Sukses


Siap Hilangkan Iklan Bir, Bos Formula E Maklum dengan Tradisi Non Alkohol di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Chief Executive Formula E, Jamie Reigle, memaklumi dengan tradisi non alkohol di Indonesia. Jamie Reigle juga tak masalah menghilangnya salah satu sponsor di sirkuit pada Formula E Jakarta 2022.

Perhelatan Formula E Jakarta 2022 sebelumnya digegerkan dengan kehadiran sponsor perusahaan minuman alkohol. Namun, belakangan penyelenggara memastikan tak akan ada iklan dari perusahaan tersebut yang mejeng di pinggir lintasan.

"Kami menghormati dan sadar adanya aturan terkait alkohol di Indonesia. Kami menjamin, tak ada aktivitas terkait alkohol di sirkuit," kata Jamie Reigle dalam konferensi pers virtual, Selasa (31/5/2022).

Ini bukan kali pertama Formula E menanggalkan sponsor perusahaan alkohol di sirkuit. Pada edisi pembuka di Arab Saudi, strategi yang sama juga diperlakukan terkait sponsor tersebut.

"Kami sudah pernah mengalaminya situasi semacam ini di Arab Saudi. Pada dasarnya, hal terpenting adalah kampanye sustainability dalam balapan ini. Kami juga mengedepankan kampanye 'When you drive, don't drink'," tegas Reigle.

2 dari 5 halaman

Kampanye Unik

Marketing Director of Multi Bintang Indonesia, Jessica Setiawan, memastikan Heineken tidak akan pasang iklan di Sirkuit Formula E Jakarta. Sebagai gantinya, Heineken akan melalukan kampanye unik di papan iklan.

"Kami tidak akan memunculkan iklan produk bir di sirkuit, akan tetapi menggantinya dengan tagline When You Drive, Never Drink," ucap Jessica Setiawan.

Selain untuk menghormati bergulirnya Formula E Jakarta 2022 di Indonesia yang penduduknya mayoritas Muslim, Heineken menyebut penggunaan kampanye itu sudah sesuai dengan misi perusahaan. Heineken memang sejak dulu selalu berkampanye untuk konsumsi bir secara bertanggung jawab.

"Meskipun tagline ini sedikit kontradiktif bagi perusahaan bir, namun ini komitmen kita untuk menyampaikan bagaimana mengonsumsi bir secara bertanggung jawab," tegas Jessica Setiawan.

3 dari 5 halaman

Meriahkan Acara

Heineken tetap akan memeriahkan acara dengan kegiatan lain di luar sirkuit. Menurut Jessica Setiawan, pihaknya akan menggelar Formula E-xperience yang berlokasi di ASHTA District yang sudah dimulai sejak 8 sampai 31 Mei 2022.

Pada kegiatan tersebut akan ada Greener Bar dan rangkaian acara menarik. Namun, kegiatan ini hanya diperuntukkan untuk masyarakat berusia 21 tahun ke atas.

"Kampanye terpenting adalah sustainability yang digelorakan Formula E. Terkait komersial akan kami gelar di kawasan ASHTA SCBD, yang memang hanya untuk golongan 21 tahun ke atas," ujar Jessica.

4 dari 5 halaman

Dihadiri Presiden Jokowi

Formula E Jakarta 2022 akan digelar pada Sabtu (4/6/2022). Balapan mobil listrik bergengsi ini akan mencetak sejarah baru di Indonesia.

Presiden Joko Widodo juga dipastikan akan menghadiri balapan tersebut. Sejumlah pihak keamanan disebut sudah melakukan pemeriksaan langsung ke sirkuit yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara.

"Keterlibatan dari TNI nanti untuk pengamanan presiden saja. Insya Allah hadir. Paspampres juga sudah ada yang melakukan pengecekan di sini, nanti akan disiapkan di sini VIP nanti," kata Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya, Kombes Pol Marsudianto.

5 dari 5 halaman

Seri Kesembilan

Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) 2022 merupakan seri kesembilan pada rangkaian Formula E 2021/2022. Ini akan menjadi pertama kalinya Formula E mengaspal di negara Asia Tenggara.

Seri Jakarta diprediksi bakal berlangsung menarik. Saat ini, ada lima pembalap yang berada di papan atas klasemen sementara dengan selisih poin minim.

Posisi puncak klasemen sementara Formula E 2021/2022 masih dihuni oleh Stoffel Vandoorne. Pembalap asal Belgia itu mengumpulkan 111 poin dari delapan balapan.

Video Populer

Foto Populer