Sukses


Sensasi Menembus Venue Opening Ceremony SEA Games 2021 dengan Gojek di Vietnam

Bola.com, Jakarta - Macet menjadi satu dari sekian hal yang tak terelekkan ketika Anda berada di Vietnam, tak terkecuali dengan apa yang dirasakan oleh jurnalis Bola.com, Ikhwan Yanuar Harun. Beruntung, di sana ia mendapati Gojek, dan ia berkesempatan untuk merasakan sensasi menembus venue opening ceremony SEA Games 2021 menggunakan sarana ojek online tersebut.

Hanoi, Ibu Kota Vietnam, dikenal dengan kemacetan parahnya, apalagi saat SEA Games 2021 berlangsung. Memakai jasa ojek online buatan Indonesia, Gojek, adalah satu di antara solusi terbaik untuk memecah kemacetan di Hanoi terutama pada saat jam sibuk.

Hanoi termasuk kota yang memiliki lalu lintas yang padat. Kota itu memiliki populasi delapan juta orang dengan kendaraan sebanyak 6,4 juta, termasuk 5,6 juta sepeda motor.

Di tempat lain, tepatnya di Viet Tri, sekitar 80 km dari Hanoi, wartawan Bola.com yang meliput kegiatan Timnas Indonesia U-23, Muhammad Adi Yaksa, juga bercerita tentang hiruk pikuk SEA Games 2021. Bedanya, lelaki yang baru melepas masa lajangnya itu tidak merasakan kemacetan.

Kontrasnya kondisi lalu lintas di Viet Tri memperlihatkan betapa Hanoi, sebagai Ibu Kota Vietnam, memang berbeda dengan kawasan lainnya. Tak pelak, kemacetan menjadi keniscayaan. SEA Games 2021 menambah padat kondisi jalanan di kota tersebut.

Kembali ke Ikhwan, ia awalnya cemas apakah bisa sampai di venue SEA Games 2021 tepat waktu. Pria yang akrab disapa Mas Gembul itu memprediksi bahwa lalu lintas ke tempat tujuan bakal lebih macet dari hari-hari biasanya.

Namun, Mas Gembul mendapati bahwa Gojek juga beroperasi di Vietnam. Perusahaan transportasi online Tanah Air ini bekerja persis seperti di Indonesia. Artinya, ia tidak perlu mengunduh versi tertentu, tinggal order saja dan duduk manis sambil menikmati jalanan di Hanoi.

 

2 dari 5 halaman

Bahasa Bukan Kendala

Jarak antara hotel tempat menginap menuju Vietnam National Convention Center, venue SEA Games 2021, sekitar 3,5 km. Biasanya, dengan menggunakan kendaraan roda empat dibutuhkan waktu sampai 20 menit untuk sampai ke tujuan.

Namun, menggunakan Gojek (motor) hanya membutuhkan waktu 10 menit. Ongkos yang dikeluarkan juga cukup murah yakni 26.000 VND atau setara Rp20 ribu.

Cukup sulit untuk berkomunikasi dengan pengemudi Gojek di Vietnam. Mereka tidak paham sama sekali bahasa asing. Salah satu cara adalah dengan menggunakan Google Translate dari bahasa Indonesia ke bahasa Vietnam.

Cara penyampaiannya juga unik. Driver tinggal melihat dan membaca sendiri apa yang tertera di gawai Anda. Dengan bahasa Inggris seadanya, ia akan dengan sabar memberi tahu informasi apa yang ia tahu, meski kalau sudah kepepet ia juga menggunakan Google Translate.

Sepanjang perjalanan, Ikhwan mencoba untuk berinteraksi dengan driver tersebut. Betapa kaget ia dibuatnya karena jalanan sangat berisik oleh bunyi klakson.

"Orang-orang di sini memang tidak sabaran dan ingin terburu-buru," kata pengemudi Gojek yang bernama Nguyen Tien Doan.

 

3 dari 5 halaman

Tentang Timnas Indonesia U-23

Ikhwan kemudian meminta pendapat kepada sang driver mengenai penampilan Timnas Indonesia U-23. Menurutnya, anak asuh Shin Tae-yong itu bermain bagus, dan ia berharap Merah Putih bisa melaju ke final untuk berjumpa Vietnam lagi.

Tien Doan memang tidak begitu hapal nama-nama pemain Timnas Indonesia U-23. Tapi ia sangat respek seraya menyebut kalau kualitas Egy Maulana Vikri dkk. merupakan salah satu yang terbaik di Asia Tenggara.

"Timnas Indonesia bermain bagus kemarin. Semoga Indonesia bisa bertemu Vietnam di Final," ujarnya sambil menggeber motornya di bawah awan gelap Hanoi.

4 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Jumat, 6 Mei 2022

  • Vietnam 3 - 0 Timnas Indonesia

Gol: Nguyen Tien Linh 54', Do Hung Dung 74', Le Van Do 87'

Selasa, 10 Mei 2022

  • Timnas Indonesia 3 - 1 Timor Leste

Gol: Egy Maulana Vikri 16', Witan Sulaeman 52', 77', Fachruddin Aryanto 59'; Mauzinho 69'

Jumat, 13 Mei 2022

  • 16.00 WIB: Filipina vs Timnas Indonesia

Minggu, 15 Mei 2022

  • 16.00 WIB: Timnas Indonesia vs Myanmar
5 dari 5 halaman

Simak Liputan-Liputan Seputar SEA Games 2021 di Bola.com

Khusus konten non sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

 

 

Khusus konten-konten sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer