Sukses


Daftar Kebiasaan yang Tak Boleh Dilakukan setelah Berolahraga

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan kegiatan positif yang dianjurkan untuk dilakukan secara rutin. Ada banyak manfaat baik dengan rutin berolahraga, yang pasti membuat Anda termotivasi untuk melakukannya. 

Secara khusus, hal-hal yang harus dilakukan sebelum berolahraga telah banyak diketahui, semisal melakukan pemanasan dan mempersiapkan segala kelengkapan yang dibutuhkan.

Penting bagi Anda untuk bisa melakukan olahraga secara baik dari sebelum hingga selesai, tentu agar hasil yang Anda peroleh bisa optimal.

Namun, masih banyak dari kita yang abai terhadap kebiasaan yang harus dilakukan setelah berolahraga. Kebiasaan buruk tersebut bisa mengurangi manfaat dari olahraga yang kita lakukan. 

Dengan mengetahui kebiasaan buruk setelah olahraga, Anda dapat menghindarinya untuk memperoleh manfaat olahraga secara lebih maksimal.

Berikit daftar kebiasaan buruk setelah melakukan olahraga, yang wajib Anda hindari, disadur dari Klikdokter, Selasa (17/5/2022).

2 dari 4 halaman

Kebiasaan yang Tak Boleh Dilakukan setelah Berolahraga

1. Lupa melakukan pendinginan

Setelah lari selama satu jam, mungkin Anda akan merasa lelah bila harus berjalan lagi selama lima menit. Namun, dengan melakukannya, Anda memberikan waktu bagi tubuh untuk kembali ke kondisi semula

Cooling down merupakan satu di antara hal esensial untuk untuk menurunkan denyut jantung dan tekanan darah secara bertahap. Jadi, kebiasaan buruk setelah olahraga seperti lupa untuk pendinginan perlu dihentikan.

2. Tidak melakukan peregangan

Selain pendinginan, peregangan penting untuk dilakukan setelah olahraga. Peregangan berfungsi untuk melemaskan otot-otot yang dilatih dan terkontraksi saat olahraga.

Tidak melakukan peregangan dengan baik setelah Anda melakukan aktivitas fisik dapat menyebabkan kram otot.

3. Tidak ganti baju

Setelah berolahraga, tubuh akan memproduksi keringat dalam jumlah yang relatif banyak. Menggunakan pakaian sama menjadi satu di antara hal yang tidak boleh dilakukan setelah olahraga.

Kebiasaan tidak mengganti pakaian setelah Anda berkeringat dapat meningkatkan risiko terjadinyainfeksi jamur atau jerawat pada kulit. 

Jadi, sebisa mungkin, segeralah mandi dan mengenakan pakaian baru agar Anda dapat kembali beraktivitas dengan baik.

3 dari 4 halaman

Kebiasaan yang Tak Boleh Dilakukan setelah Berolahraga

4. Langsung melakukan aktivitas berat lain

Aktivitas yang menuntut kekuatan otot terlalu banyak, seperti naik tangga yang tinggi atau angkat barang berat, segera setelah berolahraga dapat membuat otot kelelahan atau bahkan cedera. Jadi, sebisa mungkin hindari kebiasaan buruk setelah olahraga ini.

5. Begadang

Begadang termasuk satu di antara hal yang tidak boleh dilakukan setelah berolahraga. Pasalnya, waktu istirahat sangat diperlukan tubuh untuk memulai fase pembentukan otot dan pembakaran lemak.

Jadi, setelah berolahraga dan melakukan aktivitas sepanjang hari, penting bagi Anda untuk mendapatkan waktu yang cukup untuk tidur.

6. Bermalas-malasan

Harus beristirahat bukan berarti Anda dianjurkan untuk kemudian bermalas-malasan sepanjang hari setelah olahraga. Bermalas-malasan seharian merupakan satu di antara kebiasaan buruk setelah olahraga.

Melakukan aktivitas intensitas ringan merupakan satu di antara cara untuk menjaga aliran darah tetap baik.

4 dari 4 halaman

Kebiasaan yang Tak Boleh Dilakukan setelah Berolahraga

7. Tidak mengonsumsi air dengan cukup

Lantaran berolahraga meningkatkan produksi keringat, tubuh akan membutuhkan cairan untuk menggantikan yang hilang. 

Dengan mengonsumsi air secara cukup, Anda akan mencegah kondisi dehidrasi yang dapat timbul akibat kurangnya cairan.

8. Langsung makan berat

Beri jarak antara selesai berolahraga dengan makan sekitar 20-30 menit. Langsung makan, terutama dengan menu berat seperti nasi dan lauk sehabis berolahraga, bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti kram perut atau mag.

9. Tidak makan sama sekali

Ketika Anda dianjurkan untuk menghindari makan berat, bukan berarti Anda tidak makan sama sekali. Ini merupakan kebiasaan buruk yang tidak boleh dilakukan setelah olahraga. 

Meski tujuan Anda adalah menurunkan berat badan, tubuh tetap membutuhkan kalori untuk bisa berfungsi dengan baik. Hal yang paling penting, bijaksana dalam memilih menu yang sehat seimbang.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 24/9/2020)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer