Sukses


Cara Mencegah Flu setelah Begadang Nonton Bola, Mudah dan Ampuh

Bola.com, Jakarta - Sepak bola merupakan jenis olahraga tim paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. Kebanyakan orang yang suka dengan sepak bola biasanya memiliki satu klub atau tim favorit yang dibanggakan.

Tak hanya dari Indonesia, klub-klub dari negara di Eropa banyak disukai. Bagi pencinta sepak bola, menonton klub kesayangan dan kebanggaan berlaga menjadi hal yang menyenangkan sayang untuk dilewatkan.

Orang-orang yang suka klub dari liga Eropa, tentu mengetahui kapan jam pertandingannya. Seperti yang diketahui, siaran langsung pertandingan sepak bola Eropa kebanyakan berlangsung saat dini hari di Indonesia.

Hal itu karena adanya perbedaan waktu antara Indonesia dengan negara-negara di Eropa. Kondisi tersebut sering memaksa seseorang bangun saat dini hari. Bahkan, ada yang rela begadang agar tidak melewatkan klub kesayangannya bertanding. Padahal, tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan.

Satu di antara gangguan kesehatan yang biasanya dialami setelah begadang nonton bola ialah flu. Maka itu, penting mengetahui cara mencegah flu setelah begadang.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah flu setelah begadang nonton bola, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (27/5/2022).

2 dari 6 halaman

Jaga Asupan

Flu sering terjadi pada orang dengan daya tahan tubuh rendah. Begadang merupakan satu di antara faktor penyebab kelelahan dan daya tahan tubuh menurun. Jika hal ini dikombinasikan dengan pola makan yang salah, daya tahan tubuh Anda bisa lebih lemah lagi.

Maka itu, bagi Anda yang sering begadang nonton bola, memastikan asupan nutrisi agar tetap seimbang setiap hari adalah sebuah kewajiban yang mesti dilaksanakan.

Selain memilih menu makan yang tepat, Anda wajib memilih jenis camilan yang dikonsumsi selama begadang nonton bola. Anda disarankan untuk tidak memilih gorengan, keripik, atau popcorn. Lebih baik pilih buah-buahan yang jelas lebih bermanfaat bagi kesehatan.

3 dari 6 halaman

Minum yang Cukup

Minum yang cukup penting untuk menjaga agar proses metabolisme tubuh berjalan dengan optimal. Minum yang cukup juga penting untuk membuang zat-zat racun melalui urine.

Di antara berbagai jenis pilihan minuman, air putih adalah yang paling baik. Bahkan, minum air putih saat Anda mulai merasakan gejala flu, seperti badan hangat, batuk, dan pilek, dapat mempercepat proses penyembuhan.

Anda disarankan untuk minum 2 liter air putih setiap hari. Kebutuhan tersebut bisa ditambah, sesuai tingkat aktivitas Anda.

4 dari 6 halaman

Jaga Kebersihan

Perlu diketahui bahwa paparan debu dan kotoran bisa dengan mudah memicu munculnya gejala flu, apalagi jika Anda punya riwayat rhinitis alergi.

Maka itu agar Anda tidak terserang flu setelah begadang, pastikan tempat menyaksikan pertandingan bola sepenuhnya bersih dan bebas debu. Pastikan pula tempat tersebut memiliki ventilasi udara yang baik.

5 dari 6 halaman

Hindari Merokok

Rokok dan paparan asapnya mengandung ragam zat racun, yang beberapa di antaranya bisa mengganggu saluran pernapasan. Jika Anda nonton bola sambil merokok atau terkena paparan asapnya, risiko untuk mengalami flu setelah begadang pasti akan meningkat berkali-kali lipat.

Untuk itu, sebiasa mungkin hindari merokok atau nonton bareng di tempat yang penuh dengan asap rokok agar terhindar dari flu.

6 dari 6 halaman

Gunakan Masker dan Rajin Cuci Tangan

Jika Anda harus nobar di tempat yang penuh debu, asap kendaraan atau asap rokok, sebaiknya gunakan masker agar terhindar dari risiko flu.

Jika ada rekan nobar yang mengalami flu, berikan pula masker kepadanya. Hal itu agar ia tidak menularkan flu ke orang lain yang ada di dekatnya.

Selain itu, Anda perlu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara berkala. Hal ini dilakukan agar tangan bersih dari kuman, yang bisa menjadi penyebab flu setelah begadang.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 8/7/2019).

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer