Sukses


35 Kutipan Islami tentang Pengampunan, Bukti Kebesaran Tuhan

Bola.com, Jakarta - Kutipan Islami tentang pengampunan bisa kamu jadikan sebagai pembelajaran dan bahan perenungan bahwa pengampunan dari Allah Swt. tidak ada batasnya.

Sebagai umat manusia yang menjalani kehidupan di dunia, kesalahan adalah satu di antara yang pasti dilakukan atau diperbuat, sengaja maupun tidak.

Kesalahan tersebut bisa menyebabkan dosa yang bisa berakibat terhadap kehidupan kita di dunia dan akhirat.

Dengan demikian, kita harus selalu memohon pengampunan kepada Allah Swt., tidak peduli sekecil apa pun kita berbuat salah atau dosa.

Dengan pengampunan-Nya, kehidupan kita akan menjadi lebih baik karena selalu diliputi oleh berkah serta rahmat dari-Nya.

Kutipan Islami tentang pengampunan juga bisa kamu bagikan kepada sesama umat Muslim agar mereka juga mengetahui seberapa dahsyat pengampunan dari Allah Swt.

Berikut 35 kutipan Islami tentang pengampunan, seperti dikutip dari Theislamicquotes dan Islamicartdb, Jumat (13/5/2022).

2 dari 5 halaman

Kutipan Islami tentang Pengampunan

1. "Kita mungkin tidak punya waktu untuk bertobat setelah melakukan dosa karena kita tidak tahu kapan maut akan memakan kita. Cara terbaik untuk bersiap adalah tidak melakukan dosa."

2. "Betapa pun berdosanya kita, Allah bersedia mengampuni kita jika kita bertobat dan tidak mengulangi dosa itu lagi."

3. "Tuhan sendiri mengajarkan kita untuk meminta Dia mengabaikan kekurangan kita. Subhanallah."

4. "Dalam Al-Qur'an, Allah menggambarkan hamba-hamba-Nya yang taat dengan mengatakan "Dan mereka bertobat di pagi hari". Artinya, sepertiga malam terakhir adalah waktu yang paling baik untuk bertobat."

5. "Pengampunan di akhirat adalah tempat semua kesuksesan bergantung. Semoga Allah mengampuni kita. Amin!"

6. "Allah secara langsung memerintahkan kita untuk menunjukkan pengampunan kepada sesama manusia."

7. "Orang beriman mengampuni karena dia mengharapkan hasil yang jauh lebih baik dari yang Allah janjikan untuk menunjukkan kesabaran."

8. "Sangat mudah untuk mengikuti naluri kita dan membalas dendam. Melawan emosi kita adalah ujian yang sebenarnya."

9. "Menyimpan dendam seperti membawa tomat busuk bersama kita. Baunya tidak mengganggu siapa pun kecuali kita. Maka berilah pengampunan pada mereka yang pernah berbuat salah kepadamu."

3 dari 5 halaman

Kutipan Islami tentang Pengampunan

10. "Kita harus menerima orang lain dengan memaafkan mereka karena kita juga membutuhkan pengampunan."11. "Allah bagi kita sebagaimana kita bagi hamba-hamba-Nya. Jika kita memaafkan ciptaan Allah maka Allah akan mengampuni kita."

12. "Tobat sejati bukan hanya berhenti dari berbuat maksiat, tetapi juga berbalik menuju kebaikan dan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk tetap berada di jalan kebaikan itu."

13. "Nabi Muhammad saw. membimbing kita untuk mengikuti perilaku yang diperintahkan oleh Allah. Jadi kita harus lebih banyak memaafkan."

14. "Nabi Muhammad saw. bersabda, 'Yang kuat bukanlah seorang pejuang yang mengalahkan seorang pejuang lain, tetapi orang yang mampu mengendalikan dirinya ketika dia marah'."

15. "Sekelam apa pun masa lalu kita, selagi kita masih bernyawa, kita tetap berpeluang menjadi ahli surga. Jangan pernah berputus asa untuk berubah dan mencari ampunan dari Allah."

16. "Tidak memaafkan orang lain menunjukkan bahwa kita pemalu. Kita harus cukup murah hati untuk memaafkan dan menuai hasilnya."

17. "Jangan menunda tobat karena makin lama perjalanan yang ditempuh, kembalinya juga menjadi makin sulit."

18. "Pemberi syafaat bagi orang yang berdosa adalah pengakuan akan dosa itu, sedangkan tobatnya adalah memohon ampunan."

 

4 dari 5 halaman

Kutipan Islami tentang Pengampunan

19. "Kita tidak punya pilihan selain melepaskan apa yang orang lain lakukan pada kita dan menjalani momen-momen yang akan datang sepenuhnya.

20. "Memaafkan menunjukkan bahwa kita memiliki hati yang besar." 

21. "Nabi Muhammad saw. mengatakan bahwa Allah menerima tobat kita sampai napas terakhir kita, dan Allah akan terus menerima tobat dari kita sampai hari matahari terbit dari barat."

22. "Nabi Muhammad saw. tidak bersalah dari segala dosa, tetapi ia meminta pengampunan dari Allah sebanyak 70 dan seratus kali sehari. Kita sebagai orang berdosa seharusnya lebih banyak bertobat."

23. "Terus-menerus mencari pengampunan dari Allah dapat membantu kita untuk menjaga hati kita tetap murni dan siap untuk menerima perintah Allah lainnya."

24. "Dengan bertobat atas dosa-dosa kita, kita dapat memutuskan untuk kembali kepada petunjuk Allah. Allah sangat penyayang."

25. "Terkadang, melihat kembali dosa-dosa kita, kita merasa putus asa apakah Allah akan mengampuni kita? Jawabannya adalah, asalkan tulis ikhlas memohon ampunan, Allah pasti akan memberi ampunannya."

26. "Allah mengampuni segala dosa jika kita bertobat, sebelum mati."

27. "Nabi saw. bersabda, 'Berbahagialah bagi orang yang menemukan banyak istigfar dalam daftar amalnya pada hari kiamat. Allah tidak akan menimpakan azab kepada orang yang membaca istigfar."

 

5 dari 5 halaman

Kutipan Islami tentang Pengampunan

28. "Dengan mencari pengampunan Allah, tidak hanya dosa-dosa kita yang diampuni, tetapi kehidupan duniawi kita juga dipenuhi dengan berkah."

29. "Begitulah rahmat Allah sehingga Dia tahu kita telah berdosa, tetapi Dia sendiri yang mengajari kita bagaimana mencari pengampunan."

30. "Membaca doa-doa Al-Qur'an untuk pertobatan membuatnya lebih mungkin untuk diterima oleh Allah Swt."

31. "Tuhan tidak akan jemu untuk memaafkan sampai hamba itu lelah untuk meminta ampun." - Abu Hamid Al-Ghazali

32. "Betapapun besar dan banyaknya dosa seorang hamba, ampunan Allah jauh lebih besar." - Ibn Rajab

33. "Jika kita seharusnya sempurna, mengapa atribut Tuhan yang paling ditekankan adalah belas kasihan dan pengampunan-Nya?"

34. "Dosa saya sangat membebani saya. Tetapi, ketika saya mengukurnya dengan Rahmat-Mu, ya Tuhan, pengampunan-Mu lebih besar."

35. "Ampunilah dosa orang lain jika kamu ingin Allah mengampuni dosamu."

 

Sumber: Theislamicquotes, Islamicartdb

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer