Sukses


Jenis-Jenis Kegiatan Ekonomi dan Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Kegiatan ekonomi adalah segala kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tidak ada seorang pun yang dapat membuat semua barang yang dibutuhkannya.

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak ada yang dapat hidup sendiri. Sebagai makhluk sosial, manusia memerlukan bantuan dari orang lain.

Manusia mempunyai beragam kebutuhan untuk bisa mempertahankan hidupnya. Untuk memenuhi beragam kebutuhan tersebut, manusia melakukan kegiatan yang disebut kegiatan ekonomi.

Kegiatan ekonomi harus dilakukan oleh semua orang dari berbagai kalangan masyarakat agar roda perekonomian terus berputar. Roda ekonomi yang terus berputar tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ada beberapa macam kegiatan ekonomi yang dilakukan dan sering ditemui di masyarakat. Penting tentunya mengetahui jenis-jenis kegiatan ekonomi tersebut.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis kegiatan ekonomi dan penjelasannya, seperti dilansir dari ditsmp.kemdikbud.go.id, Jumat (13/5/2022).

2 dari 4 halaman

Produksi

Produksi merupakan kegiatan menghasilkan suatu barang atau jasa. Kegiatan produksi dilakukan oleh produsen dalam rangka menghasilkan barang demi memenuhi kebutuhan konsumen.

Tujuan produksi ialah untuk memenuhi kebutuhan para pembeli atau konsumen. Adapun tujuan lainnya untuk mencari keuntungan dalam menghasilkan barang dan jasa.

Beberapa contoh kegiatan produksi adalah pabrik tahu yang memproduksi tahu, pengrajin batik yang membuat batik, industri garmen yang menghasilkan pakaian, dan lain sebagainya.

3 dari 4 halaman

Distribusi

Distribusi merupakan kegiatan menyalurkan barang atau jasa dari pihak produsen kepada pihak konsumen. Orang yang melakukan distribusi disebut distributor.

Kegiatan distribusi memiliki tugas utama membeli barang-barang dari pihak produsen untuk kemudian dijual kepada pihak konsumen.

Distributor terbagi menjadi tiga jenis, yakni pedagang besar (grosir), pedagang kecil (retail), dan perantara.

Pedagang besar merupakan membeli dan menjual barang dalam jumlah yang besar, pedagang kecil membeli barang dari pedagang besar untuk dijual kepada pihak konsumen.

Sedangkan untuk perantara merupakan hanya memperantarakan kegiatan ekonomi antara produsen dengan konsumen. Contoh dari kegiatan distribusi misalnya grosir sembako yang menjual produk dari produsen kepada masyarakat (konsumen).

4 dari 4 halaman

Konsumsi

Manusia setiap hari melakukan kegiatan konsumsi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan. Konsumsi adalah kegiatan ekonomi yang menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa secara berkala atau langsung habis.

Kegiatan konsumsi bisa terjadi ketika produsen menjual barang atau jasa langsung kepada konsumen. Bisa juga kegiatan konsumsi terjadi ketika konsumen membeli barang atau jasa dari distributor.

Kegiatan konsumsi banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Contoh kegiatan konsumsi antara lain anak sekolah yang membeli alat tulis di toko buku, remaja yang membeli kuota internet di gerai pulsa, ataupun perusahaan otomotif yang membeli bahan baku produksi.

 

Sumber: Kemdikbud

Dapatkan artikel jenis dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer