Sukses


Macam-Macam Olahraga untuk Meredakan Radang Sendi, Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta Olahraga merupakan satu di antara kebutuhan penting yang harus dipenuhi setiap orang. Dengan rutin berolahraga, badan menjadi lebih sehat dan bugar.

Itulah mengapa olahraga penting dilakukan siapa saja. Bahkan, ada sebagian orang yang menjadikan olahraga sebagai bagian gaya hidup, tak hanya orang dewasa, tetapi juga anak muda.

Namun bagaimana jika olahraga justru bisa menimbulkan atau memperparah keluhan yang Anda miliki, seperti radang sendi.

Radang sendi merupakan nyeri di daerah persedian akibat peradangan yang terjadi di celah sendi atau pada jaringan yang mengelilingi sendi. Pada orang awam, radang sendi sering disebut rematik.

Jika Anda memiliki radang sendi, tak perlu berhenti berolahraga. Ada beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan untuk radang sendi.

Olahraga untuk radang sendi justru membantu sendi menjadi tidak kaku dan memperlancar aliran cairan pelumas sendi, sehingga mengurangi risiko nyeri.

Berikut ini macam-macam olahraga yang bisa dilakukan untuk meredakan radang sendi, seperti disadur dari Klikdokter, Senin (23/5/2022).

 

 

 

 

2 dari 7 halaman

1. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan aktivitas yang bisa meningkatkan kekuatan tulang dan otot. American College of Sports Medicine merekomendasikan untuk jalan kaki 3-5 kali seminggu selama kurang lebih 30 menit.

Tentu jalan kaki yang dimaksud adalah dengan intensitas sedang. Namun, hindari melakukannya jika Anda merasakan nyeri berlebih pada lutut.

Hal ini karena intensitas yang lebih tinggi atau bahkan olahraga lari malah akan membebani kerja sendi dan memperparahnya.

3 dari 7 halaman

2. Berenang

Satu di antara olahraga untuk radang sendi yang cukup dikenal adalah berenang. Berenang dapat melatih kekuatan dan peregangan otot dengan melawan tahanan air tetapi tidak membebani sendi.

Hanya berjalan atau sekadar duduk dan menggerak-gerakan kaki di dalam kolam juga termasuk olahraga ringan yang membuat sendi aktif bergerak. Gerakan sendi ini penting karena berfungsi untuk melancarkan cairan pelumas sendi.

Jika pelumas sendi sedikit maka sendi menjadi ‘aus’ dan menyebabkan bergesekan yang kemudian memicu nyeri sendi.

4 dari 7 halaman

3. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang cocok untuk radang sendi. Saat bersepeda, kaki Anda mengayuh sepeda sehingga sendi lutut menjadi aktif bergerak.

Selain itu, bersepeda juga bagus untuk radang sendi karena memperkuat dan meregangkan otot sekitar sendi. Sebenarnya bersepeda yang disarankan adalah menggunakan sepeda statis karena bebannya bisa diatur.

Meskipun begitu, sepeda biasa juga tetap direkomendasikan, akan tetapi jarak dan permukaan jalannya perlu diperhatikan agar intensitasnya tidak terlalu berat.

5 dari 7 halaman

4. Latihan Beban Kaki

Meski terdengar berat, sebenarnya latihan beban kaki adalah bagian penting dari olahraga untuk radang sendi. Latihan beban kaki dapat melatih kekuatan otot sendi agar tetap stabil dan melancarkan pelumas dalam sendi.

Latihan beban kaki tidak harus dilakukan di pusat kebugaran menggunakan alat. Anda tetap bisa melakukannya dengan gerakan sederhana yang bisa Anda lihat dari aplikasi atau video di internet.

 

6 dari 7 halaman

5. Yoga

Yoga merupakan satu di antara olahraga yang bermanfaat untuk penderita radang sendi. Lakukan latihan yoga yang memfokuskan pada relaksasi dan peregangan sederhana, khususnya otot-otot paha dan kaki.

Selain untuk melatih kekuatan otot, olahraga untuk radang sendi yang melatih fleksibilitas sendi seperti yoga juga penting agar tidak kaku dan menimbulkan keluhan nyeri sendi.

 

7 dari 7 halaman

6. Tai Chi

Olahraga bela diri yang berasal dari Tiongkok ini mengajarkan meditasi dan gerakan otot sendi dengan intensitas ringan.

Tujuan tai chi adalah untuk meminimalkan rasa nyeri, meningkatkan keseimbangan, dan baik untuk otot tubuh. Luangkan waktu 20-40 menit setiap harinya untuk olahraga tai chi, agar manfaatnya lebih maksimal.

Disadur dari: Klikdokter (Published: 20/1/2021).

Video Populer

Foto Populer