Sukses


42 Kata-Kata Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila, Dapat Dibagikan di Media Sosial

Bola.com, Jakarta - Ucapan selamat Hari Lahir Pancasila bisa kamu kumandangkan atau bagikan melalui media sosial pada setiap 1 Juni. Pancasila adalah landasan ideologi atau dasar negara Indonesia.

Hari lahir Pancasila diperingati setiap 1 Juni yang ditandai oleh pidato yang dilakukan Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Hal tersebut yang menjadi dasar Presiden Joko Widodo pada 2016 menetapkan setiap 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila. Sejak saat itu, tanggal 1 Juni resmi menjadi hari libur nasional untuk memperingati hari lahirnya Pancasila.

Penetapan tersebut bertujuan agar pemerintah, masyarakat, dan seluruh komponen bangsa memperingati Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Dalam memperingati dan meramaikan Hari Lahir Pancasila, tidak sedikit orang yang memberikan ucapan melalui media sosial, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, dan Twitter.

Hal tersebut sebagai bentuk cinta terhadap Tanah Air Indonesia. Ada banyak ucapan Selamat Hari Pancasila yang bisa kamu bagikan melalui media sosial.

Berikut ini kumpulan ucapan selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni, seperti dikutip dari berbagai tweet di Twitter, Selasa (31/5/2022).

2 dari 5 halaman

Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila

1. "Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022. Lewat Pancasila, kita yang terdiri beragam suku, budaya, bahasa, dan agama dapat bersatu dalam satu atap, Indonesia."

2. "Pancasila membuat perbedaan jadi kekayaan, Pancasila merajut keragaman jadi keindahan, dan Pancasila itu menyatukan. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945-1 Juni 2022."

3. "Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022. Jadikan momentum ini untuk mengenang jasa para pahlawan sekaligus menjunjung tinggi nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika."

4. "Pancasila sebagai ideologi negara adalah sebuah simbol dari keberagaman suatu bangsa. Di mana bangsa ini layak untuk selalu dihormati oleh dunia, darinya lahirlah kami, ya kami Indonesia dan kami pula Pancasila. Selamat Hari Pancasila 1 Juni 2022."

5. "Selamat Hari Pancasila 1 Juni 2022. Mari amalkan butir-butir Pancasila dalam kehidupan sehari-hari."

6. "Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita jaga tali persaudaraan dari semua perbedaan dengan rasa cinta dan kasih demi menjaga peradaban yang maju, sentosa, dan bahagia."

7. "Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Beda agama, beda bahasa, beda warna kulit, tapi satu dalam jiwa Pancasila."

8. "Pancasila lahir menjadi simbol negara Indonesia sebagai perwujudan dari keberagaman yang ada. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022.

9. "Pancasila adalah falsafah kehidupan di Indonesia. Ayo implementasikan nilai-nilai Pancasila. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022."

10. "Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari kita jaga kebhinnekaan, kerukunan, saling menghargai dan menghormati, dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa."

3 dari 5 halaman

Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila

11. ""Gotong royong untuk menjaga sesama dan saling tolong-menolong adalah nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022."

12. "Kebaikan masa depan bangsa adalah ketika jiwa-jiwa pengkhianatan terhadap Pancasila terkikis habis. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945-1 Juni 2022.

13. "Refleksikan nilai luhur kehidupan Pancasila dalam kehidupan demi Indonesia yang lebih baik. Selamat Hari Lahir Pancasila."

14. "Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945-1 Juni 2022. Pancasila dalam tindakan, bersatu untuk Indonesia tangguh."

15. "Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022. Semoga Pancasila selalu ada di dada sampai anak cucu kita."

16. "Berbeda, tapi tetap bersatu untuk Indonesia tangguh. Jaga kebhinnekaan, jaga kerukunan, saling menghargai dan menghormati. Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022."

17. "Selamat Hari Kelahiran Pancasila pada 1 Juni 2022. Pancasila adalah pilar penting ideologis negara Indonesia."

18. "Pancasila lahir menjadi simbol negara Indonesia sebagai perwujudan dari keberagaman yang ada. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022."

19. "Selamat memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2022. Semoga kita senantiasa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara."

20. "Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022. Mari jaga toleransi, integrasi, dan sinergisme di tengah kemajemukan yang ada. Kuat karena bersatu, bersatu karena kuat."

4 dari 5 halaman

Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila

21. "Selamat Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2022. Peringatan lahirnya Pancasila menjadi momentum untuk mengembalikan spirit kebangsaan dan kenegaraan berdasarkan Pancasila."

22. "Selamat Hari Lahir Pancasila, Mari perkukuh persatuan dan kesatuan bangsa untuk Indonesia lebih baik."

23. "Selamat Hari Lahir Pancasila. Pancasila lahir menjadi simbol dari negara Indonesia, yang menjadi perwujudan dari keberagaman yang ada. Kita akan senantiasa merawat keberagaman agama, budaya, suku, adat dan bahasa, dengan Pancasila sebagai perekat kebhinnekaan Indonesia."

24. "Selamat Hari Lahir Pancasila, semoga kita tetap dapat mengamalkan kelima silanya dan tetap menjadi bangsa yang Bhinneka Tunggal Ika sesungguhnya."

25. "Selamat Hari Lahir Pancasila. Semoga Pancasila bisa benar-benar menjadi asas pemersatu bangsa, tidak digunakan untuk menindas yang berlawanan maupun digunakan hanya untuk yang berkepentingan."

26. "Selamat Hari Lahir Pancasila. Teruskan cita-cita pendiri bangsa, jangan sampai Pancasila cuma menjadi legenda semata. Semoga senantiasa dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara."

27. "Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022. Pancasila sebagai ideologi negara RI, cerminan hidup berbangsa."

28. "Rasa cinta kita kepada Tanah Air merupakan wujud mengenang perjuangan bangsa Indonesia terdahulu. Selamat Hari Lahir Pancasila."

29. "Budaya bukanlah agama. Budaya adalah untuk menunjukan sebuah eksistensi bangsa dan bukan simbol dari sebuah agama. Tetaplah bangga akan adat tradisi budaya Nusantara. Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila."

30. "Kaulah dasar kukuh penopang negara, memberi kami tumpuan untuk meraih cita-cita. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022."

5 dari 5 halaman

Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila

31. "Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022. Selamat dan semangat berbuat untuk kemajuan bangsa dan negara."

32. "Perilaku Pancasila adalah mempersatukan, bukan memisahkan. Kita semua Pancasila, kita semua Indonesia."

33. "Dukung dan kumandangkan terus lagu Indonesia Raya karena generasi sekarang banyak terpapar ideologi keblinger yang menjauhkan mereka dari NKRI. Selamat Hari Lahir Pancasila."

34. "Kita boleh berbeda pendapat, tetapi untuk kepentingan bangsa, kita harus bersatu. Selamat Hari Lahir Pancasila."

35. "Selamat Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2022. Semoga kita selalu dapat makin memperteguh jati diri kita sebagai satu bangsa."

36. "Selamat Hari Lahir Pancasila 2022. Semoga kita selalu menjunjung nilai-nilai Pancasila yang memiliki moral dan taat pada hukum dan agama."

37. "Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari membangun bangsa pada bidang yang kita mampu dengan cara yang kita bisa."

38. "Selamat Hari Lahir Pancasila Juni 2022. Jangan pernah lelah mencintai negeri ini."

39. "Selamat Memperingati hari lahir Pancasila ke-77 1 Juni 2022. Kita bangsa yang majemuk, bangkitkan rasa nasionalisme dan kobarkan semangat patriotisme untuk Indonesia maju."

40. "Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila. Yuk, bersama-sama wujudkan Indonesia tangguh dan berkeadilan sosial dengan selalu menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam diri kita."

41. "Selamat memperingati lahirnya Pancasila. Teruskan cita-cita leluhur pendiri bangsa kita, jangan sampai Pancasila hanya menjadi legenda semata."

42. "Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022. Jaya selalu Indonesiaku. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh."

 

Sumber: Twitter

Dapatkan artikel ucapan dari berbagai tema lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer