Sukses


Cerita Eki Febri Ekawati: Nyaris Gagal Berangkat ke Vietnam, Sukses Sabet Emas SEA Games 2021

Bola.com, Hanoi - Eki Febri Ekawati nyaris gagal berangkat ke Vietnam. Namun, atlet tolak peluru berusia 30 tahun itu justru berhasil membawa pulang medali emas SEA Games 2021.

Eki Febri mampu membawa harum nama Indonesia setelah menjadi yang terbaik di cabang olahraga (cabor) atletik nomor tolak peluru putri di SEA Games 2021.

Eki Febri mencatatkan lemparan sejauh 15,20 meter di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (17/5/2022) sore waktu setempat.

Dia menggungguli duo Thailand, Areerat Intadis yang membukukan lemparan 15,04 meter dan Athima Saowaphaiboon dengan lemparan 12,51 meter, dan berhak mendapatkan medali emas SEA Games 2021.

 

2 dari 5 halaman

Makna Medali Emas

Medali emas SEA Games 2021 yang direbut Eki Febri bermakna ganda. Dia menjadi atlet pertama yang mempersembahkan podium pertama di cabor atletik.

Selain itu, Eki Febri menjawab kerja keras Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) dalam mengupayakan tolak peluru di SEA Games 2021 Vietnam.

Kabarnya, tolak peluru sempat tidak akan dipertandingkan di SEA Games 2021. Sebab, negara yang berpartisipasi hanya Indonesia dan Thailand. Sementara minimal tiga negara yang harus bermain.

Pada detik-detik terakhir, Kamboja, Malaysia, dan Myanmar turut berpartisipasi sehingga tolak peluru di SEA Games 2021 terselenggara.

"Benar, nyaris dibatalkan. Akhirnya atas lobi-lobi NOC, dapat dipertandingkan," ujar Eki Febri.

"Saya kira cuma empat atlet yang bertanding. Ternyata ada enam atlet dari lima negara. Awalnya hanya dua atlet dari Thailand dan satu dari Indonesia," jelasnya.

 

3 dari 5 halaman

Sempat Tidak Pasti Bisa Bertanding

Eki Febri sempat dilanda ketidakpastian. Mulanya, keberangkatannya ke SEA Games 2021 Vietnam terkesan dipaksakan karena belum tentu bisa bertanding.

"Jadi saat mau berangkat, saya bingung antara berangkat atau tidak. Tapi, akhirnya saya disuruh berangkat. Nanti semua bisa diatur," ujarnya.

"Akhirnya saya berangkat dan H-1 sebelum bertanding, nomor ini bisa dipertandingkan. Terima kasih atas doa dan dukungannya sehingga saya bisa meraih medali emas untuk Indonesia," kata Eki Febri.

4 dari 5 halaman

Klasemen Medali SEA Games 2021

5 dari 5 halaman

Liputan Eksklusif SEA Games 2021

Khusus konten non sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Khusus konten sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer