Sukses


Tanggapan Sekjen PBSI soal Kasus Yeremia Rambitan: Sanksi Sosial Lebih Dahsyat

Bola.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PBSI, Muhammad Fadil Imran, mengatakan bahwa Yeremia Erich Yoche Yakob Rambitan sudah menelponnya dan menyadari kesalahan yang dilakukannya. Ke depan, Fadil berjanji insiden yang menimpa atlet bulutangkis Indonesia itu akan jadi pelajaran buat PBSI.

Yeremia Rambitan mendadak viral menyusul sebuah video yang dianggap sebagai pelecehan seksual. Dalam tayangan video di TikTok, Yeremia terdengar mengatakan kata-kata tak pantas kepada sukarelawan SEA Games 2021 meski dalam konteks 'bercanda'.

Yeremia kemudian meminta maaf kepada seluruh elemen bulutangkis Indonesia. Ia mengaku perkataan-perkataannya tidak pantas, dan akibat dari perbuatannya itu ia sudah ditegur oleh pelatih.

"Halo semuanya, saya atas nama Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, memohon maaf kepada PBSI, NOC Indonesia, dan bulutangkis Indonesia," kata Yeremia.

"Saya menyesali perbuatan saya yang khilaf saat bercanda, dan perkataan saya, pelatih sudah menegur saya dengan keras, dan juga saya sudah meminta maaf," katanya lagi.

2 dari 3 halaman

Sanksi Sosial Lebih Dahsyat

Dalam sebuah konferensi pers Indonesia Open 2022, Rabu (25/5/2022), di Skye Lounge, Jakarta, Fadil Imran menegaskan bahwa apa yang dilakukan Yeremia Rambitan akan jadi PR buat PBSI. Ia berjanji akan memberikan bimbingan terkait cara beretika di media sosial.

"Yeremia sudah minta maaf saja sudah luar biasa. Sanksi sosial saya kira jauh lebih dahsyat, dia sudah telpon saya, dia bilang menyesal, jadi ini adalah pelajaran. Maksudnya mungkin bercanda, tapi persepsi orang kan pasti berbeda."

"Dia memang suka bercanda, nanti kita akan terus kasih pembinaan buat dia. Ada etika dalam bersosial media. Yang penting dia sudah menyadari kesalahan dia."

3 dari 3 halaman

Indonesia Open 2022 Gelorakan Istora Gelora Bung Karno

Gelaran turnamen bergengsi di Tanah Air, Indonesia Open 2022, bakal segera dihelat dalam waktu dekat. Bekerja sama dengan East Ventures sebagai sponsor utama, PBSI menggelar turnamen bulutangkis itu di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, 14 hingga 19 Juni 2022.

Indonesia Open 2022 merupakan turnamen bulutangkis yang masuk kategori BWF World Tour Super 1000. Akan ada banyak pebulutangkis dunia yang ikut serta.

Hanya atlet-atlet rangking 32 besar saja yang bakal tampil pada Indonesia Open 2022. Mereka memperebutkan total hadiah mencapai 1,2 juta dolar AS atau setara Rp17,6 miliar.

Beberapa pebulutangkis yang ikut serta di Indonesia Open 2022 di antaranya Viktor Axelsen, Anders Antonsen, Kento Momota, dan Aaron Chia. Dari sektor putri di antaranya Carolina Marin, Zhang Beiwen, hingga Akane Yamaguchi.

Video Populer

Foto Populer