Sukses


Pengertian Konsolidasi dalam Berbagai Bidang yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta Konsolidasi adalah satu di antara upaya yang biasa dilakukan dalam interaksi sosial, politik, bisnis, hingga ekonomi. Upaya ini memungkinkan terbangunnya sebuah kekuatan antara individu atau kelompok.

Dengan konsolidasi, sebuah hubungan akan lebih kuat dan saling menguntungkan. Istilah konsolidasi berasal dari bahasa Latin konsolidatus yang artinya menggabungkan menjadi satu tubuh.

Dalam bahasa Inggris, konsolidasi berarti penguatan atau pengukuhan. Apa pun konteksnya, untuk mengkonsolidasikan melibatkan menyatukan beberapa item yang lebih besar menjadi satu kesatuan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, konsolidasi adalah perbuatan untuk memperteguh atau memperkuat hubungan atau persatuan. Konsolidasi juga bisa berarti peleburan dua perusahaan atau lebih menjadi satu perusahaan.

Agar lebih paham lagi, berikut pengertian konsolidasi dalam berbagai bidang, seperti disadur dari Liputan6, Rabu (25/5/2022)

2 dari 3 halaman

Pengertian Konsolidasi dalam Berbagai Bidang

Pengertian Konsolidasi dalam Sosiologi

Konsolidasi adalah suatu peneguhan atau penguasaan sikap individu atas keanggotaan yang tumpang tindih dalam berbagai kelompok sosial ke dalam wadah yang memiliki unsur-unsur kesamaan.

Dalam struktur sosial, konsolidasi merupakan usaha untuk menata kembali suatu kelompok sosial yang dinilai mengalami perpecahan atau ketidakkompakan.

Selain itu, konsolidasi juga berarti sebagai usaha memperkuat parameter (nilai ukur) suatu kelompok (in group) terhadap kelompok yang lain (out group).

Contohnya, ketika suatu kelompok merasa terancam keberadaannya, karena melihat kelompok lain menjadi solid dan bersatu padu, maka kelompok tersebut akan melakukan konsolidasi atau penguatan demi eksisnya kelompok bersangkutan.

Pengertian Konsolidasi dalam Bisnis

Dalam bisnis, konsolidasi adalah praktik menggabungkan secara legal dua atau lebih organisasi menjadi satu organisasi baru. Setelah konsolidasi, organisasi asli tidak ada lagi dan digantikan oleh entitas baru.

Konsolidasi juga bisa disebut dengan peleburan. Konsolidasi berarti penggabungan dan akuisisi banyak perusahaan kecil menjadi beberapa perusahaan yang jauh lebih besar.

Dalam bisnis, konsolidasi terjadi ketika dua atau lebih bisnis bergabung untuk membentuk satu entitas baru, dengan harapan meningkatkan pangsa pasar dan profitabilitas serta keuntungan menggabungkan bakat, keahlian industri, atau teknologi.

Konsolidasi dapat menghasilkan terciptanya entitas bisnis yang sama sekali baru atau anak perusahaan dari perusahaan yang lebih besar. Pendekatan ini dapat menggabungkan perusahaan yang bersaing menjadi satu bisnis koperasi.

Konsolidasi berbeda dalam istilah praktis dari merger karena perusahaan yang dikonsolidasi juga dapat menghasilkan entitas baru, sedangkan dalam merger, satu perusahaan menyerap yang lain dan tetap ada sementara yang lain dibubarkan.

3 dari 3 halaman

Pengertian Konsolidasi dalam Berbagai Bidang

Pengertian Konsolidasi dalam Akuntansi

Dalam akuntansi keuangan, laporan keuangan konsolidasi memberikan gambaran yang komprehensif tentang posisi keuangan perusahaan induk dan anak perusahaan, bukan posisi berdiri sendiri satu perusahaan.

Dalam konteks akuntansi keuangan, konsolidasi mengacu pada agregasi laporan keuangan suatu perusahaan grup sebagai laporan keuangan konsolidasian.

Dalam akuntansi konsolidasi, informasi dari perusahaan induk dan anak perusahaan diperlakukan seolah-olah berasal dari satu entitas. Aset kumulatif dari bisnis, serta pendapatan atau pengeluaran, dicatat di neraca perusahaan induk. Informasi ini juga dilaporkan dalam laporan laba rugi perusahaan induk.

Konsolidasi dalam Analisis Teknis dan Perdagangan

Konsolidasi juga merupakan istilah analisis teknis yang mengacu pada harga sekuritas yang berosilasi dalam suatu koridor dan secara umum diartikan sebagai ketidaktegasan pasar.

Konsolidasi digunakan dalam analisis teknis untuk menggambarkan pergerakan harga saham dalam pola level perdagangan yang terdefinisi dengan baik.

Konsolidasi umumnya dianggap sebagai periode keraguan, yang berakhir ketika harga aset bergerak di atas atau di bawah harga dalam pola perdagangan.

Pola konsolidasi dalam pergerakan harga dipatahkan pada rilis berita utama yang secara material mempengaruhi kinerja sekuritas atau pemicuan urutan limit order.

Konsolidasi dalam Ilmu Teknologi

Dalam komputasi, konsolidasi mengacu pada saat penyimpanan data atau sumber daya server dibagi di antara banyak pengguna dan diakses oleh banyak aplikasi.

Konsolidasi bertujuan untuk membuat penggunaan sumber daya komputer lebih efisien dan mencegah server dan peralatan penyimpanan kurang dimanfaatkan dan menghabiskan terlalu banyak ruang.

Dua jenis konsolidasi utama adalah konsolidasi server dan konsolidasi penyimpanan. Konsolidasi server melibatkan pengurangan jumlah server dan lokasi server dalam suatu organisasi.

Hasil yang diharapkan adalah penggunaan sumber daya server yang lebih efisien dan ruang yang ditempati. Konsolidasi penyimpanan, atau konvergensi penyimpanan, adalah metode pemusatan penyimpanan data melalui salah satu dari tiga arsitektur berupa Network Attached Storage (NAS), Redundant Array of Independent Disk (RAID), dan Storage Area Network (SAN).

 

Disadur dari Liputan6.com (Penulis: Anugerah Ayu Sendari/Editor: Rizky Mandasari. Published: 31/3/2021)

Yuk, baca artikel pengertian lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer