Sukses


India Torehkan Sejarah Juara Piala Thomas 2022, Jadi Peringatan buat Negara Langganan Juara

Bola.com, Jakarta - India mencatat sejarah dalam perhelatan Piala Thomas, karena untuk pertama kalinya menjadi juara pada edisi 2022 di Bangkok, Thailand.

India baru saja membungkam tim penuh tradisi yaitu Indonesia pada final Piala Thomas 2022 di Impact Arena, Bangkok, Minggu (15/5/2022) sore WIB.

Tak tanggung-tanggung, India menang telak 3-0 atas tim Merah-putih dan dengan mudah menjadi kampiun Piala Thomas 2022. Ketiga wakil India seperti tanpa perlawanan bagi Indonesia. 

Tunggal pertama India, Lakshya Sen mampu mengatasi Anthony Ginting dalam tiga set. 8-21, 21-17, dan 21-16). Disusul ganda pertamanya, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang mengatasi Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo(18-21, 23-21, dan 21-19).

Puncaknya adalah tunggal kedua Srikanth Kidambi yang mengalahkan Jonatan Christie dua set langsung (21-15 dan 23-21). Hasil yang sekaligus membuat India keluar sebagai juara Piala Thomas 2022.

2 dari 3 halaman

Bersejarah

India unggul 3-0 dan membuat  dua pertandingan tersisa tidak perlu dimainkan. Yaitu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto Vs M.R. Arjun/Dhruv Kapila serta Shesar Hiren Rhustavito Vs H. S. Prannoy.

Pencapaian di Piala Thomas edisi 2022 menjadi sangat bersejarah bagi India. Karena untuk pertama kalinya India menjadi juara, termasuk partai finalnya.

Sebelumnya, prestasi terbaik mereka hanyalah menembus semifinal pada Piala Thomas edisi 1979. Kemudian, prestasi terbaik India adalah menembus perempat final pada 2010 lalu.

3 dari 3 halaman

Peringatan Dini

Prestasu luar biasa yang dicatat India pada Piala Thomas kali ini patut menjadi ancaman bagi negara-negara lain yang berstatus langganan juara.

Perjalanan India di turamen ini juga terbilang heroik. Tergabung di Grup C bersama Taiwan, Jerman, dan Kanada, India berhasil lolos ke perempat final dengan status runner up.

Selama di fase grup, Kidambi Srikanth dan kawan-kawan hanya kalah dari Taiwan yang bermaterikan pemain-pemain jempolan, seperti Chou Tien Chen, Lee Yang/Wang Chi-Lin, hingga Lu Ching Yao/Yang Po Han.

Di perempat final, India melawan salah satu kandidat juara Thomas Cup 2022, Malaysia yang finis sebaga juara Grup D. Di luar dugaan India mendepak Malaysia dengan kemenangan 3-2.

Kejutan India tak berhenti sampai di situ. Di semifinal, mereka lagi-lagi mampu memberikan pelajaran kepada negara kuat, Denmark. Tak disangka, India mampu mengalahkan juara Thomas Cup 2016 itu secara dramatis dengan skor 3-2.

Video Populer

Foto Populer