Sukses


Macam-Macam Olahraga untuk Mengecilkan Pinggang

Bola.com, Jakarta - Tidak hanya perut dan paha, pinggang juga menjadi satu di antara bagian tubuh yang kerap ingin diperkecil atau dirampingkan ukurannya agar memiliki penampilan luar lebih baik.

Seperti halnya perut dan bagian lain tubuh, lemak bisa menumpuk di area pinggang. Alhasil, banyak orang menjadi tidak percaya diri karenanya.

Lebih dari itu, penumpukan lemak di pinggang juga bisa berisiko mengundang gangguan penyakit, semisal penyakit metabolik.

Itulah mengapa, bagi Anda yang merasa lingkar pinggangnya tidak ideal, membutuhkan cara untuk mengecilkan pinggang Anda.

Diet dan olahraga merupakan perpaduan terbaik untuk menurunkan berat badan, sekaligus dapat membantu menghilangkan lemak di beberapa tempat, seperti di area pinggang dan perut.

Sementara beberapa aktivitas untuk mengecilkan pinggang yang bisa Anda lakukan sehari-hari, seperti naik turun tangga, berkebun selama satu jam, atau mengepel lantai.

Berikut ini macam-macam olahraga yang dapat mengecilkan pinggang, yang praktis dan tak perlu mengeluarkan biaya, disadur dari Klikdokter, Senin (30/5/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Olahraga untuk Mengecilkan Pinggang

Lompat tali

Lompat tali adalah olahraga yang mudah dan sangat efektif untuk membakar lemak, menurunkan berat badan, sekaligus mengecilkan pinggang. 

Kalori yang terbakar saat lompat tali selama setengah jam adalah 375 kalori, bahkan dapat lebih banyak saat Anda menaikkan kecepatan.

Saat melakukan olahraga untuk mengecilkan pinggang ini, jangan lupa untuk tetap menggunakan sepatu olahraga agar terhindar dari cedera.

Jalan cepat

Berjalan dengan kecepatan sekitar 6.5 km per jam dapat membakar kalori sebanyak 250-350. Aktivitas ini juga termasuk olahraga yang dapat mengecilkan pinggang Anda.

Makin cepat Anda berjalan, makin banyak kalori yang terbakar. Agar hasilnya lebih maksimal, berjalanlah dengan kecepatan yang konsisten.

Push-up dan sit-up

Banyak yang berpendapat bahwa push-up dan sit-up tidak membantu untuk menurunkan berat badan. Padahal, keduanya juga sama seperti olahraga lainnya yang dapat membakar kalori

Selain itu, push-up dan sit-up dapat menjadi cara bagi Anda yang ingin mengecilkan pinggang. Namun, tentu saja Anda harus melakukannya secara berulang dan cepat.

Jika seseorang memiliki berat badan kurang lebih 68 kg maka ia dapat membakar 48 kalori dengan push-up atau sit-up secara intens selama lima menit.

3 dari 4 halaman

Olahraga untuk Mengecilkan Pinggang

Squat

Perlu diingat bahwa olahraga sejatinya adalah membakar lemak seluruh tubuh. Sangat sulit untuk hanya membakar lemak di tempat tertentu saja, begitu juga dengan efek latihan squat pada tubuh.

Namun, gerakan olahraga untuk mengecilkan pinggang ini akan membantu melatih dan membakar lemak, terutama di bagian tubuh tengah ke bawah, termasuk perut dan pinggang.

High-Intensity Interval Training (HIIT)

HIIT merupakan kombinasi berbagai olahraga kardio yang dilakukan dalam durasi pendek dengan intensitas tinggi. Tujuannya adalah untuk menahan agar frekuensi detak jantung tetap tinggi selama latihan.

Latihan dengan metode HIIT disinyalir lebih efektif untuk membakar kalori lemak pinggang dan perut dibandingkan olahraga kardio biasa. Jadi, olahraga ini bisa dijadikan sebagai cara untuk mengecilkan pinggang.

Yoga

Bagi Anda yang ingin perut rata, latihan yoga dapat menjadi cara untuk mengecilkan pinggang. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian ilmiah.

Sebuah studi yang mempelajari efek yoga pada wanita dengan penumpukan lemak perut selama 12 minggu menemukan bahwa terdapat efek positif dari latihan yoga secara rutin pada penurunan ukuran pinggang partisipan yang diteliti.

 

4 dari 4 halaman

Olahraga untuk Mengecilkan Pinggang

Plank

Olahraga untuk mengecilkan pinggang selanjutnya adalah gerakan plank. Latihan ini berpusat pada otot sekitar perut dan pinggang sehingga dapat efektif membakar lemak perut.

Melakukan gerakan dengan benar secara rutin tak hanya dapat memperbaiki postur dan mengencangkan otot perut, tetapi juga dapat membantu mengecilkan ukuran pinggang.

Menari

Menari dapat membantu Anda memperoleh perut dan pinggang yang ramping. Anda tidak perlu jago menari untuk melakukannya. Nyalakan saja musik dan goyangkan seluruh tubuh mengikuti irama. Menari dapat membakar 320 kalori hingga 500 kalori per jam, tergantung seberapa cepat temponya.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 22/9/2020)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer