsi makanan siap saji yang tinggi gula dan garam. Nah, dengan menyiapkan bekal makanan yang sehat, anak akan lebih jarang mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Bila rutin membawakan buah dan sayur dalam bekal, buah hati Anda akan terbiasa mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi hingga ia beranjak dewasa.

5 dari 6 halaman

Meningkatkan Kemampuan Akademis

Dengan membawakan bekal makanan kepada anak, nutrisi yang didapatkan akan terjamin sehingga kebutuhan untuk tumbuh kembangnya terpenuhi.

Hal ini juga mendukung perkembangan kognitif anak. Dengan begitu, kemampuan akademisnya meningkat dan bukan tidak mungkin ia jadi berprestasi di sekolah.

Tak hanya itu, tubuh yang kuat karena gizi yang selalu terpenuhi akan menolong anak untuk melakukan aktivitas di sekolah dengan bugar dan prima.

 

6 dari 6 halaman

Menghemat Uang Jajan Anak

Orang tua tentu sudah tahu berapa banyak uang jajan yang biasanya harus diberikan kepada anak saat berada di sekolah. Daripada harus menambah uang jajan, memberikan bekal adalah solusi terbaik untuk menghemat pengeluaran dan dapat dimanfaatkan untuk dana yang lain.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 9/6/2020).

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer