Sukses


Dibangun Secara Kilat, Sirkuit Formula E Bikin Takjub Masyarakat Indonesia

Bola.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia dibuat takjub dengan kemegahan Jakarta e-Prix International Circuit yang dibangun secara kilat. Situasi itu membuat masyarakat semakin antusias untuk menyaksikan balapan Formula E Jakarta 2022.

Jakarta e-Prix International Circuit akan menggelar balapan Formula E Jakarta 2022 pada Sabtu (4/6/2022). Kemegahan sirkuit tersebut mampu membius pada penonton untuk datang menyaksikan balapan bersejarah bagi Indonesia.

Kekaguman terhadap Jakarta e-Prix International Circuit cukup wajar. Sirkuit ini dibangun secara kilat dari nol dan rampung tak sampai 2 bulan.

"Bagus, ini artinya untuk masa depan. Kedepannya akan menjadi contoh yang baik untuk penyelenggaraan," kata seorang penonton Formula E, Daud, kepada Bola.com.

Daud bahkan membandingkan dengan pembangunan Sirkuit Mandalika yang digunakan pada MotoGP 2022 dengan Formula E. Menurut Daud, ini menjadi bukti kemampuan orang-orang Indonesia.

"Fasilitas lumayan bagus. Dalam waktu 54 hari ya? Hebat. Orang Indonesia hebat-hebat. Mandalika berapa itu, ini berapa. Lebih cepat lagi," ucap Daud yang berasal dari Jawa Timur.

2 dari 6 halaman

Belum Ada Kendala

Daud juga menyebut sejauh ini belum ada kendala akses untuk menonton Formula E Jakarta 2022 di Jakarta e-Prix International Circuit. Dia memanfaatkan fasilitas shuttle bus yang disediakan penyelenggara.

Berpengalaman di MotoGP Mandalika yang akses keluarnya banyak memakan waktu, Daud yakin Formula E bakal lebih baik. Inilah yang membuatnya semakin antusias untuk menyaksikan balapan tersebut.

"Shuttle bus memudahkan. Saya hanya membayangkan keluarnya. Pengalaman di Mandalika itu 5 jam. Sepertinya sih akan lebih baik karena banyak shuttle busnya," tegas Daud.

3 dari 6 halaman

Pengamanan Diperketat

Formula E Jakarta 2022 akan berlangsung di Jakarta e-Prix International Circuit, Sabtu (4/6/2022) sore WIB. Demi memperlancar balapan, pengamanan di kawasan Ancol mulai diperketat sejak Sabtu pagi.

Petugas kepolisian dan Satpol PP sudah bersiaga di pintu-pintu masuk Ancol untuk mengarahkan penonton. Mobil pribadi selain pemegang tiket VVIP dan berstiker khusus dilarang masuk ke sekitar sirkuit.

Pada pintu masuk di Taman Carnaval Ancol yang dikhususkan untuk tamu VVIP, jurnalis dan panitia pelaksana, pengamanan jauh lebih ketat ketimbang Jumat (4/6/2022).

Petugas keamanan berjaga di pintu masuk lengkap dengan anjing pelacak. Mereka berasal dari Security Grup Artha milik Artha Graha Grup dan JSI yang diperbantukan mengamankan Formula E Jakarta.

4 dari 6 halaman

Bakal Dihadiri VVIP

Rencananya Presiden, Joko Widodo, akan hadir menyaksikan balapan Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit. Jokowi akan ditemani Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Selain itu, ketua MPR yang juga Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo juga akan hadir. Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani, juga akan menonton langsung.

Cuaca di Ancol hingga Sabtu siang WIB sangat panas. Balapan yang dimulai pukul 15.00 WIB kemungkinan akan berlangsung dalam cuaca cerah berawan.

5 dari 6 halaman

Bersejarah

Balapan Formula E di Jakarta ini merupakan edisi pertama. Sejak digelar pada September 2014, Formula E belum pernah diadakan di Indonesia. Praktis Jakarta menjadi satu-satunya kota di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah Formula E.

Formula E akan berlangsung di Jakarta International E-Prix Cirkuit. Sirkuit ini baru dibangun di kawasan Ancol, dan hanya memakan waktu pembangunan selama 54 hari.

Sirkuit Formula E Jakarta ini memiliki lintasan sepanjang 2,4 KM dan 18 tikungan. Ini menjadi sirkuit Formula E dangan tikungan terbanyak. Desain sirkuit menyerupai kuda lumping.

6 dari 6 halaman

Hasil FP 1 Formula E Jakarta

Video Populer

Foto Populer