Sukses


VIDEO: Jingkrak-Jingkrak, Closing Ceremony SEA Games 2021 Pecah!

Bola.com, Hanoi - Closing ceremony SEA Games 2021 dihelat di Hanoi Athletics Palace, Hanoi, Senin (23/5/2022) malam waktu setempat. Begitu memasuki akhir dari acara penutupan tersebut, ratusan orang turun dari tribune untuk menuju ke area depan panggung.

Semula, panitia penyelenggara masih memutar lagu resmi SEA Games 2021 yang berjudul "Let's Shine". Namun, lagu dansa elektronik mulai dimainkan. Sekitar puluhan orang ke atas panggung untuk bernyanyi dan berjoget bersama. Upacara penutupan SEA Games 2021 yang awalnya berjalan dengan tenang, mendadak berubah layaknya tempat dunia gemerlap (dugem).

Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah dua tahun bekerja di Vietnam, Bastian Prayogo Manik, pernah mengatakan bahwa warga Vietnam memang hobi mendengarkan genre lagu musik dansa elektronik. "Warga Vietnam suka karaokean. Mereka kerap menyetel EDM," kata Bastian ketika ditemui Bola.com di Kota Viet Tri, Provinsi Phu Tho beberapa waktu lalu.

Sebelum acara yang "pecah" tersebut, upacara penutupan SEA Games 2021 dimulai dengan parade becak Vietnam pada pukul 20.00 waktu setempat. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemanggilan 11 peserta dan pengumuman klasemen akhir pesta olahraga ke-31 itu.

Vietnam menjadi juara umum SEA Games 2021 dengan perolehan 205 medali emas, 125 medali perak, dan 114 medali perunggu. Sementara itu, Indonesia bercokol di peringkat ketiga dengan 69 medali emas, 92 medali perak, dan 80 medali perunggu.

Terdapat seremoi National Olympic Committee (NOC) Vietnam lmenyerahkan bendera ASEAN kepada NOC Kamboja yang akan menjadi tuan rumah SEA Games pada 2023. Lalu, lagu kebangsaan Kamboja yang berjudul "Noko Reach" berkumandang dalam upacara penutupan SEA Games 2021.

 

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer