Sukses


Formula E Jakarta Tanpa Dukungan BUMN, Panitia Pasrah

Bola.com, Jakarta - Panitia lokal Formula E Jakarta hari Rabu (04/06/2022) telah mengumumkan ajang balapan di Jakarta International e-Prix Circuit bakal didukung oleh 31 sponsor, baik lokal maupun internasional.

Hanya aja ada hal ironis dari fakta di atas. Adalah tidak adanya perusahaan BUMN berstatus sponsor Formula E Jakarta.

Menurut Ketua Panitia Formula E Jakarta, Ahmad Saroni pihaknya sudah berusaha mencari dukungan sponsor dari perusahaan pelat merah. Namun hasilnya memang tidak ada BUMN yang memberikan sokongan.

"Ya sudahlah kalau enggak dikasih, mau diapain, enggak dipaksa," tegas Ahmad Saroni ketika diwawawancara hari Rabu (01/06/2022).

2 dari 5 halaman

Swasta

Meskipun begitu, Ahmad Saroni turut mengapresiasi fakta dari total 31 sponsor Formula E Jakarta, beberapa di antaranya berstatus perusahaan swasta asal Indonesia.

"Sponsor saat ini 31 sponsor dari pihak swasta. Tapi yang pasti BUMN per hari ini belum memberikan sponsornya," tegas Ahmad Saroni.

3 dari 5 halaman

Rekor Tercipta

Menariknya meski Formula E Jakarta belum juga menggelar balapan, rekor sudah diciptakan oleh Jakarta International e-Prix Circuit.

Rekor tersebut adalah pembangunan trek tercepat sepanjang penyelenggaraan Formula E. Hal ini dikonfirmasi Ahmad Sahroni sebagai Ketua Pelaksana Formula E.

"Februari masih kosong, banyak rumput, bahkan saat Presiden Joko Widodo datang ke sini," kata Sahroni ketika diwawancara Bang Dai Channel.

"Ya, benar dapat rekor dari penyelenggara Formula E. Disebut yang tercepat di dunia," ujarnya

4 dari 5 halaman

Tinggal Finalisasi

Saat ini, persiapan Formula E Jakarta tinggal finalisasi saja. Sahroni banyak menyebut ada bangku penonton yang tiketnya ludes terjual.

"Alhamdulillah tiket VIP sold out 100 persen. Lalu VVIP tinggal beberapa persen saja," ungkap Sahroni.

Terpantau di media sosial, beberapa pembalap dan kru Formula E juga sudah berdatangan ke Jakarta hari ini. 

5 dari 5 halaman

Diikuti Banyak Eks Pembalap F1

Anda harus tahu, jalannya persaingan Formula E yang menggunakan mobil single seater bertenaga listrik sangat ketat.

Bahkan pembalap yang bakal turun di Formula E banyak jebolan F1 dan masih berusia sangat matang untuk ukuran seorang racing driver.

Beberapa pembalap berstatus jebolan F1 yang akan mengikuti balapan Formula E Jakarta adalah sang pimpinan klasemen sementara, Stoffel Vandoorne.

Diketahui, Vandoorne pernah mentas bersama McLaren di ajang F1 pada 2017-2018. Lalu banyak nama lagi pembalap Formula E sempat mencicipi F1.

Seperti Jean Eric-Vergne, Lucas di Grassi, Sebastien Buemi sampai Antonio Giovinazzi.

Video Populer

Foto Populer